Daftar 5 Atlet Indonesia Terakhir Peraih Medali Kejuaraan Asia

Tunggal putra pecah telur!

Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023 resmi berakhir pada, Minggu (30/4/2023). Tim Indonesia sukses membawa pulang satu medali emas dan satu medali perunggu dari turnamen yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab tersebut.

Satu-satunya gelar berhasil dipersembahkan oleh tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Sementara medali perunggu diraih dari sektor ganda campuran melalui Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Selain dua sektor tersebut, sektor lainnya masih belum mengalami perubahan. Berikut daftar lengkap pebulu tangkis Indonesia peraih medali terakhir Kejuaraan Bulu Tangkis Asia dari masing-masing sektor.

1. Tunggal putra: Anthony Sinisuka Ginting (2023) (emas)

Daftar 5 Atlet Indonesia Terakhir Peraih Medali Kejuaraan AsiaAnthony Sinisuka Ginting (pbsi.id)

Indonesia sudah lama puasa gelar juara Asia di sektor tunggal putra. Terakhir, ada nama Taufik Hidayat yang meraih gelar Kejuaraan Asia pada tahun 2007. Tahun lalu, Indonesia juga meloloskan satu wakilnya di babak final, sayangnya Jonatan Christie harus puas dengan medali perak.

Anthony Sinisuka Ginting sukses mengandaskan impian tunggal putra Singapore, Loh Kean Yew untuk meraih gelar Kejuaraan Asia 2023. Ginting menang dua set langsung 21-12 dan 21-8 dalam durasi 28 menit.

Baca Juga: 10 Perubahan Peringkat Tunggal Putra Dunia setelah Kejuaraan Asia 2023

2. Tunggal putri: Silvi Antarini (2003) (perak)

Daftar 5 Atlet Indonesia Terakhir Peraih Medali Kejuaraan AsiaIlustrasi bulu tangkis (pexels.com/Saif71.com)

Dari sektor tunggal putri, Silvi Antarini masih menjadi yang terbaik dengan medali peraknya pada Kejuaraan Asia 2003. Silvi harus mengakui keunggulan tunggal putri Hong Kong, Wang Chen saat bertanding di rumah sendiri.

Sementara itu, dari tiga tunggal putri Indonesia yang bertanding pada Kejuaraan Asia 2023 ini, tidak ada yang mampu meraih medali. Prestasi terbaik diberikan oleh Gregoria Mariska Tunjung yang harus terhenti di babak delapan besar.

3. Ganda putra: Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (2022) (emas)

Daftar 5 Atlet Indonesia Terakhir Peraih Medali Kejuaraan AsiaPramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (instagram.com/badminton.ina)

Sektor ganda putra memang selalu menjadi andalan untuk bisa meraih gelar di setiap turnamen. Sayangnya, di Kejuaraan Asia 2023 tidak ada satu pun ganda putra Indonesia yang mampu meraih medali.

Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan masih menjadi ganda putra terakhir yang sukses meraih medali. Pram/Yere mampu meraih medali emas pada Kejuaraan Asia 2022 lalu.

4. Ganda putri: Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta (2019) (perunggu)

Daftar 5 Atlet Indonesia Terakhir Peraih Medali Kejuaraan AsiaDella Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta (djarumbadminton.com)

Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta masih menjadi ganda putri Indonesia terakhir yang berhasil meraih medali. Della/Rizki harus puas dengan medali perunggu pada Kejuaraan Asia 2019.

Tahun 2023 ini Indonesia mengirimkan tiga ganda putri. Sayangnya masih belum ada yang berhasil meraih medali. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menjadi ganda putri yang melaju paling jauh di babak delapan besar Kejuaraan Asia 2023.

5. Ganda campuran: Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (2023) (perunggu)

Daftar 5 Atlet Indonesia Terakhir Peraih Medali Kejuaraan AsiaDejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (instagram.com/ge_widjaja)

Meski bukan pasangan unggulan, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja mampu melaju ke babak empat besar pada Kejuaraan Asia 2023. Sayangnya, pasangan ganda campuran andalan Indonesia ini harus takluk atas pasangan China, Jiang Zen Bang/Wei Ya Xin.

Sebelumnya juga ada pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang harus puas dengan medali perunggu pada Kejuaraan Asia 2022. Sementara itu, peraih medali emas terakhir dari sektor ganda campuran masih dipegang oleh Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir pada tahun 2015.

Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023 ini setara dengan turnamen BWF super 1000. Dengan hasil ini, Anthony Ginting semakin kokoh menjadi tunggal putra terbaik Indonesia saat ini, sedangkan Dejan/Gloria mengalami kenaikan peringkat yang cukup drastis.

Baca Juga: 9 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat usai Kejuaraan Asia 2023

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya