Rio Belum Berhasil di Melbourne, Manor Racing Minta Maaf

Rio dan timnya semakin banyak belajar

Tak dipungkiri, hasil yang kurang memuaskan dicapai oleh Rio Haryanto di Grand Prix Australia, pada hari Minggu kemarin 20 Maret 2016. Tim Manor merasa bahwa kegagalan pembalap Indonesia tersebut tak lepas dari kesalahan mereka soal kerusakan driveline mobil MRT05.

Rio gagal melanjutkan balapan di lap ke-18 setelah red flag berkibar akibat insiden kecelakaan Fernando Alonso. Driveline mobil Rio rusak sehingga pembalap Indonesia ini mesti mengakhiri debutnya di F1 lebih dini ketimbang pembalap yang lainnya.

Rio Belum Berhasil di Melbourne, Manor Racing Minta MaafSumber Gambar: sindonews.com

Manor Racing merasa sangat bersalah pada Rio. Dave Ryan selaku kepala tim berjanji akan lebih memperhatikan segala hal di Grand Prix selanjutnya yang bakal digelar di Bahrain. Kendati harus menyudahi semuanya lebih awal, Rio tak patah semangat dalam menjalani debutnya di F1. Meskipun harus berakhir dengan cara yang kurang menyenangkan, dia tetap menikmati pertandingan.

Rio Belum Berhasil di Melbourne, Manor Racing Minta MaafSumber Gambar: bbc.co.uk

Namun, dia yakin bahwa di Bahrain nanti dia bakal mendapat balapan yang lebih lancar dan berjalan baik. Rio merasa meskipun balapan yang dilakoninya sangat singkat tapi benar-benar memberikan dampak positif.

Rio tidak patah semangat.

Rio Belum Berhasil di Melbourne, Manor Racing Minta MaafSumber Gambar: okezone.com

Kerusakan mobil membuat Rio tidak mampu melanjutkan balapan. Debutnya berjalan tidak sesuai dengan rencana. Rio mengaku tetap optimistis dengan perjuangannya bersama Manor. Dia melihat banyak hal positif dari balapan perdananya di F1. Tim Manor juga tetap optimis dan berterima kasih pada para pendukung dari Indonesia. 

Rio Belum Berhasil di Melbourne, Manor Racing Minta MaafSumber gambar: twitter.com/ManorRacing

Baginya ini merupakan masalah yang bisa saja terjadi dalam balapan dan di luar kontrol. Sebenarnya Rio mengakui bahwa saat latihan tidak ada masalah dengan mobilnya. Baginya ini adalah pelajaran yang berharga. Pembalap berusia 23 tahun ini menyatakan siap untuk melangkah ke balapan selanjutnya di Bahrain. Ajang F1 GP Bahrain sendiri bakal berlangsung pada 3 April 2016.

Baca Juga: Pengalaman Hidup Rio Haryanto yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi.

Rio Belum Berhasil di Melbourne, Manor Racing Minta MaafSumber gambar: twitter.com/ManorRacing

Dalam GP Australlia tersebut, Nico Rosberg dari Mercedes sukses finis terdepan. Kemudian disusul rekan setimnya, Lewis Hamilton di peringkat kedua. Rekan setim Rio di Manor, Pascal Wehrlein, mampu menyelesaikan balapan dengan posisi lebih baik di peringkat ke-16.

Saat insiden ini terjadi, Rio terlihat terpekur di tepi sambil mengusap kepalanya. Setidaknya Rio menyelesaikan 18 putaran dan berada posisi 18 atau empat posisi lebih baik dibanding saat memulai balapan.

Baca Juga: 13 Fakta Mengenai Kehidupan Pribadi Rio Haryanto.

Topik:

Berita Terkini Lainnya