Klasemen MotoGP usai Kemenangan Jack Miller di Motegi, Viva Miller!

Fabio Quartararo menjauh dari kejaran Francesco Bagnaia

Untuk pertama kalinya musim ini, Jack Miller meraih kemenangan. Raihan itu ia torehkan pada balapan ke-16 MotoGP di Sirkuit Motegi, Jepang, pada Minggu (25/9/2022) siang WIB. Sementara itu, tempat kedua dan ketiga menjadi milik Brad Binder dan Jorge Martin.

Tak ada nama empat pembalap yang bersaing dalam perebutan gelar juara dunia di atas podium, yakni Fabio Quartararo, Francesco Bagnaia, Aleix Espargaro, dan Enea Bastianini. Kemenangan Jack Miller di Motegi tak mengubah peta persaingan perebutan gelar juara dunia yang tertuju pada empat nama tersebut. Berikut torehan poin terbaru usai GP Motegi, simak terus, yuk!

1. Fabio Quartararo (219 poin) 

Klasemen MotoGP usai Kemenangan Jack Miller di Motegi, Viva Miller!Fabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Mengawali balapan dari urutan kesembilan di Sirkuit Motegi, Jepang, tentu bukan perkara mudah. Pemuncak klasemen ini tak mampu berbicara banyak dan hanya bisa finis di urutan kedelapan.

Dengan hasil tersebut ia hanya membawa 8 poin. Meskipun demikian, ia masih memuncaki bercokol di urutan pertama dengan 219 poin.

2. Francesco Bagnaia (201 poin) 

Klasemen MotoGP usai Kemenangan Jack Miller di Motegi, Viva Miller!Francesco Bagnaia (instagram.com/pecco63)

Francesco Bagnaia adalah pesaing terkuat Fabio Quartararo dalam perebutan gelar juara dunia. Bagaimana tidak, pada paruh musim kedua, pembalap berkebangsaan Italia ini tampil begitu memukau dengan meraih 3 kemenangan dan 1 podium kedua.

Nahas baginya, pada gelaran MotoGP di Sirkuit Motegi, Bagnaia pulang tanpa poin satu pun. Pembalap yang memulai balapan dari urutan kesebelas ini mengalami insiden front end pada lap terakhir.

Meskipun begitu, kesempatannya masih terbuka lebar dalam perebutan gelar juara dunia. Meski tak mendulang poin, pembalap yang akrab disapa Pecco ini masih bercokol di urutan kedua dengan 201 poin.

Baca Juga: Fabio Quartararo Kurang Puas Finis Ke-8 pada MotoGP Jepang

3. Aleix Espargaro (194 poin) 

Klasemen MotoGP usai Kemenangan Jack Miller di Motegi, Viva Miller!Aleix Espargaro (instagram.com/aprilia)

Semua mata tertuju pada Aleix Espargaro usai sesi warm up menjelang start balapan. Ia masuk ke dalam garasi untuk mengganti motornya yang tak berkerja maksimal karena kesalahan perangkat elektronik.

Padahal, ia jadi pembalap terdepan di antara empat pesaing perebutan gelar juara dunia. Dengan keputusan tersebut, mau tak mau, ia melakukan start dari dalam garasi dan mengawali balapan dari urutan paling buncit. 

Saat membalap, ia pun tak bisa berbicara banyak karena hanya mampu finis di urutan ke-16. Meskipun pulang tanpa poin, Aleix masih punya kesempatan karena selisihnya dengan Fabio Quartararo hanya 25 poin.

4. Enea Bastianini (170 poin) 

Klasemen MotoGP usai Kemenangan Jack Miller di Motegi, Viva Miller!Enea Bastianini (instagram.com/bestia23)

Berbekal kemenangan di Sirkuit Aragon, Spanyol (18/9/2022), Enea Bastianini berharap bisa kembali naik ke atas podium di Sirkuit Motegi, Jepang. Sayangnya, ia pun tak mampu berbicara banyak karena hanya berhasil finis di belakang Fabio Quartararo, yaitu urutan kesembilan.

Meskipun begitu, torehan tersebut berhasil memangkas selisih poinnya dengan Francesco Bagnaia dan Aleix Espargaro yang tak mendulang poin di Sirkuit Motegi. Ia hanya terpaut 24 poin dari Aleix Espargaro dan 31 poin dari Francesco Bagnaia.

5. Jack Miller (159 poin) 

Tak dimungkiri bahwa pada gelaran GP Motegi, Jack Miller tampil begitu dominan sejak memimpin balapan pada lap ketiga. Ia tak mendapat perlawanan berarti dari pembalap di belakangnya. 

Ia terus menjauh dari kejaran hingga bisa meninggalkan Brad Binder dan Jorge Martin dengan selisih waktu 3,409 detik. Catatan tersebut membuktikan bahwa ia tampil begitu impresif di sana.

Meskipun demikian, posisinya dalam tabel klasemen tetap tak berubah. Ia berada di posisi kelima dengan 159 poin. Dengan torehan ini, sulit baginya untuk tetap bersaing dalam perebutan gelar juara dunia.

 

Perebutan gelar juara dunia MotoGP 2022 masih terbuka lebar. Kemenangan Jack Miller di Sirkuit Motegi, tak menutupi fakta bahwa empat nama pertama merupakan pesaing terkuat dalam perebutan gelar juara dunia pembalap. Namun, satu hal yang pasti, Miller tampil begitu impresif. Viva Miller!

Berikut adalah klasemen lengkap pembalap pasca-GP Jepang.

  1. Fabio Quartararo: 219 poin
  2. Francesco Bagnaia: 201 poin
  3. Aleix Espargaro: 194 poin
  4. Enea Bastianini: 170 poin
  5. Jack Miller: 159 poin
  6. Brad Binder: 148 poin
  7. Johann Zarco: 138 poin
  8. Jorge Martin: 120 poin
  9. Maverick Vinales: 113 poin
  10. Alex Rins: 108 poin
  11. Miguel Oliveira: 106 poin
  12. Luca Marini: 101 poin
  13. Marco Bezzecchi: 80 poin
  14. Joan Mir: 77 poin
  15. Marc Marquez: 73 poin.

Baca Juga: MotoGP Jepang: Marquez Gagal Podium, Jack Miller Berjaya

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya