5 Deretan Rekor Ahsan/Hendra di Kejuaraan Dunia BWF, Jadi Runner-up

Keduanya termasuk legend of badminton

Kejuaraan Dunia BWF 2022 sudah selesai. Indonesia dipastikan tanpa gelar juara dunia tahun ini. Satu-satunya wakil dari sektor ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan harus mengakui keunggulan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Sih Wooi Yik. 

Ahsan/Hendra kalah dua set langsung dengan skor 19-21 dan 14-21 pada laga final Kejuaraan Dunia BWF 2022. Meski hanya menjadi runner-up, Ahsan/Hendra sudah menorehkan sederet rekor di Kejuaraan Dunia ini.

1. Ganda putra tertua yang raih gelar juara dunia

5 Deretan Rekor Ahsan/Hendra di Kejuaraan Dunia BWF, Jadi Runner-upHendra Setiawan (instagram.com/hendrasansan)

Hendra Setiawan mencatatkan namanya menjadi juara dunia bulu tangkis tertua dari sektor ganda putra. Pada 2019, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sukses melaju ke babak final Kejuaraan Dunia BWF pada usia Hendra yang genap 35 tahun.

Laga final Kejuaraan Dunia BWF 2019 ini mempertemukan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Ahsan/Hendra menang melalui pertarungan tiga set dengan skor 25-23, 9-21, dan 21-15.

2. Tembus laga final sebanyak empat kali

5 Deretan Rekor Ahsan/Hendra di Kejuaraan Dunia BWF, Jadi Runner-upMohammad Ahsan/Hendra Setiawan (instagram.com/king.chayra)

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi ganda putra pertama yang paling banyak menembus laga final Kejuaraan Dunia BWF. Ahsan/Hendra tembus laga final sebanyak empat kali.

Rekor yang sama juga ditorehkan ganda putra China, Cai Yun/Fu Haifeng, yang berhasil meraih tiga kali juara dunia secara beruntun. Sayanya, ganda putra China tersebut sudah tidak aktif lagi di dunia tepok bulu ini.

Baca Juga: Chia/Soh Bekuk Hendra/Ahsan, Malaysia Ukir Sejarah

3. Punya koleksi medali Kejuaraan Dunia BWF paling lengkap

5 Deretan Rekor Ahsan/Hendra di Kejuaraan Dunia BWF, Jadi Runner-upMohammad Ahsan/Hendra Setiawan (instagram.com/king.chayra)

Menjadi runner-up pada Kejuaraan Dunia BWF 2022 membuat Ahsan/Hendra sukses melengkapi medali mereka. Meski sempat dipisah, Ahsan/Hendra sama-sama mengoleksi tiga medali berbeda di Kejuaraan Dunia BWF.

Hendra Setiawan meraih 4 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Sedangkan, Mohammad Ahsan sukses mengoleksi 3 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu.

Satu medali emas Hendra didapat saat berpasangan dengan Markis Kido pada 2007. Sedangkan, satu medali perak Ahsan diraih saat berpasangan dengan Rian Agung Saputro pada 2017.

4. Ganda putra tertua yang paling konsisten

5 Deretan Rekor Ahsan/Hendra di Kejuaraan Dunia BWF, Jadi Runner-upMohammad Ahsan/Hendra Setiawan (instagram.com/king.chayra)

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dipasangkan sejak 2012. Keduanya juga sempat menduduki peringkat satu dunia BWF. Sayangnya, saat gagal meraih medali di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, keduanya memilih berpisah.

Hingga pada awal 2018, Ahsan/Hendra kembali menjadi pasangan. Mereka juga terjun sebagai pemain profesional. Sejak saat itu, Ahsan/Hendra berhasil menjadi juara dunia 2019 dan sampai saat ini menduduki peringkat tiga teratas BWF.

Hendra Setiawan baru saja merayakan hari jadinya yang ke-38 tahun pada 25 Agustus 2022 lalu. Sedangkan, Mohammad Ahsan akan menginjak usia 35 tahun pada 7 September mendatang.

5. Kekalahan pertama pada final Kejuaraan Dunia 2022

5 Deretan Rekor Ahsan/Hendra di Kejuaraan Dunia BWF, Jadi Runner-upMohammad Ahsan/Hendra Setiawan (instagram.com/hendrasansan)

Sejak berhasil menembus laga final Kejuaraan Dunia 2013, Ahsan/Hendra tidak pernah gagal dan sukses memberikan medali emas untuk Indonesia di ajang tahunan ini.

Sayangnya, pada 2022 ini, Ahsan/Hendra hanya mampu mempersembahkan medali perak. Ini juga menjadi kekalahan pertama Ahsan/Hendra pada laga final Kejuaraan Dunia BWF setelah selalu juara pada 2017 dan 2019.

Meski demikian, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan tetap menjadi ganda putra dunia yang paling sukses di Kejuaraan Dunia BWF. Sementara itu, dengan hasil ini, Aaron Chia/Soh Wooi Yik juga mencatat rekor sebagai pemain Malaysia pertama yang berhasil meraih gelar juara dunia.

Baca Juga: Runner Up Kejuaraan Dunia, Hendra/Ahsan Tetap Torehkan Rekor

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya