Menilik Prestasi Ganda Putra Indonesia pada Awal 2023, Sudah 3 Gelar!

The Babbies back-to-back juara

Pebulu tangkis Indonesia meraih hasil cukup baik pada awal 2023 ini. Dari 4 turnamen yang sudah berlangsung pada Januari lalu, Indonesia berhasil meraih 4 gelar. Sayangnya, Indonesia gagal meraih gelar di India Open 2023.

Dari 4 gelar tersebut, 3 di antaranya diraih ganda putra Indonesia. Sejauh ini, ganda putra menyumbang gelar paling banyak pada awal tahun.

Yuk, intip prestasi ganda putra Indonesia pada awal 2023!.

1. Fajar/Rian buktikan kualitas di Malaysia Open

Menilik Prestasi Ganda Putra Indonesia pada Awal 2023, Sudah 3 Gelar!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Malaysia Open 2023 menjadi turnamen pembuka tahun ini. Rangkaian turnamen BWF super 1000 tersebut merupakan turnamen pertama Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sebagai pasangan nomor satu dunia.

Menariknya, semua juara Malaysia Open 2023 merupakan yang terbaik di dunia. Mereka sedang menduduki peringkat satu dunia BWF. Fajar/Rian menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang sukses meraih gelar super 1000 tersebut.

2. Gagal di India Open

Menilik Prestasi Ganda Putra Indonesia pada Awal 2023, Sudah 3 Gelar!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Sayangnya, pada minggu berikutnya, Fajar/Rian harus gagal di India Open 2023. Langkah ganda putra terbaik dunia ini terhenti pada semifinal turnamen super 750 ini.

Fajar/Rian harus mengakui keunggulan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, melalui pertarungan tiga set. Mereka menjadi satu-satunya ganda putra Indonesia yang berhasil melaju ke semifinal di India Open 2023.

3. Leo/Daniel back-to-back juara

Menilik Prestasi Ganda Putra Indonesia pada Awal 2023, Sudah 3 Gelar!Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (instagram.com/badminton.ina)

Menduduki peringkat satu dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tentu menjadi andalan di tiap turnamen yang diikutinya. Sayangnya, performa Fajar/Rian belum konsisten meski menjadi ganda putra terbaik dunia saat ini.

Untungnya, Fajar/Rian bukan satu-satunya ganda putra yang dimiliki Indonesia. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin sukses back-to-back juara dalam dua turnamen ketika kompatriotnya tumbang. Mereka jaura di Indonesia Masters dan Thailand Masters.

4. Ada 5 pasang ganda putra di 20 besar

Menilik Prestasi Ganda Putra Indonesia pada Awal 2023, Sudah 3 Gelar!Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (instagram.com/kevin_sanjaya)

Ganda putra Indonesia memang mendominasi peringkat dunia BWF. Sebanyak lima pasang wakil Merah Putih berada di 20 besar dunia.

Berikut daftar lengkapnya:

  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (1);
  • Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (3);
  • Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (11);
  • Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (12);
  • Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (19).

Sementara itu, pasangan Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan berada di posisi ke-21 dunia BWF. Mereka terpaut satu peringkat untuk masuk ke jajaran elite.

5. Daftar peraih gelar World Tour

Menilik Prestasi Ganda Putra Indonesia pada Awal 2023, Sudah 3 Gelar!Jonatan Christie (pbsi.id)

Sejauh ini, Indonesia sudah mengumpulkan empat gelar juara BWF World Tour. Salah satu di antaranya dari sektor tunggal putra. Berikut daftar selengkapnya:

  • Malaysia Open super 1000: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto;
  • Indonesia Masters super 500: Jonatan Christie dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin;
  • Thailand Masters super 300: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Indonesia juga gagal dalam Kejuaraan Beregu Asia. Tim Merah Putih harus terhenti pada babak delapan besar. Mereka takluk atas Korea 1-3 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Selanjutnya, Indonesia akan berlaga di All England 2023. Turnamen super 1000 ini bergulir pada 14—19 Maret 2023.

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya