5 Hal Menarik usai Bayern Munchen Bantai Barcelona di Liga Champions

Barcelona tak berdaya, lanjutkan tren negatif di kandang

Duel seru terjadi di pekan pertama grup E Liga Champions musim 2021/2022 kala Bayern Munchen bertemu Barcelona. Laga ini digelar di markas Barca, Camp Nou, pada Rabu (15/09/2021) dini hari WIB.

Berstatus tim tamu, Munchen sukses tampil perkasa dengan membungkam tim tuan rumah 3-0. Thomas Muller membuka keran gol Munchen di menit ke-34. Dua gol lainnya dicetak oleh Robert Lewandowski masing-masing di menit ke-56 dan ke-85. 

Kemenangan meyakinkan Bayern Munchen atas Barcelona juga menghadirkan sejumlah hal menarik. Berikut lima hal menarik yang dimaksud.

1. Ketajaman Robert Lewandowski luar biasa

5 Hal Menarik usai Bayern Munchen Bantai Barcelona di Liga Championspotret Robert Lewandowski (twitter.com/FCBayernEN)

Robert Lewandowski sukses tampil apik di laga ini dengan membukukan 2 gol. Dengan tambahan 2 gol tersebut, ia kini mengoleksi 75 gol dari 97 laga di Liga Champions. Lewandowski unggul dari Cristiano Ronaldo yang butuh 111 laga untuk mengumpulkan 75 gol.

Selain itu, Lewandowski total sudah membukukan 112 gol sejak musim 2019/2020. Jumlah gol striker asal Polandia ini merupakan yang terbanyak di lima liga top Eropa melampaui Kylian Mbappe (76 gol), Cristiano Ronaldo (76 gol), Erling Haaland (73 gol), dan Lionel Messi (69 gol).

2. Barcelona menjadi tim yang bersahabat dengan Thomas Muller

5 Hal Menarik usai Bayern Munchen Bantai Barcelona di Liga Championspotret Thomas Muller (twitter.com/FCBayernEN)

Selain Robert Lewandowski, Thomas Muller juga menjadi mimpi buruk Barcelona di laga ini. Ia mampu mencetak satu gol yang membuka parade gol kemenangan Bayern Munchen.

Bagi Muller, itu merupakan gol ke-7 yang pernah disarangkan ke gawang Barcelona dari 6 pertemuan. Dengan catatan tersebut, Muller dicap sebagai pemain yang paling sering merobek jala gawang Barca di Liga Champions.

Baca Juga: 10 Top Skor Tim Nasional Jerman Sepanjang Sejarah, Ada Dua Muller!

3. Barcelona dalam tren buruk ketika bermain di laga kandang Liga Champions

5 Hal Menarik usai Bayern Munchen Bantai Barcelona di Liga Championspotret Sergio Busquets (twitter.com/FCBarcelona)

Barcelona tak bisa berbuat banyak meski bermain di kandang. Bahkan, mereka tak mampu melepaskan tembakan tepat sasaran ke gawang Bayern Munchen. Itu merupakan kejadian pertama kali setidaknya sejak musim 2003/2004.

Barca juga belum bisa memutus tren negatif setelah sebelumnya juga takluk dari Paris Saint-Germain dan Juventus di Camp Nou pada gelaran Liga Champions musim lalu. Dengan begitu, Barcelona tercatat kalah dalam tiga laga kandang berturut-turut di kompetisi Eropa untuk pertama kalinya sepanjang sejarah klub.

4. Nuansa Belanda begitu kental di staring XI Barcelona

5 Hal Menarik usai Bayern Munchen Bantai Barcelona di Liga Championspotret Frenkie de Jong (twitter.com/FCBarcelona)

Ada pemandangan yang cukup menarik di starting XI Barcelona dalam laga ini. Pelatih Barca yang berdarah Belanda, Ronald Koeman, memasang tiga pemain asal Belanda di skuad utama, yakni Frenkie de Jong, Memphis Depay, dan nama paling anyar, Luuk de Jong.

Kejadian seperti itu pernah terjadi pada 22 April 2003 saat Barcelona berjumpa Juventus di babak delapan besar. Waktu itu, bahkan ada empat pemain Belanda yang diturunkan di starting XI, yakni Michael Reiziger, Frank de Boer, Marc Overmars, dan Patrick Kluivert.

5. Bayern Munchen semakin dominan kala berjumpa Barcelona

5 Hal Menarik usai Bayern Munchen Bantai Barcelona di Liga Championspotret skuad Bayern Munchen (twitter.com/FCBayernEN)

Dengan kemenangan ini, Bayern Munchen melanjutkan tren apik kala menjamu Barcelona. Die Roten selalu menang dalam tiga pertemuan terakhir dengan Barca di Liga Champions. Dua laga sebelumnya berakhir dengan skor 8-2 dan 3-2.

Secara total, Bayern Munchen sudah 12 kali bentrok dengan Barcelona di kompetisi Eropa. Munchen mampu menang 8 kali, imbang 2 kali, dan hanya takluk 2 kali. Terakhir kali Munchen menelan kekalahan adalah pada 6 Mei 2015.

Di pekan kedua nanti, Bayern Munchen akan menghadapi Dynamo Kyiv, sedangkan Barcelona bakal bersua Benfica. Kira-kira, siapa yang mampu meraih hasil memuaskan?

Baca Juga: 9 Fakta Menarik tentang Julian Nagelsmann, Pelatih Bayern Munich

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya