Tim MotoGP Makin Sedikit Membuat Isu Transfer Makin Liar

Isu transfer pembalap MotoGP bergerak liar

MotoGP 2022 baru berjalan enam seri, tetapi para manajer sudah melakukan negosiasi terkait perpanjangan kontrak pembalapnya. Kabar Suzuki Ecstar yang akan hengkang dari MotoGP membuat transfer pembalap makin panas. Apalagi dengan lowongnya Joan Mir dan Alex Rins.

Pembalap musim ini sendiri berjumlah 24. Mereka terbagi ke dalam dua belas tim yang bersaing di kelas utama.

Dari keseluruhan pembalap, hanya empat pembalap yang masih mempunyai kontrak. Mereka adalah Marc Marquez (Repsol Honda), Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), Brad Binder (Red Bull KTM Factory), dan Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha).

1. Honda 

Tim MotoGP Makin Sedikit Membuat Isu Transfer Makin LiarMarc Marquez dan Pol Espargaro (instagram.com/hrc_motogp)

Dari empat pembalap musim ini, Marc Marquez sudah dipastikan berseragam Honda musim depan. Nahas bagi Pol Espargaro, statusnya masih belum jelas. Joan Mir dikabarkan akan merapat ke Repsol Honda apabila kabar hengkangnya Suzuki Ecstar dari MotoGP menjadi kenyataan.

Untuk tim satelit LCR Honda, posisi Takaaki Nakagami juga menggantung. Kabarnya, Lucio Cecchinello akan menggantinya dengan Ai Ogura dari kelas Moto2.

Alex Marquez juga belum memperpanjang kontrak dengan LCR Honda. Cecchinello masih ingin melihat performa pembalap Spanyol itu dalam beberapa seri ke depan.

2. Ducati 

Tim MotoGP Makin Sedikit Membuat Isu Transfer Makin LiarDesmosedici GP22 milik Jack Miller (instagram.com/ducaticorse)

Tim pabrikan Ducati memiliki tiga tim satelit. Tim itu adalah Pramac Racing, Gresini Racing, dan Mooney VR46 Racing.

Tandem Francesco Bagnaia di skuad pabrikan masih abu-abu. Jorge Martin atau Enea Bastianini digadang-gadang akan menggeser posisi Jack Miller di tim pabrikan.

Johann Zarco harus mempertahankan performanya di Pramac Racing musim ini. Soalnya, umur pembalap Prancis itu sudah menginjak kepala tiga. Sementara itu, skuad Mooney VR46 Racing akan tetap diisi Luca Marini dan Marco Bezzecchi.

Baca Juga: 5 Pembalap Tim Satelit yang Pernah Memimpin Klasemen MotoGP

3. KTM 

Tim MotoGP Makin Sedikit Membuat Isu Transfer Makin LiarBrad Binder dan Miguel Oliviera (instagram.com/ktmfactoryracing)

Ketika pabrikan lain sibuk mencari opsi pembalap, KTM adalah tim yang tidak terlalu pusing. Tim pabrikan KTM masih terpukau oleh dua pembalapnya saat ini, Brad Binder dan Miguel Oliviera.

Kontrak Brad Binder akan berakhir musim depan. Sedangkan, Miguel Oliviera dalam status negosiasi.

Untuk tim satelit, KTM Tech3 masih percaya bahwa Remy Gardner dan Raul Fernandez akan tampil kompetitif, kendati masih dalam proses adaptasi dengan motor RC-16. Posisi Raul Fernandez bisa berubah, sebab Yamaha menyukai talenta pembalap Spanyol itu.

4. Aprilia 

Tim MotoGP Makin Sedikit Membuat Isu Transfer Makin LiarAleix Espargaro (instagram.com/aprilia)

Prestasi tim asal Noale ini sedang meroket menyusul dua kemenangan beruntun di Eropa dan juara pertama di GP Argentina. Hasil itu pun membuat tim Aprilia kehilangan statusnya sebagai tim konsesi musim depan.

Dua pembalap Aprilia, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, masih menegosiasi kontrak. Aleix Espargaro, pencatat sejarah baru di Aprilia, belakangan membicarakan nominal kontrak.

Di sisi lain, Maverick Vinales dibayangi Alex Rins dan Tony Arbolino dari Moto2. Sejauh ini, Vinales belum memperlihatkan perkembangan signifikan bersama RS-GP.

5. Yamaha 

Tim MotoGP Makin Sedikit Membuat Isu Transfer Makin LiarFranco Morbidelli, Lin Jarvis, dan Fabio Quartararo (instagram.com/yamahamotogp)

Status Fabio Quartararo masih belum jelas. Lin Jarvis dan Eric Mahe melakukan negosiasi ulang beberapa waktu lalu. Yamaha belum mendapat tanda tangan juara dunia MotoGP 2021 itu. Bila kontrak rampung, Fabio Quartararo akan tetap bertandem dengan Franco Morbidelli di tim pabrikan Yamaha.

Kondisi mengkhawatirkan justru terjadi di tim satelit WithU Yamaha RNF. Selain kedua pembalapnya masih kesulitan dengan YZR-M1, status kontrak tim besutan Razlan Razali sebagai tim satelit Yamaha juga belum jelas.

Andrea Dovizioso dikabarkan akan pensiun musim depan. Sedangkan, Darryn Binder masih menunggu opsi perpanjangan. Celestino Vietti dan Raul Fernandez masuk daftar pembalap pengganti di tim WithU Yamaha RNF.

Kendati belum dapat dipastikan, kabar Suzuki Ecstar cabut dari MotoGP kian membuat bursa transfer pembalap makin liar. Berkurangnya tim di kelas utama musim depan akan membuat para pembalap harus memperlihatkan performa terbaik pada tiap seri musim ini.

Baca Juga: Ducati Lenovo Tak Akan Terima Pembalap dari Tim Pabrikan MotoGP Lain

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya