11 Arti Bendera di Balap MotoGP, Termasuk Chequered Flag

Sederet kumpulan bendera instruksi dan bendera informasi

Menjadi pebalap di ajang MotoGP adalah sebuah profesi yang memiliki risiko kerja yang tinggi. Mengendarai motor dengan kecepatan hingga 356 km/jam tentu sangat berbahaya dan hanya bisa dilakukan oleh profesional. 

Risiko ini akan bertambah tinggi jika lintasan balap sedang basah akibat hujan. Nah, untuk meminimalisir berbagai risiko saat balapan, salah satu sistem peringatan keselamatan adalah penggunaan bendera. Bendera-bendera ini akan memberikan informasi dan instruksi pada Marc Marquez dan kawan-kawan tentang apa yang terjadi di lintasan dan apa yang harus mereka lakukan.

Di MotoGP sendiri, setidaknya ada 11 bendera yang digunakan untuk memberikan informasi atau instruksi pada pebalap. Apa saja manfaat dan kegunaan sederet bendera tersebut? Langsung saja simak informasinya berikut ini, yuk!

1. Bendera kuning

11 Arti Bendera di Balap MotoGP, Termasuk Chequered Flagilustrasi yellow flag (motogp.com)

Bendera nomor 1 sampai 5 pada daftar ini termasuk pada bendera yang memberikan instruksi. Jika tidak dituruti, maka pebalap akan mendapatkan pinalti.

Untuk bendera kuning (yellow flag) memiliki beberapa arti tergantung dari penggunaannya. Jika pebalap melihat satu bendera kuning dikibarkan pada saat masih di starting grid, itu menandakan bahwa balapan ditunda.

Jika bendera kuning berkibar saat balapan berlangsung, maka ini menandakan bahwa setiap pebalap harus melambatkan motornya. Selain itu, selama bendera ini berkibar, pebalap tidak boleh menyalip pebalap lain. Jika ini dilanggar, posisi pebalap itu akan diturunkan. Sementara, jika bendera kuning ini dikibarkan saat sesi kualifikasi, maka lap time untuk pebalap pada sesi itu akan dihapus atau tidak dihitung dalam kualifikasi.

2. Bendera merah

11 Arti Bendera di Balap MotoGP, Termasuk Chequered Flagilustrasi red flag (letstalkmotorsport.com)

Bendera merah (red flag) biasanya digunakan bersamaan dengan lampu merah. Ini menandakan bahwa balapan terganggu oleh suatu insiden. Pebalap harus melambat dan secepatnya kembali ke pit box.

Jika ini terjadi setelah balapan menyelesaikan tiga perempat dari jumlah lap, maka balapan akan dinyatakan selesai dan poin lengkap akan diberikan. Ini seperti yang terjadi pada GP Algarve beberapa waktu silam setelah terjadi insiden antara Iker Lecuona dan Miguel Oliveira.  

Namun, jika bendera merah berkibar sebelum tercapai jumlah tiga perempat lap, maka akan ada dua pilihan yang bisa terjadi. Pertama adalah balapan diulang, atau kedua, balapan dihentikan tapi hanya sebagian poin yang diberikan pada pebalap.

3. Bendera putih

11 Arti Bendera di Balap MotoGP, Termasuk Chequered Flagilustrasi white flag (letstalkmotorsport.com)

Bendera putih (white flag) menandakan bahwa akan turun hujan atau sebaliknya. Jika bendera ini dikibarkan, maka pebalap boleh masuk ke pit box dan mengganti motornya untuk balapan basah.

Keputusan untuk mengganti motor sepenuhnya ada pada pebalap. Tidak ada pinalti jika pebalap memutuskan untuk tidak masuk ke pit box dan mengganti motornya.

4. Bendera hitam

11 Arti Bendera di Balap MotoGP, Termasuk Chequered Flagilustrasi black flag (autoevolution.com)

Bendera hitam (black flag) digunakan bersamaan dengan nomor motor seorang pebalap. Jika ada tanda ini, pebalap tersebut harus segera kembali ke pit box.

Jika seorang pebalap diberi tanda ini, itu berarti seri balapan itu berakhir baginya dan ia akan dikategorikan sebagai DNF (Did Not Finish), alias tidak menyelesaikan balapan. Salah satu peristiwa paling populer ketika Marc Marquez diberi bendera hitam ini pada balapan di Philip Island, Australia, di tahun 2013 silam.

5. Bendera hitam dengan lingkaran orange

11 Arti Bendera di Balap MotoGP, Termasuk Chequered Flagilustrasi meatball flag (freesvg.org)

Bendera black flag with orange circle atau sering juga disebut the meatball flag ini menandakan pada seorang pebalap bahwa motornya memiliki kendala teknis. Kondisi ini bisa membahayakan dirinya atau pebalap lain jika diteruskan.

Mulai tahun 2020, pebalap yang mendapatkan bendera ini membutuhkan persetujuan dari marshal balap sebelum ia dapat kembali ke lintasan. Keamanan para pebalap memang menjadi prioritas utama setiap seri balapan MotoGP.

Baca Juga: 16 Momen Selebrasi Valentino Rossi Paling Unik di MotoGP

6. Bendera hijau

11 Arti Bendera di Balap MotoGP, Termasuk Chequered Flagilustrasi green flag (letstalkmotorsport.com)

Bendera nomor 6 hingga 11 di daftar ini termasuk bendera yang memberikan informasi. Untuk bendera hijau (green flag) ini menandakan lintasan sirkuit aman untuk digunakan.

Biasanya bendera hijau ditempatkan di pintu keluar pit box pada setiap sesi latihan, pada awal sighting lap, atau saat warm-up lap. Bendera ini juga akan dikibarkan jika evakuasi setelah adanya insiden kecelakaan telah selesai ditangani.

7. Bendera putih dengan garis silang merah

11 Arti Bendera di Balap MotoGP, Termasuk Chequered Flagilustrasi white flag with a red x (motogp.com)

Bendera white flag with a red ‘X’ dikibarkan di bagian sirkuit yang terdampak hujan. Bagian sirkuit yang basah memang bisa membahayakan jalannya balapan.

Melalui bendera ini, pebalap bisa tahu bagian sirkuit mana yang basah sehingga ia bisa menyesuaikan kecepatan dan gaya balapnya di bagian lintasan basah tersebut.

8. Bendera bergaris merah dan kuning

11 Arti Bendera di Balap MotoGP, Termasuk Chequered Flagilustrasi red and yellow stripes flag (thebikeinsurer.co.uk)

Bendera red and yellow stripes flag memiliki fungsi yang hampir mirip dengan bendera putih dengan garis silang merah. Hanya saja, bendera ini dikibarkan jika lintasan sirkuit licin dan terpengaruh oleh hal lain selain hujan.

Dengan berkibarnya bendera ini, pebalap akan tahu kondisi di bagian sirkuit tertentu. Mereka pun jadi tahu strategi apa yang harus dilakukan.

9. Bendera putih dengan garis silang merah dikibarkan bersamaan dengan bendera bergaris merah dan kuning

11 Arti Bendera di Balap MotoGP, Termasuk Chequered Flagilustrasi dua bendera balap (boxrepsol.com)

Bendera yang dikibarkan secara bersamaan ini memberikan tanda pada pebalap bahwa sirkuit telah basah karena hujan. Jika semua bagian sirkuit sudah basah, maka balapan berubah menjadi balapan basah (wet race).

Jika bendera ini sudah berkibar, pembalap dan tim mulai sibuk menyiapkan opsi balap. Setiap tim pun harus segera menyiapkan strategi baru untuk mengatasi perubahan kondisi lintasan tersebut.

10. Bendera biru

11 Arti Bendera di Balap MotoGP, Termasuk Chequered Flagilustrasi blue flag (tracksidelegends.com)

Bendera biru (blue flag) menginformasikan pada pebalap bahwa pebalap lain di belakangnya akan menyalip. Ia harus memberikan jalan pada pebalap tersebut.

Pada saat balapan berlangsung, bendera ini yang akan memberi tahu pebalap bahwa ia akan di-over lap. Dalam situasi lain, bendera ini juga dikibarkan sebagai tanda bahwa ada motor lain yang mendekat saat ia meninggalkan pit lane.

11. Bendera papan catur atau the chequered flag

11 Arti Bendera di Balap MotoGP, Termasuk Chequered Flagilustrasi the chequered flag (boxrepsol.com)

Chequered flag adalah bendera yang kibarannya paling dinantikan oleh setiap pebalap. Bendera ini menandakan bahwa balapan telah usai.

Pebalap yang pertama melewati bendera ini akan memenangkan balapan. Bendera ini juga digunakan saat akhir setiap sesi latihan atau kualifikasi.

Itulah pengertian 11 bendera yang digunakan dalam balap MotoGP. Setiap bendera mempunyai fungsinya masing-masing. Tujuannya tentu untuk mengatur agar balapan berjalan lancar dan aman. Jadi, kapan, nih, kita bisa segera menyaksikan sederet bendera ini berkibar di Sirkuit Mandalika?

Baca Juga: Deretan Motor Valentino Rossi selama Berkarier di MotoGP

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya