Fajar/Rian Menang, Indonesia Hadapi China di Final Thomas Cup 2020

Tim Merah Putih menaklukkan Denmark dengan skor 3-1!

Pertandingan sengit terjadi pada laga  semifinal Piala Thomas 2020 kala tim Indonesia bertemu dengan tim tuan rumah, Denmark. Laga ini berlangsung di Aarhus, Denmark, pada Sabtu (16/10/2021).

Indonesia sukses membekuk tuan rumah dengan skor 3-1. Kemenangan ini diraih setelah ganda putra andalan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, yang bermain di partai keempat berhasil menang dengan skor 21-14 21-14.

Dengan hasil ini, tim Thomas Indonesia akan menghadapi tim China yang juga menang dengan skor 3-1 atas tim Jepang di laga semifinal lain.

1. Sukses membalas kekalahan di Piala Thomas 2016

Fajar/Rian Menang, Indonesia Hadapi China di Final Thomas Cup 2020Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/bwf.official)

Tim Thomas Indonesia berhadapan dengan tuan rumah, Denmark, pada laga semifinal Piala Thomas 2020. Ini merupakan duel yang ke-14 bagi kedua tim dan skuad Merah Putih unggul dengan 11 kali kemenangan.

Meskipun demikian, tim Indonesia kalah di pertemuan terakhir saat menghadapi tim Denmark. Pertandingan itu terjadi pada partai final Piala Thomas 2016. Pertandingan yang kala itu berlangsung di Kunshan, China, itu harus bermain hingga partai kelima dan tim Merah Putih kalah dengan skor 3-2.

Kemenangan tim Indonesia ini tentu menjadi kabar baik karena berhasil membalas kekalahan dalam dua kali edisi terakhir Piala Thomas. Sementara itu, bagi Denmark, ini juga hal yang tidak akan terlupakan karena harus kalah di rumah sendiri.

2. Jonatan Christie menjadi kunci

Fajar/Rian Menang, Indonesia Hadapi China di Final Thomas Cup 2020Tinggal putra Indonesia, Jonatan Christie (instagram.com/bwf.official)

Denmark memang mempunyai kekuatan di tunggal putra. Setelah Anthony Sinisuka Ginting tunduk atas tunggal putra pertama Denmark, Viktor Axelsen, tim Indonesia tertinggal sementara dengan skor 0-1 atas tim tuan rumah. Untungnya, Marcus/Kevin sukses menyamakan kedudukan untuk tim Indonesia.

Jonatan Christie yang bermain di partai ketiga ini menjadi kunci bagi keunggulan tim Indonesia. Meskipun di atas kertas Anders Antonsen lebih diunggulkan, Jonatan mampu mematahkan semangat tunggal putra kedua Denmark tersebut.

Jonatan tampil dengan sangat baik di set penentuan. Meski sempat tertinggal di awal set ketiga, Jonatan mampu membalikkan keadaan di akhir set dan menang dengan skor 21-16. Kemenangan Jonatan ini menjadi kunci utama dari kemenangan Indonesia karena memang tim merah putih harus mencuri satu poin dari tunggal putra untuk bisa menang.

Baca Juga: 5 Perjalanan Karier dan Hobi Jonatan Christie, Pernah Main Film

3. Hasil lengkap Indonesia vs Denmark

Fajar/Rian Menang, Indonesia Hadapi China di Final Thomas Cup 2020Anthony Sinisuka Ginting di Piala Sudirman 2021 (instagram.com/badminton.ina)

Berikut hasil lengkap babak semifinal Piala Thomas 2020 antara Indonesia melawan Denmark:

Tunggal putra I:

  • Anthony Sinisuka Ginting vs. Viktor Axelsen
    9-21 15-21

Ganda putra I:

  • Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs. Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen
    21-13 10-21 21-15

Tunggal putra II:

  • Jonatan Christie vs. Anders Antonsen
    25-23 15-21 21-16

Ganda putra II:

  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs. Mathias Christiansen/Frederik Sogaard
    21-14 21-14

4. Hasil semifinal lainnya

Fajar/Rian Menang, Indonesia Hadapi China di Final Thomas Cup 2020Tunggal putra Tiongkok, Shi Yu Qi (instagram.com/bwf.official)

Sementara itu, hasil di semifinal lain antara China melawan Jepang berhasil dimenangkan oleh China juga dengan skor 3-1. Berikut hasil lengkap antara China melawan Jepang:

Tunggal putra I:

  • Shi Yu Qi vs. Kento Momota
    20-22 5-20 retired

Ganda putra I:

  • He Ji Ting/Zhou Hao Dong vs. Takuro Hoki/Yuta Watanabe
    21-17 7-21 21-16

Tunggal putra II:

  • Li Shi Feng vs. Kanta Tsuneyama
    21-17 21-15

Ganda putra II:

  • Liu Cheng/Wang Yilyu vs. Akira Koga/Taichi Saito
    21-11 22-20

5. Indonesia melawan China di final

Fajar/Rian Menang, Indonesia Hadapi China di Final Thomas Cup 2020Ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (instagram.com/bwf.official)

Dengan hasil semifinal yang sudah berlangsung, tim Indonesia akan menghadapi tim China pada laga final Piala Thomas 2020 yang digelar di Aarhus, Denmark. Pertandingan babak final ini akan dimulai pada Minggu (17/10/2021) pukul 18.00 WIB. Ini merupakan pertemuan keenam bagi kedua tim.

Meskipun tim Indonesia diunggulkan di posisi pertama, tetap harus waspada terhadap China yang sudah mengalahkan unggulan kedua, Jepang. Semoga tim Indonesia tetap bisa bermain dengan baik, ya!

Baca Juga: Merah-Putih Indonesia Tak Akan Berkibar di Piala Thomas 2020

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya