Enea Bastianini Tak Nyaman dengan Motor Baru Ducati di MotoGP 2023

Merasa harus mengubah gaya balapnya

Ducati membawa sejumlah perubahan di MotoGP 2023. Pasalnya, motor baru mereka dikabarkan lebih cepat daripada musim lalu.

Hal itu juga dikonfirmasi langsung oleh salah satu pembalap Ducati, Enea Bastianini. Ia menilai motor baru Ducati pada 2023 memang lebih cepat daripada motor mereka musim lalu.

Meski begitu, Bastianini masih merasa kurang nyaman dengan motor yang diberi nama Desmosedici GP tersebut. Sebab, ia merasa ada hal yang tak beres dengan motor barunya.

1. Enea Bastianini merasa kurang nyaman dengan bagian belakang motornya  

Enea Bastianini Tak Nyaman dengan Motor Baru Ducati di MotoGP 2023pembalap Ducati Lenovo, Enea Bastianini (motogp.com)

Motor baru Ducati di MotoGP 2023 memang dikabarkan lebih cepat. Motor mereka juga dikabarkan memiliki kualitas mesin yang lebih baik daripada musim lalu.

Meski begitu, Enea Bastianini masih tak nyaman dengan motor baru Ducati. Sebab, ia merasa ada yang tak beres di bagian belakang motornya. Hal tersebut menyebabkan ia tak bisa memacu motornya dengan kecepatan tinggi saat memasuki tikungan.

“Ya, motor baru kami memang cepat. Namun, saat ini, masih terlalu sulit bagiku untuk membawa motorku dengan kecepatan tinggi di tikungan. Sebab, aku tak terlalu percaya diri dengan bagian belakang motorku,” ucap Bastianini dilansir Crash.

2. Enea Bastianini merasa harus mengubah gaya balapnya  

Enea Bastianini Tak Nyaman dengan Motor Baru Ducati di MotoGP 2023pembalap Ducati Lenovo, Enea Bastianini (motogp.com)

Merasa tak nyaman dengan motor baru Ducati, Enea Bastianini pun berpikir untuk mengubah gaya balapnya. Ia merasa motor baru Ducati di MotoGP 2023 terasa sedikit berbeda. Sebab, motor Ducati pada 2022 lebih nyaman daripada motor Ducati musim ini.

“Motor ini agak sedikit berbeda dan aku harus mengubah gaya balapku. Ini sangat sulit dijelaskan, tetapi aku memang tak bisa memasuki tikungan seperti dengan motorku yang dulu.

Sebab, dengan motorku saat ini, aku harus memasuki tikungan dengan kecepatan yang lebih lambat,” tambahnya.

Baca Juga: Enea Bastianini Siap Kolaborasi dengan Francesco Bagnaia di Ducati

3. Enea Bastianini berhasil jadi pembalap tercepat ke-3 pada tes pramusim MotoGP di Malaysia

Enea Bastianini Tak Nyaman dengan Motor Baru Ducati di MotoGP 2023pembalap Ducati Lenovo, Enea Bastianini (motogp.com)

Meski merasa tak nyaman dengan motornya, Enea Bastianini masih bisa menunjukkan performa gemilang. Hal itu ia buktikan saat melakoni tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, Jumat (10/2/2023) lalu.

Pada tes tersebut, Bastianini berhasil jadi pembalap dengan catatan waktu tercepat ke-3. Sementara itu, catatan waktu tercepat ke-1 dan ke-2 diraih oleh pembalap Mooney VR46 Racing, Marco Bezzecchi, dan pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales.

4. Francesco Bagnaia juga mengakui bahwa motor baru Ducati lebih cepat  

Enea Bastianini Tak Nyaman dengan Motor Baru Ducati di MotoGP 2023pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia (motogp.com)

Selain Enea Bastianini, Francesco Bagnaia juga mengakui bahwa motor baru Ducati lebih cepat. Juara dunia MotoGP 2022 itu mengaku puas dengan kecepatan motor Ducati musim ini.

Bagnaia menilai motor baru Ducati akan membawa banyak potensi besar di MotoGP 2023. Hal itu membuatnya merasa lebih percaya diri untuk bisa bersaing musim ini. Apalagi, Bagnaia perlu mempertahankan gelar juara dunia.

“Aku sangat percaya diri bahwa potensi yang dimiliki di motor ini sangat tinggi. Sekarang, aku akan mengatakan bahwa semua orang akan senang karena kami memiliki kecepatan yang lebih dengan mesin yang baru,” kata Bagnaia dilansir The Race.

5. Francesco Bagnaia menilai akselerasi motor baru Ducati terasa lebih baik

Enea Bastianini Tak Nyaman dengan Motor Baru Ducati di MotoGP 2023pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia (motogp.com)

Selain kecepatannya, akselerasi motor baru Ducati di MotoGP 2023 juga dikabarkan turut meningkat, terutama saat kondisi hujan. Hal itu dikonfirmasi langsung Francesco Bagnaia. Ia mengatakan akselerasi motor Ducati musim ini jauh lebih baik daripada musim lalu.

“Dalam kondisi hujan, kami telah melakukan perkembangan yang baik dibandingkan dengan musim lalu. Musim lalu, dengan motor sebelumnya, bagiku itu semua adalah mimpi buruk baik saat kondisi basah maupun kering. Sebab, dengan motor musim lalu, aku merasa sangat tertekan,” imbuhnya.

Berbeda dengan Enea Bastianini, Francesco Bagnaia justru merasa lebih nyaman dengan motor baru Ducati. Sebab, ia merasa bahwa motor baru Ducati di MotoGP 2023 telah membawa banyak kemajuan, terutama dalam hal kecepatan dan akselerasi.

Baca Juga: Peninggalan Berharga Enea Bastianini untuk Gresini Racing, Apa Itu?

Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara Photo Verified Writer Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

Mahasiswa HI yang suka menulis apapun yang ada di dekatnya, terutama seputar olahraga dan juga atlet.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya