Donald Cerrone Akhirnya Pensiun dari UFC

Donald Cerrone sudah tak mampu berkompetisi

Legenda Ultimate Fighting Championship, Donald Cerrone, memutuskan untuk pensiun pada Minggu siang WIB (3/7/2022). Usai kalah dari Jim Miller di UFC 276, Cowboy (julukannya) memutuskan buat gantung gloves.

Cerrone menandai akhir kariernya di UFC dengan meletakkan topi koboi yang kerap dipakainya saat walkout ke oktagon. Pun, dia meletakkan kedua gloves miliknya ke tengah oktagon.

1. Perjalanan yang berat

Donald Cerrone Akhirnya Pensiun dari UFCmmafighting.com

Cerrone memang mengalami situasi sulit belakangan ini. Dalam tujuh laga beruntun, pria 39 tahun tersebut tak pernah menang dengan rekor enam kali kalah dan satu lainnya berakhir no contest.

Ada masalah pelik yang dihadapi Cerrone belakangan ini. Dia merasa cintanya terhadap dunia MMA mulai luntur dan semakin frustrasi atas situasi yang dialaminya.

"Saya tak cinta lagi. Sulit buat saya bangkit dan ini adalah kisah terpanjang dalam hidup. Saya enggan mengeluh. Saya cuma tak mencintai olahraga ini lagi," ujarnya dikutip Bloody Elbow.

Baca Juga: Tiru The Undertaker, Israel Adesanya Pertahankan Sabuk Juara UFC

2. Termasuk petarung teraktif

Donald Cerrone Akhirnya Pensiun dari UFCBloodyElbow.com

Sebagai petarung, Cerrone terbilang yang paling aktif berduel sepanjang karier profesionalnya. Dia melakoni 55 pertarungan sepanjang karier profesionalnya. Rekor secara keseluruhan, termasuk di UFC, adalah 36 kali menang, 17 kalah, dan dua lainnya berakhir no contest.

Sebanyak 10 pertarungan dimenangkannya lewat TKO. Sementara, 17 lainnya berakhir dengan submission. Sisanya, berdasarkan perhitungan poin.

3. Masa kelam di UFC

Donald Cerrone Akhirnya Pensiun dari UFCbleacherreport.com

Cerrone belakangan memang mengalami masa suram di UFC. Mimpi buruknya dimulai ketika menghadapi Tony Ferguson pada UFC 238, 8 Juni 2019. Kala itu, Cerrone kalah karena doctor stoppage.

Hasil minor berlanjut ketika tampil di UFC Fight Night: Cerrone versus Gaethje. Dia dibuat babak belur oleh Justin Gaethje, 14 September 2019, dan kalah KO.

Conor McGregor melengkapi kesialan Cerrone. Dalam duel di UFC 246, Cerrone dibuat keok oleh McGregor hanya dalam kurun waktu 40 detik.

4. Sempat dianggap aktor match fixing

Donald Cerrone Akhirnya Pensiun dari UFCConor McGregor. (forbes.com)

Kemenangan kilat McGregor sempat dirasa janggal oleh publik. Banyak yang mengira saat itu Cerrone sengaja kalah demi meningkatkan popularitas The Notorious. Namun, dengan cepat Cerrone membantahnya.

"Uang tak cukup buat membeli jiwa saya agar mengalah. Kesialan ini bisa terjadi kapan saja. Saya lebih baik tak dibayar ketimbang terima uang haram," tegas Cerrone dikutip Daily Mirror.

Baca Juga: Petarung Indonesia Guncang UFC Lewat Pukulan Ajaibnya

Rio Eka Saputra Photo Writer Rio Eka Saputra

Konten Kreator yang senang berpikir, berbicara dan menulis tentang banyak hal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya