Comscore Tracker

Mundur karena Jujur, Naomi Osaka Dipuji Hamilton

Jangan jadikan kesehatan mental bahan guyonan

Jakarta, IDN Times - Juara dunia tujuh kali Formula 1, Lewis Hamilton, melayangkan apresiasi kepada Naomi Osaka yang mundur dari French Open 2021. Bagi Hamilton, keputusan Osaka untuk mundur demi memulihkan kesehatan mentalnya, menjadi tindakan yang harus diapresiasi.

Bukan perlawanan, tapi Hamilton menilai mundurnya Osaka adalah bentuk dari kejujuran seorang atlet.

Osaka tak malu mengaku depresi karena rutinitasnya sebagai bintang lapangan. Bagi Hamilton, tindakan Osaka begitu berani dan tak mudah untuk dilakukan.

"Kesehatan mental bukan lelucon, ini nyata dan serius. Membutuhkan banyak keberanian untuk melakukannya. Mari kita semua memastikan Naomi tahu dia tidak sendirian," tulis Hamilton di instastory yang diunggahnya.

1. Pernah di posisi yang sama

Mundur karena Jujur, Naomi Osaka Dipuji HamiltonEssentiallysports.com

Hamilton sebenarnya sempat mengalami hal serupa dengan Osaka. Dia tak nyaman ketika harus berurusan dengan media pada 2016 lalu.

Semua bermula kala Hamilton dikritik media karena aplikasi Snapchat. Ketika itu, Hamilton heran dengan media yang terlalu reaktif, karena Hamilton yang menggunakan Snapchat jelang Grand Prix Jepang 2016. Padahal, menurut Hamilton, itu dilakukannya demi meredakan ketegangan.

Karena menerima kritik yang dirasa tak pantas, Hamilton pada akhirnya keluar dari sesi konferensi pers pasca sesi kualifikasi GP Jepang. Cuma sekitar satu atau dua menit dia duduk di mejanya, sambil bergumam, "Hmmmm, hmmmm". Hingga akhirnya Hamilton cabut dari sesi tersebut.

Baca Juga: Atlet Tenis Naomi Osaka Menginspirasi Karakter Manga Terbaru

2. Naomi Osaka punya penyakit kecemasan

Mundur karena Jujur, Naomi Osaka Dipuji HamiltonNaomi Osaka saat memamerkan trofi Grand Slam US Open 2018. Sumber: wtatennis.com

Sementara, kasus Osaka agak berbeda dengan Hamilton. Dia mengaku memiliki penyakit kecemasan ketika harus jumpa dengan media atau elemen publikasi lainnya.

Osaka tak terbiasa, ketika terekspos di depan publik. Memang, saat ingin beraksi, Osaka selalu mengenakan headphone untuk mendengarkan lagu demi menenangkan diri.

Hingga akhirnya, dia jujur kalau memiliki kecemasan berlebih ketika harus menghadapi situasi-situasi tersebut.

3. Didenda ratusan juta

Mundur karena Jujur, Naomi Osaka Dipuji Hamilton24smi.org

Karena mundur dari jumpa pers, Osaka akhirnya didenda oleh otoritas berwenang. Dia harus membayar denda 15 ribu dolar Amerika Serikat atau setara Rp214 juta karena aksinya mangkir dalam jumpa pers pasca pertandingan usai menang atas Patricia Maria Tig.

Baca Juga: Depresi Berujung Mundurnya Naomi Osaka dari French Open

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya