Comscore Tracker

Ginting dan Jojo di Jajaran 10 Besar Dunia, Ini Daftar Lengkapnya!

Andalan Sang Merah Putih #IDNSport #Tokyo2020

Seiring dengan digelarnya Olimpiade Tokyo 2020 sejak minggu lalu, media cetak; media elektronik; maupun media online dipenuhi dengan update skor dari berbagai pertandingan.

Sebagai salah satu negara peserta Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia mengirimkan beberapa atlet di beberapa cabang olahraga. Bulu tangkis menjadi cabang olahraga yang Indonesia paling banyak mengirimkan atletnya dan digadang-gadang menjadi lumbung emas.

Nama Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie tercatat menjadi wakil Indonesia di nomor tunggal putra. Jika langkah Jojo sudah terhenti di babak 16 besar, Ginting masih berpeluang mendapatkan medali di Olimpiade kali ini setelah berhasil melaju ke babak semifinal.

Lantas apakah sebelumnya kedua pemain ini termasuk pemain unggulan? Yuk, kita lihat siapa saja 10 pemain tunggal putra dengan ranking teratas di dunia seperti dilansir dari situs resmi federasi bulu tangkis dunia, BWF.

1. Kento Momota

Ginting dan Jojo di Jajaran 10 Besar Dunia, Ini Daftar Lengkapnya!potret Kento Momota (bwfbadminton.com)

Atlet Jepang Kento Momota menempati ranking 1 dunia dengan perolehan poin 1.255.024 selama berkarir versi BWF. Tapi, impiannya meraih medali emas di negaranya sendiri pada ajang Olimpiade Tokyo 2020 harus kandas setelah dirinya dikalahkan oleh atlet bulu tangkis asal Malaysia, Lee Zii Jia di babak perempatfinal.

2. Viktor Axelsen

Ginting dan Jojo di Jajaran 10 Besar Dunia, Ini Daftar Lengkapnya!potret Viktor Axelsen (bwfbadminton.com)

Viktor Axelsen menempati urutan ke-2 rangking bulu tangkis BWF dengan total 31 kemenangan dari 33 pertandingan selama 2021. Pada bulan Maret lalu, Axelsen berhasil menjadi juara di Yonex Swiss Open 2021 setelah mengalahkan Kunlavut Vitidsarn dari Thailand.

3. Anders Antonsen

Ginting dan Jojo di Jajaran 10 Besar Dunia, Ini Daftar Lengkapnya!potret Anders Antonesen (bwfbadminton.com)

Seperti halnya ranking 2, ranking 3 dunia juga ditempati oleh atlet asal Denmark. Anders Antonsen mengumpulkan 146.900 poin selama 2021 dengan 14 kemenangan dan 4 kekalahan.

Baca Juga: Drama 3 Set, Anthony Ginting Melaju Semifinal Bulu Tangkis Olimpiade

4. Chou Tien Chen

Ginting dan Jojo di Jajaran 10 Besar Dunia, Ini Daftar Lengkapnya!potret Chou Tien Chen (bwfbadminton.com)

Chou Tien Chen menempati ranking 4 dengan perolehan poin 58.000 selama 2021 ini. Atlet kelahiran Taipei 31 tahun yang lalu ini pernah meraih uang hadiah sebesar 500 ribu dolar saat dirinya menjadi pemenang di turnamen Yonex Chinese Taipei Open 2019 lalu yang diselenggarakan di kota kelahirannya.

5. Anthony Sinisuka Ginting

Ginting dan Jojo di Jajaran 10 Besar Dunia, Ini Daftar Lengkapnya!potret Anthony Sinisuka Ginting (bwfbadminton.com)

Memenangkan 5 dari 9 pertandingan di tahun 2021 menempatkan Anthony Sinisuka Ginting dalam jajaran 5 besar ranking pemain bulu tangkis dunia. Di Olimpiade Tokyo 2020, atlet dengan tinggi 171 cm ini akan menghadapi Chen Long di partai semifinal. 

6. Chen Long

Ginting dan Jojo di Jajaran 10 Besar Dunia, Ini Daftar Lengkapnya!bwfbadminton.com

Chen Long menempati ranking ke-6 di nomor tunggal putra. Walaupun atlet Tiongkok ini belum mengikuti turnamen sama sekali di tahun 2021, namun catatan statistik rekok Chen Long selama berkarir menempatkannya pada deretan atlet bulu tangkis papan atas dunia.

Baca Juga: Inilah Daftar Medali Bulu Tangkis Indonesia Sepanjang Olimpiade

7. Jonatan Christie

Ginting dan Jojo di Jajaran 10 Besar Dunia, Ini Daftar Lengkapnya!potret Jonatan Christie (bwfbadminton.com)

Di urutan ke-7 adalah atlet asal Indonesia yaitu Jonatan Christie. Atlet yang akrab disapa Jojo ini telah memenangkan 3 dari 5 pertandingan selama tahun 2021. Sayang langkah Jojo di Olimpiade Tokyo 2020 harus terhenti lantaran kalah di partai perempatfinal. 

8. Lee Zii Jia

Ginting dan Jojo di Jajaran 10 Besar Dunia, Ini Daftar Lengkapnya!potret Lee Zii Jia (bwfbadminton.com)

Dengan akumulasi poin 77.030, atlet asal Malaysia Lee Zii Jia berhasil menempati posisi ke-8 dunia. Tapi sayang, mimpinya meraih medali di Olimpiade kali ini harus dikubur dalam-dalam usai dikalahkan oleh Chen Long di partai 16 besar.

9. NG Ka Long Angus

Ginting dan Jojo di Jajaran 10 Besar Dunia, Ini Daftar Lengkapnya!potret NG Ka Long Angus (bwfbadminton.com)

NG Ka Long Angus menjadi satu-satunya atlet Hongkong yang berada di jajaran 10 besar pebulu tangkis top dunia. Selama tahun 2021, atlet yang memulai debutnya di Macau Open Grand Prix 2009 ini berhasil mengumpulkan poin sebanyak 53.500 poin.

10. Wang Tzu Wei

Ginting dan Jojo di Jajaran 10 Besar Dunia, Ini Daftar Lengkapnya!bwfbadminton.com

Dari 9 pertandingan yang teelah dilakoni tahun ini, Wang Tzu Wei telah berhasil mengumpulkan 38.500 poin. Atlet asal Taipei ini harus terhenti di babak 16 besar Olimpiade Tokyo 2020 setelah dikalahkan Axelsen dengan skor 16-21 dan 14-21. 

Nah, itulah list ranking atlet bulu tangkis dunia di nomor perseorangan putra. Semoga para atlet Indonesia terus mampu bersaing dan menempati peringkat tertinggi rangking dunia ini. Sementara itu, ayo dukung Ginting membawa pulang medali untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 kali ini!

Baca Juga: Olimpiade Tokyo 2020: Hasil Final Ganda Campuran Bulu Tangkis 

Nindi Wijaya Photo Writer Nindi Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya