Comscore Tracker

Berkenalan dengan Posisi Pemain dan Designated Hitter Bisbol

Semua posisi bekerja sama memenangi pertandingan

Sebuah pertandingan olahraga bisbol berlangsung selama sembilan inning (babak). Pada setiap inning, masing-masing tim mendapatkan kesempatan untuk memukul bola dan bertahan.

Ketika mendapatkan kesempatan memukul bola, tim akan mencoba mencetak run agar bisa mendapatkan poin. Seorang pemukul bola harus melewati base satu, base dua, base tiga, dan kembali ke home plate jika ingin melakukan run

Sedangkan, ketika mendapatkan kesempatan bertahan, tim akan berusaha mencegah tim lawan membuat run. Saat bertahan, tim bisbol menurunkan sembilan pemain, yakni pitcher, catcher, infielder, dan outfielder.

1. Pitcher

Berkenalan dengan Posisi Pemain dan Designated Hitter BisbolJacob deGrom (mlb.com)

Pitcher merupakan posisi yang memiliki tugas melempar bola ke arah pemukul bola. Pitcher memiliki misi membuat pemukul bola gagal memukul bola. Pitcher sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu starting pitcher, relief pitcher, dan closer pitcher.

Starting pitcher akan ditugaskan pada awal pertandingan atau inning pertama. Ia memiliki tugas membuat strikeout sebanyak-banyaknya. Strikeout adalah kondisi ketika pemukul bola gagal memukul tiga lemparan strike dari pitcher. Starting pitcher ini, misalnya, Jacob deGrom, Shohei Ohtani, Max Scherzer, dan Clayton Kershaw

Sementara itu, relief pitcher biasa dimainkan pada pertengahan pertandingan. Ia diturunkan untuk menggantikan starting pitcher. Biasanya seorang pelatih memasukkan relief pitcher karena starting pitcher mengalami kelelahan, cedera, atau dianggap menampilkan performa yang kurang memuaskan. Contoh pemain relief pitcher di antaranya Josh Hader, Brusdar Graterol, Andrew Kittredge, dan Jonathan Loaisiga

Closer pitcher diturunkan pada akhir pertandingan atau inning kesembilan. Ia akan berusaha membuat tiga out secepat mungkin agar pertandingan segera selesai. Contoh pemain closer pitcher adalah Aroldis Chapman, Liam Hendricks, Kenley Jansen, dan Raisel Iglesias.

2. Catcher

Berkenalan dengan Posisi Pemain dan Designated Hitter BisbolYadier Molina (mlb.com)

Catcher memiliki tanggung jawab menangkap bola yang dilempar pitcher, menangkap bola foul , dan menyentuhkan bola (tag) ke badan baserunner yang berlari dari base tiga ke home plate. Untuk melindungi wajah dan badan dari benturan bola yang keras, catcher harus memakai helm, pelindung dada, dan pelindung kaki.

Ketika menangkap bola, catcher harus memastikan sarung tangannya tidak mengenai bat yang diayunkan pemukul bola. Jika sarung tangan catcher mengenai bat pemukul bola, maka catcher telah melakukan catcher interference. Ketika catcher interference terjadi, pemukul bola bisa langsung jalan ke base satu tanpa harus berhasil memukul bola. Contoh pemain catcher itu sendiri di antaranya Yadier Molina, Salvador Perez, Gary Sanchez, dan Yasmani Grandal.

Baca Juga: Atlet Bisbol, 10 Potret Gagah Cole Tucker Pacar Baru Vanessa Hudgens

3. Infielder

Berkenalan dengan Posisi Pemain dan Designated Hitter BisbolXander Bogaerts (mlb.com)

Tugas infielder adalah mencegah pemukul bola sampai ke base satu. Jika pemukul bola sampai ke base satu dengan selamat, pemukul bola akan berubah status menjadi baserunner.

Ketika gagal mencegah pemukul bola menjadi baserunner, infielder harus mencegah baserunner sampai ke base dua, base tiga, dan kembali ke home plate dengan selamat. Apabila seorang baserunner sampai di home plate dengan selamat, tim lawan akan mendapatkan satu poin.

Posisi infielder sendiri terbagi menjadi empat posisi: penjaga base satu, penjaga base dua, penjaga base tiga, dan shortstop. Berikut ini adalah tugas dari setiap pemain infielder:

Penjaga base satu memiliki tanggung jawab sebagai berikut:

  • Menangkap bola yang dilempar rekan setim ke base satu sebelum pemukul bola sampai di base satu.
  • Menangkap bola foul.
  • Ketika menangkap bola, kaki penjaga base satu harus menyentuh base. Jika saat menangkap bola, kaki penjaga base satu tidak menempel di base dan kemudian pemukul bola sampai di base satu, pemukul bola akan dinyatakan selamat dan berubah status menjadi baserunner.
  • Jika harus meninggalkan base satu untuk menangkap bola, penjaga base satu harus segera kembali ke base satu sebelum pemukul bola sampai di base satu.

Contoh pemain penjaga base satu: Albert Pujols, Miguel Cabrera, Freddie Freeman, dan Vladimir Guerrero Jr.

Sementara itu, penjaga base dua memiliki tugas sebagai berikut: 

  • Menangkap bola yang menuju base dua.
  • Membuat double play. Double play bisa dilakukan jika sudah ada baserunner di base satu dan pemukul bola berhasil memukul bola. Penjaga base dua menangkap bola yang dilempar shortstop atau penjaga base tiga sebelum baserunner sampai di base dua.
  • Setelah menangkap bola, penjaga base dua harus melemparkan bola ke penjaga base satu. Jika penjaga base satu bisa menangkap bola sebelum pemukul bola sampai ke base satu, maka dua pemain lawan akan mendapatkan out.

Contoh pemain penjaga base dua adalah Jake Cronenworth, Ozzie Albies, Marcus Semien, dan Jose Altuve.

Di sisi lain, penjaga base tiga harus melakukan tugas sebagai berikut:

  • Menangkap bola yang menuju base tiga.
  • Menangkap bola foul.
  • Jika pemukul bola berhasil memukul bola dan kemudian bola mengarah ke base tiga, penjaga base tiga harus segera menangkap bola dan melemparkan bola ke penjaga base satu
  • Jika sudah ada baserunner di base satu dan pemukul bola berhasil memukul bola, penjaga base tiga harus menangkap bola yang mengarah kepada dirinya dan melemparkan bola ke penjaga base dua.

Contoh pemain penjaga base tiga di antaranya Nolan Arenado, Jose Ramirez, Manny Machado, dan Kris Bryant.

Terakhir, shortstop memiliki tanggung jawab sebagai berikut:

  • Berdiri di antara base dua dan base tiga.
  • Menangkap bola hasil pukulan pemukul bola, kemudian melemparkan bola ke penjaga base satu.
  • Jika sudah ada baserunner di base satu dan lemparan pitcher berhasil dipukul, shortstop harus menangkap bola yang mengarah kepada dirinya dan langsung melemparkan bola ke penjaga base dua.

Contoh pemain shortstop adalah Xander Bogaerts, Fernando Tatis Jr, Trea Turner, dan Brandon Crawford.

4. Outfielder

Berkenalan dengan Posisi Pemain dan Designated Hitter BisbolAaron Judge (mlb.com)

Pemain outfielder berdiri di sisi luar lapangan (outfield). Outfielder memiliki tugas menangkap bola yang melayang di udara, mencegah terjadinya home run, dan melemparkan bola ke area infield.

Sebuah tim bisbol akan menempatkan tiga pemain outfielder di sebuah pertandingan. Pemain outfielder tersebut adalah left fielder, center fielder, dan right fielder.

Left Fielder, center fielder, dan right fielder memiliki tugas sebagai berikut:

  • Menjaga area kiri outfield (left fielder), menjaga area tengah outfield (center fielder), dan menjaga area kanan outfield (right fielder).
  • Menangkap bola yang melayang di udara.
  • Jika memungkinkan, outfielder harus berusaha menangkap bola yang akan keluar area lapangan agar mencegah terjadinya home run.
  • Jika berhasil menangkap bola yang melayang di udara dan sudah ada baserunner di base satu, outfielder harus melempar bola ke penjaga base dua agar baserunner ragu untuk maju ke base dua.
  • Jika berhasil menangkap bola yang melayang di udara dan sudah ada baserunner di base dua, outfielder harus melempar bola ke penjaga base tiga agar baserunner  ragu untuk lari ke base tiga.
  • Jika berhasil menangkap bola yang melayang di udara dan sudah ada baserunner di base tiga, outfielder harus melemparkan bola ke arah catcher yang berjaga di home plate.

Contoh pemain left fielder adalah Christian Yelich, Seiya Suzuki, Joey Gallo, dan Joc Pederson. Sedangkan pemain central fielder di antaranya Mike Trout, Cody Bellinger, Enrique Hernandez, dan Cedric Mullins. Pemain right fielder terdiri dari Aaron Judge, Mookie Betts, Ronald Acuna Jr, dan Bryce Harper.

5. Designated Hitter

Berkenalan dengan Posisi Pemain dan Designated Hitter BisbolGiancarlo Stanton (mlb.com)

Designated hitter merupakan sebuah peran untuk menggantikan tugas pitcher memukul bola. Pada setiap inning, sebuah tim akan mendapatkan kesempatan bertahan dan memukul bola.

Ketika tim mendapatkan kesempatan memukul bola, giliran pitcher  memukul bola bisa digantikan designated hitter. Biasanya seorang pelatih akan menunjuk pemain yang memiliki kemampuan memukul bola yang bagus untuk dijadikan designated hitter.

Perlu diketahui bahwa designated hitter hanya bermain ketika tim mendapatkan giliran memukul bola. Sedangkan, ketika tim mendapatkan giliran bertahan, designated hitter tidak akan bermain di atas lapangan. Contoh pemain seperti ini di antaranya Giancarlo Stanton, JD Martinez, dan Nelson Cruz.

Dengan memahami tugas masing-masing posisi pemain bisbol, menonton pertandingan bisbol akan terasa lebih menyenangkan. Selamat menikmati pertandingan bisbol!

Baca Juga: 10 Potret Corey Seager, Shortstop Texas Rangers di MLB

Rizki Photo Verified Writer Rizki

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya