Road to Champion Fajar/Rian di Swiss Open, Bantai 3 Pasangan Malaysia!

Gelar kedua di Swiss Open, nih!

Hasil baik diraih tim Merah Putih pada ajang Swiss Open 2022. Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum dengan perolehan dua gelar di turnamen Super 300 ini. 

Jonatan Christie dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mempersembahkan gelar di sektor tunggal dan ganda putra. Jonatan lebih dulu menaklukkan wakil India, Prannoy H. S., di babak di final. 

Fajar/Rian kemudian menyusul dengan mengalahkan pasangan Malaysia yang sedang on fire. Sukses podium tertinggi di Swiss Open 2022, berikut perjalanan Fajar/Rian hingga menjadi juara. 

1. Kalahkan pasangan India di laga perdana

Road to Champion Fajar/Rian di Swiss Open, Bantai 3 Pasangan Malaysia!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, ganda putra Indonesia (instagram.com/badminton.ina)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhadapan dengan pasangan India, M. R. Arjun/Dhruv Kapila, di babak pertama Swiss Open 2022. Ini menjadi laga kedua bagi kedua pasangan. Sebelumnya, Fajar/Rian pernah menang dengan tiga set atas ganda putra India tersebut. 

Meski sempat ketat dan selalu tertinggal di awal set pertama, Fajar/Rian berhasil mengunci kemenangan dengan skor tipis 21-19. Selanjutnya, ganda putra Indonesia yang diunggulkan di posisi keempat ini menang dengan skor 21-13 di set kedua.

2. Kembali bertemu pasangan India di babak kedua

Road to Champion Fajar/Rian di Swiss Open, Bantai 3 Pasangan Malaysia!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, ganda putra Indonesia (instagram.com/fajaralfian95)

Fajar/Rian kembali harus berhadapan dengan pasangan India, Ishaan Bhatnagar/Sai Pratheek K., di babak kedua Swiss Open 2022. Ini merupakan pertemuan pertama bagi kedua pasangan.

Tak ingin membuang waktu dan tenaga, Fajar/Rian memastikan tiket ke babak delapan besar dengan skor 21-15 dan 21-12 atas pasangan India. Ganda putra andalan Indonesia melaju ke perempat final dalam durasi 29 menit.

Baca Juga: [BREAKING] Susul Jonatan Christie, Fajar/Rian Juara Swiss Open 2022

3. Jumpa pasangan Malaysia di perempat final

Road to Champion Fajar/Rian di Swiss Open, Bantai 3 Pasangan Malaysia!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, ganda putra Indonesia (instagram.com/bwf.official)

Selanjutnya, memasuki babak delapan besar atau perempat final, Fajar/Rian mulai berhadapan dengan para pemain unggulan. Kali ini, ganda putra unggulan keempat ini melawan pasangan Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, yang merupakan unggulan keenam di turnamen ini. 

Kedua pasangan sudah pernah saling mengalahkan. Head to head keduanya juga imbang yaitu 2-2. Fajar/Rian harus bermain tiga set untuk bisa melangkah ke semifinal Swiss Open 2022. Ganda putra andalan Indonesia ini menang dengan skor 21-12, 9-21 dan 22-20.

4. Taklukkan ganda putra terbaik Malaysia di semifinal

Road to Champion Fajar/Rian di Swiss Open, Bantai 3 Pasangan Malaysia!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Aaron Chia/Soh Woi Yik (instagram.com/bwf.official)

Lolos ke semifinal Swiss Open 2022, Fajar/Rian ditantang pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Woi Yik, yang merupakan unggulan kedua di turnamen ini. Ini adalah pertemuan keempat bagi kedua pasangan dan Fajar/Rian selalu kalah. 

Menang tipis di set pertama dengan skor 22-20, Fajar/Rian harus kalah di set kedua dengan skor 13-21. Di set penentuan, Fajar/Rian kembali fokus dan menang dengan cukup mudah dengan skor 21-8 atas ganda putra terbaik Malaysia tersebut.

5. Kalahkan sang juara German Open 2022 di partai puncak

Road to Champion Fajar/Rian di Swiss Open, Bantai 3 Pasangan Malaysia!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, ganda putra Indonesia (instagram.com/badminton.ina)

Di babak final, Fajar/Rian kembali berhadapan dengan pasangan Malaysia lainnya, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin. Ganda putra Malaysia ini juga sebelumnya sudah mengalahkan pasangan Indonesia lainnya, Pramudya/Yeremia, di semifinal Swiss Open 2022.

Fajar/Rian unggul head to head atas Goh/Nur dengan skor 3-1, tapi pasangan Indonesia ini kalah di pertemuan terakhir mereka. Tak ingin kalah lagi, Fajar/Rian menang dua set langsung dengan skor 21-18 dan 21-19 serta pastikan gelar Swiss Open 2022 bagi Indonesia. 

 

Ini merupakan gelar kedua Swiss Open yang diraih Fajar/Rian. Sebelumnya, pasangan yang akrab disapa Fajri ini juga pernah juara di Swiss Open tahun 2019. Selamat, ya Fajar/Rian!

Baca Juga: Go Public, 10 Kebersamaan Susan Sameh dan Pebulutangkis Fajar Alfian

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya