Takaaki Nakagami Berdamai dengan Francesco Bagnaia dan Alex Rins

Insiden kecelakaan akan tetap dibahas komisi keamanan MotoGP

Bagi Takaaki Nakagami, Alex Rins, dan Francesco Bagnaia, balapan MotoGP di Sirkuit Catalunya, Spanyol (5/6/2022) lalu, ialah satu momen buruk mereka musim 2022. Kala itu ketiga pembalap tidak meraup poin lantaran mengalami Insiden kecelakaan di tikungan pertama Sirkuit Catalunya.

Akibat kecelakaan tersebut, Takaaki Nakagami mengalami cedera di bahu kanan. Sementara itu, Alex Rins juga mengalami cedera di pergelangan tangan kirinya dan harus menjalani program pemulihan. 

Francesco Bagnaia dan Alex Rins sempat dongkol kepada Takaaki Nakagami. Namun, dikabarkan jika kini mereka bertiga telah berdamai.

1. Takaaki Nakagami mengakui kesalahannya 

Takaaki Nakagami Berdamai dengan Francesco Bagnaia dan Alex RinsTakaaki Nakagami, Alex Rins, dan Francesco Bagnaia (instagram.com/motogp)

Usai insiden kecelakaan horor di Sirkuit Catalunya, Takaaki Nakagami dikritik oleh sejumlah pembalap MotoGP. Pembalap LCR Honda itu sebenarnya yakin jika ia tidak melakukan kesalahan titik pengereman. 

Menurutnya, kecelakaan itu terjadi karena efek slipstream di belakang Francesco Bagnaia. Itulah alasan mengapa dia tidak bisa mengerem dengan baik. Kendati demikian, Taka sadar bahwa kecelakaan itu adalah kesalahannya.

2. Lolos dari sanksi 

Takaaki Nakagami Berdamai dengan Francesco Bagnaia dan Alex RinsTakaaki Nakagami (instagram.com/takanakagami)

Alex Rins dan Francesco Bagnaia heran kenapa Takaaki Nakagami tidak diberi sanksi oleh stewards. Pembalap Jepang itu pun juga sudah mendengar jika dirinya tidak diberikan penalti usai kecelakaan horor GP Catalunya. Kendati begitu, Taka siap menerima konsekuensinya jika kemudian stewards mengubah keputusan itu. 

“Aku bersedia mengambil penalti. Itu kesalahanku dan aku merusak balapan dua pembalap (Alex Rins dan Francesco Bagnaia). Rins cedera dan aku sangat menyesal,” kata Taka dikutip dari Speedweek.

Baca Juga: Panel Steward MotoGP Beberkan Alasan Tak Menghukum Takaaki Nakagami

3. Takaaki Nakagami selamat karena helm

Takaaki Nakagami Berdamai dengan Francesco Bagnaia dan Alex RinsTakaaki Nakagami (instagram.com/takanakagami)

Bagi Takaaki Nakagami, kecelakaan itu sangat keras. Saat kecelakaan, kepalanya sempat membentur ban belakang Francesco Bagnaia hingga kaca helmnya pecah dan terlepas. Beruntungnya, ia tidak mengalami cedera serius.

“Aku melihat lagi kecelakaan itu. Aku berterima kasih kepada Arai. Tabrakan yang terjadi sangat buruk, tapi helmnya sangat membantu,” lanjut Taka dikutip Speedweek.

4. Takaaki Nakagami meminta maaf secara langsung kepada Alex Rins dan Francesco Bagnaia 

Usai kecelakaan, Takaaki Nakagami dibawa ke rumah sakit dan belum menyampaikan permintaan maaf secara langsung. Menjelang seri ke-10 MotoGP di Sirkuit Sachsenring, Jerman, Taka mendatangi Francesco Bagnaia dan Alex Rins untuk meminta maaf. 

Dalam tayangan video yang diunggah di akun Instagram MotoGP, Taka bertatap muka dengan Rins dan Pecco. Ia menyampaikan permintaan maaf akibat insiden kecelakaan di Sirkuit Catalunya. 

“Aku minta maaf dan menjelaskan bahwa kecelakaan itu sepenuhnya kesalahanku. Saat ini aku merasa lebih baik karena sudah meminta maaf secara langsung. Mereka menerima dan kami berjabat tangan,” kata Taka dikutip Speedweek.

5. Respon Francesco Bagnaia dan Alex Rins 

Takaaki Nakagami Berdamai dengan Francesco Bagnaia dan Alex RinsFrancesco Bagnaia dan Alex Rins (instagram.com/pecco63)

Kendati sudah menerima permintaan maaf dari Takaaki Nakagami secara personal, Francesco Bagnaia mengaku bahwa keputusan stewards tidak adil. Ia akan tetap mendiskusikan kecelakaan itu dalam agenda safety commission

Hal itu juga dirasakan oleh Alex Rins. Pembalap asal Spanyol tersebut juga tetap bakal mendiskusikan kejadian itu bersama safety commission. Menurutnya, hal itu sangat krusial dan perlu dilakukan untuk membuat atmosfer balapan jadi lebih aman. Kendati begitu, Rins mengaku senang mengetahui Taka berada dalam kondisi yang baik. 

Insiden kecelakaan saat memacu motor balap yang kencang tentu tidak bisa dihindari. Mereka pun sadar bahwa hal tersebut termasuk di dalam resiko profesi. Meski sempat bersitegang, kini ketiganya telah rekonsiliasi dan siap bersaing secara sehat di sisa kejuaran MotoGP 2022.

Baca Juga: Respons Insiden Takaaki Nakagami, Franco Morbidelli Colek Kapitalisme

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya