Blacklisted: 10 Pegulat Ini Tidak akan Pernah Masuk WWE Hall of Fame

Siapa yang dulunya suka nonton wrestling? Ngaku hayo

World Wrestling Entertainment Hall of Fame dipandang sebagai cara untuk menghormati pegulat masa lalu sekaligus untuk menjembatani antar generasi penggemar gulat. Namun, Hall of Fame juga telah dituduh sangat politis dan hanya berlaku bagi pegulat favorit, yang menghabiskan sebagian besar karir mereka di WWE.

Bagaimanapun, ada beberapa kepribadian dari para pegulat tertentu yang tidak mungkin bisa dilantik sebagai bagian dari Hall of Fame karena berbagai alasan. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah sepuluh pegulat dan tag team yang mungkin harus menunggu pengampunan dalam waktu yang sangat lama.

1. Owen Hart

Blacklisted: 10 Pegulat Ini Tidak akan Pernah Masuk WWE Hall of Famewwe.com

Banyak para fans dan kritikus yang menyebut almarhum Owen Hart layak mendapatkan penghormatan masuk ke dalam Hall of Fame. Lalu mengapa Owen tak masuk?

Ada beberapa faktor. Pertama, istri Owen Hart menolak nama suaminya masuk Hall of Fame. Kedua, Pada tahun 1999, Owen Hart meninggal secara tragis pada acara Pay Per View (PPV) dan WWE menerima hukuman atas kecelakaan tersebut. Ketika itu, usia Owen baru 33 tahun.

"Pegulat profesional Owen Hart, seorang Kanada yang dikenal sebagai "Blue Blazer," jatuh dari ketinggian 50 kaki, kepalanya menghantam dan meninggal saat kawat yang menahannya di udara terputus saat ia diturunkan ke ring," tulis CNN.

Ketiga, karier Owen tak pernah sampai ke puncak dan dia tidak memiliki kemampuan untuk terhubung dengan para penggemar. Meski begitu, ada petisi dari para fans yang meminta WWE melantik Owen supaya masuk Hall of Fame. Namun petisi ini tidak diindahkan.

2. Miss Elizabeth

Blacklisted: 10 Pegulat Ini Tidak akan Pernah Masuk WWE Hall of Famewwe.com

Miss Elizabeth dikenal sebagai manager Macho Man Randy Savage. Pasangan itu sempat menikah untuk sementara waktu tapi kemudian bercerai. Tragisnya, Miss Elizabeth meninggal karena overdosis narkoba saat di rumah Lex Luger, suaminya. 

"Ketika gulat profesional menjadi fenomena pop-culture, dalam prosesnya, Miss Elizabeth telah menjadi fenomena pop-culture itu sendiri," tulis The New York Times.

Meski begitu, penggemar gulat mengingat Miss Elizabeth sebagai sosok yang mampu membuat acara gulat profesional ini menarik. Para fans tak percaya jika dirinya tak berada di Hall of Fame.

Lalu mengapa dia tidak masuk? Karena Miss Elizabeth selalu tampak sedih, dan kasus kematiannya yang misterius karena overdosis narkoba adalah penyebab yang paling mungkin bisa diterima.

3. El Santo

Blacklisted: 10 Pegulat Ini Tidak akan Pernah Masuk WWE Hall of Fameprowrestling.wikia.com

El Santo sebagai bintang Lucha Libre (gulat di Meksiko) mungkin lebih terkenal di tanah airnya daripada Hulk Hogan dari Amerika. Pasalnya, dia bermain pernah di lebih dari 60 judul film. Rodolfo Guzman Huerta, nama asli El Santo, adalah ikon gulat yang paling populer bagi orang Latin. Banyak yang percaya El Santo bakal masuk Hall of Fame. Namun nyatanya tidak.

"El Santo mendorong reputasi lucha libre hingga populer di seluruh dunia," tulis The Guardian.

Lalu mengapa El Santo tidak masuk? Penyebab yang paling mungkin adalah masalah pemasaran. Sebagian orang tentu berpikir, adanya El Santo bisa mendongkrak popularitas WWE. Walaupun demikian, WWE lebih memilih Luchadore, atlet gulat Meksiko lainnya, karena lebih lama berkecimpung di WWE.

4. King Kong Bundy

Blacklisted: 10 Pegulat Ini Tidak akan Pernah Masuk WWE Hall of Famewwe.com

King Kong Bundy terkenal karena menuntut wasit menghitung lima kali tepukan, bukan hanya tiga kali saat mengunci lawan. Hal itu sudah cukup membuktikan bahwa dia mudah mengalahkan lawan-lawannya. Selain itu, Bundy adalah bad boy raksasa yang disukai penggemar. King Kong Bundy adalah legenda sejati di dunia hiburan olahraga.

"Kedahsyatan dari kekuatan Bundy ditampilkan pada WrestleMania 1985 di mana raksasa tersebut menaklukkan lawannya, Special Delivery Jones, dalam sembilan detik," tulis wwe.com.

Mengapa King Kong Bundy tidak masuk Hall of Fame? Itu semua karena kepribadiannya. Bundy mengira dirinya adalah primadona. Oleh sebab itu, Bundy sangat sulit untuk diajak kerjasama ketika di belakang panggung. Dia terlalu kaku kepada pegulat yang tidak ia sukai.

5. Chief Wahoo McDaniel

Blacklisted: 10 Pegulat Ini Tidak akan Pernah Masuk WWE Hall of Fame prowrestlingclips3 via youtube.com

Tidak seperti Chief Jay Strongbow, Chief Wahoo McDaniel memiliki darah keturunan asli Amerika yang sah. Mantan pemain football ini dianggap sebagai pegulat pria terhebat yang mengenakan sepasang sepatu bot. McDaniel adalah orang Indian asli yang paling dihormati ketika bergulat secara profesional.

"Tidak banyak pegulat yang sekuat Wahoo dan dia melawan orang seperti Ric Flair, Terry Funk dan Bob Orton," tulis bleacherreport.com.

Lalu mengapa dia tidak masuk? Yang pertama dan yang terpenting, Wahoo McDaniel bukanlah seorang pegulat yang bakal disukai penggemar gulat modern. Kedua, dia tidak pernah bekerja untuk WWE selama karier gulatnya yang panjang.

6. Baron Von Raschke

Blacklisted: 10 Pegulat Ini Tidak akan Pernah Masuk WWE Hall of Fameprowrestling.wikia.com

Baron von Raschke adalah atlet gulat paling dibenci karena menyalakan sentimen anti-Jerman pasca-Perang Dunia II. Padahal, dia orang Jerman.

Raschke memulai kariernya sebagai wasit. Namun mengingat tinggi badannya yang 6,5 kaki dan berat hampir 150 kg, dia tidak sesuai dengan tugas itu. Dengan sedikit latihan, ia akhirnya menjadi pegulat sendiri. 

Sering dibandingkan dengan Hulk Hogan, Raschke memiliki gerakan khasnya sendiri yaitu The Brain Claw (cakar). Para penggemar gulat pun meresponsnya dengan sangat antusias.

"Sebagai Baron Von Raschke, dia menjadi pelanggar aturan yang jahat. Gayanya yang kejam membuat takut para penggemar," tulis notinhalloffame.com.

Mengapa Baron von Raschke tidak masuk Hall of Fame? Untuk satu hal, dia menutupi identitas dirinya yang sebetulnya orang asli Amerika. Namun dia terus menyangkalnya dengan mengaku sebagai orang Jerman.

7. "Captain Redneck" Dick Murdoch

Blacklisted: 10 Pegulat Ini Tidak akan Pernah Masuk WWE Hall of FameRob D via youtube.com

Tangguh, kasar dan populer, Dick Murdoch menggunakan karisma Texas-nya dengan menjadi pahlawan bagi kelas pekerja. Captain Redneck menghabiskan banyak karir gulatnya di NWA (National Wrestling Alliance) dan WWE. Dia bahkan memenangkan gelar juara tag team bersama Adrian Adonis di WWE.

Mengapa dia tidak masuk? Dick Murdoch menghabiskan sebagian besar karirnya untuk bekerja di NWA, salah satu saingan utama WWE di tahun 1970an dan 80an. Juga, seperti orang lain dalam daftar ini, banyak penggemar gulat modern tidak mengenalinya.

8. Demolition

Blacklisted: 10 Pegulat Ini Tidak akan Pernah Masuk WWE Hall of Famewwe.com

Jika kamu sempat menonton gulat di tahun 1980an, kamu akan benar-benar ketakutan saat lagu tema Demolition dimainkan. Dua pegulat tangguh, Ax dan Smash adalah sebuah kehancuran (demolition). Meskipun berhasil mempertahankan gelar juara dalam waktu lama, Demolition tidak akan masuk Hall of Fame.

"Demolition adalah tag team paling sukses dalam sejarah WWE," tulis bleacherreport.com.

Mengapa mereka tidak masuk? Saat ini, Demolition adalah salah dua dari banyak pegulat yang melakukan gugatan class action terhadap WWE, seperti yang dirilis whatculture.com.

Mereka menuding, WWE tidak memperlakukan para pegulatnya dengan layak. Contohnya saat ada pegulat yang cedera, WWE tidak memperhatikan mereka dengan baik.

9. Bruiser Brody

Blacklisted: 10 Pegulat Ini Tidak akan Pernah Masuk WWE Hall of Famewwe.com

Seorang pria raksasa, Bruiser Brody adalah pegulat pertama yang memiliki tubuh kekar. Lebih dari sekadar besar dan kuat, Brody memiliki ketangkasan yang baik. 

Selain itu, Brody tidak pernah mengalami kesulitan untuk bergaul dengan para penggemar, meskipun banyak rekannya yang tidak begitu menyukainya karena Brody acap kali bertindak di luar skenario.

"Dia mulai memenangkan gelar dengan benar. Dengan gayanya yang liar dan tidak dapat diprediksi dan bahkan penolakannya untuk mengikuti naskah itu kadang-kadang, yang benar-benar merupakan big no (tidak), jika Anda masih ingin bekerja di peringkat profesional," tulis thetandd.com.

Kematian Brody akibat ditikam di sebuah ruang ganti di Puerto Rico tetap menjadi noda gelap pada sejarah gulat, terutama karena orang yang diyakini sebagai pembunuhnya tidak pernah dituntut melakukan kejahatan tersebut.

Mengapa dia tidak masuk? Kematian kontroversial Brody menjadi berita utama untuk gulat pro. Juga, dia sangat tidak disukai oleh sebagian besar rekan sezamannya.

10. Chyna

Blacklisted: 10 Pegulat Ini Tidak akan Pernah Masuk WWE Hall of Famewwe.com

Bagi penggemar gulat di Indonesia, nama Chyna pasti sudah tidak asing lagi. Pegulat perempuan ini pernah beraksi bersama Stone Cold dan The Rock. Chyna adalah pegulat unik yang menarik.

Chyna merupakan perempuan pertama yang memenangi gelar tunggal laki-laki di WWE. Chyna memang sering didorong supaya lebih mengikuti divisi laki-laki daripada perempuan. Tak ada masalah bagi Chyna.

Satu-satunya serangan nyata terhadapnya adalah fakta bahwa hubungannya dengan Triple-H dirusak oleh Stephanie McMahon, yang kemudian menggunakan pengaruhnya untuk mengeluarkan Chyna dari WWE.

Chyna meninggal terlalu cepat dan masih dicintai oleh penggemar gulat di seluruh dunia yang ingin melihatnya masuk Hall of Fame.

Mengapa Chyna tidak masuk? Selain perpisahannya dengan Triple H, Chyna juga sempat membintangi beberapa film dewasa setelah karir gulatnya berakhir. Keputusannya ini membuat Chyna masuk daftar hitam sampai kematiannya dan mungkin akan menjauhkannya dari Hall of Fame di masa mendatang.

Itu dia. Sepuluh pegulat yang sepertinya tidak mungkin masuk ke WWE Hall of Fame.

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya