Dapat Jaminan dari Menpora, Rio Haryanto Dipastikan Melaju Ke F1 2016

Pertama bagi Indonesia.

Rio Haryanto kini menjadi impian masyarakat Indonesia untuk beradu kecepatan di ajang F1 (Formula One). Sebelumnya, Rio berjuang keras mendapatkan dana untuk melaju ke balapan bergengsi ini. Namun, kini kabar bahagia datang padanya. Pembalap berusia 22 tahun ini mendapatkan dukungan pula dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi atas usahanya untuk bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah F1 Internasional.

Dapat Jaminan dari Menpora, Rio Haryanto Dipastikan Melaju Ke F1 2016Sumber Gambar: sindonews.com

Pasalnya, untuk bisa melaju ke F1 memang bukan hal yang mudah. Banyak hal yang harus dilaluinya untuk bisa menggapai impiannya tersebut. Selain dukungan mental, dia juga perlu dukungan materi. Demi bisa bergabung dengan Tim Manor pada F1 2016 nanti, Rio membutuhkan dana yang tak sedikit yaitu 15 juta euro atau setara dengan 230 milliar rupiah. Dana tersebut merupakan biaya operasional tim yang harus dikeluarkan dalam satu tahunnya.

Dapat Jaminan dari Menpora, Rio Haryanto Dipastikan Melaju Ke F1 2016Sumber Gambar: extremania.com

Kendati jumlah tidak sedikit, namun jaminan yang diberikan oleh Imam Nawawi kepada Rio membuat lega pada pendukungnya yang ada di Indonesia. Rio sudah dipastikan akan melaju di F1 tahun depan. Lalu siapakah yang akan mendampinginya di tim Manor nanti?

Rio Haryanto Vs Alexander Rossi

Dapat Jaminan dari Menpora, Rio Haryanto Dipastikan Melaju Ke F1 2016Sumber Gambar: liputan6.com

Pembalap asal Amerika, Alexander Rossi bukan pembalap yang biasa. Dia tak kalah hebat dengan Rio Haryanto. Dia mampu memenangkan 40 balapan dari 211 balapan yang dilaluinya selama ini. Jika dilihat dari jam terbang, Rossi memiliki pengalaman lebih banyak dibandingkan Rio yang hanya baru mengikuti 198 perlombaan dan memenangkan 17 balapan.

Selain itu, Rossi yang menjadi pesaing Rio ini sudah bergabung dengan Tim Manor sejak tahun 2015 lalu. Selama bergabung dengan tim tersebut, dia sudah mengikuti berbagai balapan, antara lain balapan yang diadakan di Jepang, Singapura, Meksiko, Auston dan Brasil.

Dapat Jaminan dari Menpora, Rio Haryanto Dipastikan Melaju Ke F1 2016Sumber Gambar: gilabalap.com
Namun, kehebatan Rio tak boleh dianggap sebelah mata oleh Rossi. Kemampuan pembalap Indonesia ini telah diakui oleh McLaren. Tinggal menunggu waktu saja melihat perkembangan dari Rio Haryanto di Tim Manor pada F1 2016 nanti. Semoga sukses ya Rio. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya