Marc Marquez Sempat Kehilangan Motivasi Akibat Insiden di GP Indonesia

Diplopia membuatnya takut 

Juara dunia enam kali, Marc Marquez, mengaku sempat kehilangan motivasi akibat kecelakaan keras yang dialaminya saat sesi pemanasan GP Indonesia. Tim medis MotoGP dan tim Repsol Honda membuat keputusan menarik The Baby Alien dari balapan di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Selepas insiden itu, Marquez segera diterbangkan pulang ke Spanyol. Saat di pesawat, ia mulai merasakan gangguan pada penglihatannya. Marquez pun terpaksa beristirahat sementara waktu.

Meski begitu, sang pembalap telah diizinkan mengikuti seri keempat di Circuit of the Americas (COTA) pada akhir pekan ini di Austin, Texas, Amerika Serikat. Seperti apa kondisinya?

1. Momen buruk di Indonesia 

Pembalap utama Repsol Honda mengalami serangkaian kecelakaan di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Sejak sesi latihan bebas, Marc Marquez terhitung mengalami empat kali kecelakaan.

Kecelakaan pertama terjadi saat latihan bebas. Kemudian, pada sesi kualifikasi, ia mengalami kecelakaan beruntun yang membuatnya harus start dari grid ke-14.

Terakhir, Marc Marquez mengalami kecelakaan tunggal saat berada di tikungan ke-7 saat pemanasan. Ia terpelanting dan menghantam tanah dengan sangat keras. Kecelakaan itu membuatnya dilarikan ke rumah sakit terdekat.

2. Tidak memiliki motivasi untuk terbang ke Argentina

Marc Marquez Sempat Kehilangan Motivasi Akibat Insiden di GP IndonesiaMarc Marquez (instagram.com/marcmarquez93)

Dr Sanchez Dalmau merupakan dokter yang menangani Marc Marquez di Spanyol. Berdasarkan hasil pemeriksaan, The Baby Alien kembali mengalami penglihatan ganda (diplopia).

Kondisi itu membuat Marquez berada di titik terendah selama kariernya. Menatap seri ketiga di Argentina, ia tidak mau terburu-buru untuk turun ke lintasan.

Marquez memilih untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ketimbang langsung terbang ke Argentina. Hasil diskusi itu diakhiri dengan kesimpulan bahwa Marc Marquez melewatkan GP Argentina.

“GP Indonesia sangat berat. Namun, minggu berikutnya menjadi lebih berat. Saya tidak punya motivasi untuk terbang ke Argentina” ujar Marquez dikutip Speedweek.

Baca Juga: Penglihatan Marc Marquez Teganggu Lagi Akibat Diplopia Baru

3. Marc Marquez fokus dengan program pemulihan

Marc Marquez Sempat Kehilangan Motivasi Akibat Insiden di GP IndonesiaMarc Marquez (instagram.com/marcmarquez93)

Ketimbang cedera yang dialami tahun lalu, kondisi Marc Marquez memang lebih baik. Ia hanya membutuhkan waktu 2 minggu untuk kembali ke GP Amerika.

Selama masa pemulihan, ia menjalani berbagai program latihan. Program tersebut meliputi latihan koordinasi dan fisik. Program diakhiri dengan latihan menggunakan sepeda motor CBR 600RR. Berdasarkan hasil pemeriksaan rutin dan program pemulihan itu, Marc Marquez mendapat izin terbang ke Amerika.

4. Risiko kambuhnya diplopia

Marc Marquez Sempat Kehilangan Motivasi Akibat Insiden di GP IndonesiaMarc Marquez (instagram.com/marcmarquez93)

Tahun lalu, Marc Marquez mengalami insiden kecelakaan saat sesi latihan. Hal itu membuatnya harus absen pada 2 seri terakhir MotoGP 2021.

Masalah penglihatan Marquez sendiri telah dialami sejak 2011. Pada 6 bulan terakhir, ia 2 kali mengalami masalah penglihatan. Risiko kambuhnya kondisi ini sangat besar bila kembali terjadi kecelakaan keras di GP Amerika.

5. Marc Marquez sudah mengetahui seluk beluk Circuit of The Americas (COTA)

Marc Marquez Sempat Kehilangan Motivasi Akibat Insiden di GP IndonesiaMotoGP Austin 2021 (instagram.com/hrc_motogp)

Marc Marquez memiliki rekam jejak positif di COTA. Dari 8 balapan di sirkuit itu, The Baby Alien tercatat 7 kali keluar sebagai juara. Itulah mengapa ia dijuluki The King of COTA.

Pada sesi wawancara agenda MotoGP, Marc Marquez tidak menjawab dengan tegas apakah ini adalah balapan comeback. Target utama pembalap Spanyol itu hanya fokus pada membangun kepercayaan diri di atas lintasan.

Seri keempat MotoGP akan dimulai pada 8—10 April 2022. Dihadapkan dengan kondisinya saat ini, menurut kamu, mampukah Marquez memperlihatkan manuver terbaiknya sebelum berdiri di atas podium COTA?

Baca Juga: 10 Foto Editan Marc Marquez Selfie Jalan-jalan di Indonesia, Kocak!

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya