Daftar Juara Bertahan Korea Open 2023, Didominasi Tuan Rumah!

Mampukah mempertahankan gelar?

Korea Open 2023 resmi bergulir hari ini, Selasa (18/7/2023). Salah satu rangkaian BWF super 500 tersebut digelar di Jinnam Stadium, Yeosu, Korea Selatan hingga Minggu mendatang.

Tahun lalu, Korea sebagai tuan rumah sangat mendominasi babak final dengan empat wakil. Tiga di antaranya berbuah gelar. Namun, satu harus puas menjadi runner-up. Didominasi tuan rumah, berikut daftar juara bertahan Korea Open.

1. Weng Hong Yang (China) menjadi juara tunggal putra

Daftar Juara Bertahan Korea Open 2023, Didominasi Tuan Rumah!Weng Hong Yang (twitter.com/Badminton_Asia)

Dari sektor tunggal putra, Weng Hong Yang keluar sebagai juara Korea Open 2022. Wakil China ini merupakan pemain nonunggulan yang sukses menjadi juara pada turnamen BWF super 500 tersebut. Weng berhadapan dengan tunggal putra andalan Indonesia di partai final. Ia mengalahkan Jonatan Christie, yang kala itu berstatus sebagai pemain unggulan ketiga, melalui pertarungan tiga set dengan skor yang cukup ketat.

Pertarungan ini juga berlangsung dengan durasi yang cukup lama, yaitu 1 jam 17 menit. Sayangnya, untuk tahun ini, Weng Hong Yang harus absen dari Korea Open 2023. Ia tidak bisa mempertahankan gelar.

2. An Se Young (Korea) jadi yang terbaik di sektor tunggal putri

Daftar Juara Bertahan Korea Open 2023, Didominasi Tuan Rumah!An Se Young (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Korea Selatan, berhasil meraih gelar pertama melalui An Se Young. Tunggal putri terbaik tuan rumah ini sukses menaklukkan wakil Thailand, Pornpawee Chochuwong, pada laga final. An menang dua set langsung dengan durasi 52 menit.

An Se Young berpeluang mempertahankan gelar juara Korea Open tahun ini. Sama seperti tahun lalu, tunggal putri andalan Korea ini juga menempati unggulan kedua. An akan memulai laga perdana dengan melawan wakil Belgia, Lianne Tan.

Baca Juga: Skuad Indonesia di Korea Open 2023, Tanpa Wakil Ganda Putri!

3. Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Korea) menguasai ganda putra

Daftar Juara Bertahan Korea Open 2023, Didominasi Tuan Rumah!Seo Seung Jae/Kang Min Hyuk (instagram.com/seungjae_seo)

Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae, ganda putra nonunggulan, juga sukses meraih gelar Korea Open 2023. Ganda putra asal Korea Selatan tersebut berhasil menaklukkan pasangan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, pada laga final. Pertandingan berlangsung ketat dengan 3 set yang berdurasi 1 jam 3 menit.

Kang/Seo dipastikan kembali berlaga di Korea Open. Mereka akan bertanding pada hari ini melawan pasangan Malaysia, Man Wei Chong/Kai Wun Tee. Sebelumnya, pasangan andalan tuan rumah mengantongi satu kemenangan atas pasangan Malaysia tersebut.

4. Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (Korea) memenangi pertarungan di sektor ganda putri

Daftar Juara Bertahan Korea Open 2023, Didominasi Tuan Rumah!Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Ganda putri Korea Selatan berhasil mempersembahkan gelar juara. Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong, yang diunggulkan di posisi ketujuh kala itu, sukses meraih gelar juara BWF super 500. Jeong/Kim menang atas pasangan Thailand, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard, dua set langsung pada laga final.

Tahun ini, Jeong/Kim berpeluang mempertahankan gelar juara Korea Open. Ganda putri andalan ini dipastikan berlaga pada turnamen BWF super 500 tersebut. Jeong/Kim akan melawan pasangan Taiwan, Hu Ling Fang/Lin Xiao Min, pada laga perdana Korea Open 2023.

5. Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia) nomor satu di ganda campuran

Daftar Juara Bertahan Korea Open 2023, Didominasi Tuan Rumah!Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (bwfbadminton.com)

Dari sektor ganda campuran, tuan rumah harus puas dengan gelar runner-up. Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, yang merupakan pasangan unggulan kedua asal Malaysia, sukses mengalahkan Korea Selatan dengan menjadi juara Korea Open 2022. Tan/Lai menang atas Ko Sung Hyun/Eom Hye Won.

Pasangan Malaysia ini juga kembali turun pada Korea Open tahun ini. Mereka berpeluang mempertahankan gelar. Tan/Lai akan berhadapan dengan pasangan Jepang, Yukii Kaneko/Misaki Matsutomo, pada laga perdana.

Keempat juara bertahan berpeluang kembali menjadi juara di Korea Open 2023. Hanya sektor tunggal putra yang dipastikan mempunyai juara baru untuk turnamen BWF super 500 ini. Kira-kira siapa, ya?

Baca Juga: 3 Lawan Indonesia pada Babak Pertama Korea Open 2023, Waspada!

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya