Aleix Espargaro Naik Podium Lagi, Finis Ke-3 di MotoGP Portugal

Bukti Aprilia makin kompetitif

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, kembali merebut podium di MotoGP 2022. Pada gelaran GP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, Minggu (24/4/2022), pembalap Aprilia Racing ini finis di posisi ke-3.

Sejak sesi kualifikasi, Aleix memang tampil kuat. Ia mampu start dari barisan terdepan.

Sempat tercecer ke posisi ke-7 pada awal balapan, Aleix bisa kembali merangsek ke depan hingga akhirnya merebut posisi podium. Dengan capaian itu, ia kini menempati posisi ke-3 di klasemen sementara MotoGP 2022.

1. Aleix Espargaro mengakui sulitnya balapan di Sirkuit Algarve

Aleix Espargaro Naik Podium Lagi, Finis Ke-3 di MotoGP PortugalAleix Espargaro (motogp.com)

Seri balap di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, menjadi salah satu balapan yang menantang. Selain karakter sirkuit yang seperti roller coaster, pertarungan Minggu kemarin pun sangat kompetitif.

“Balapan ini cukup sulit, sejujurnya, salah satu yang tersulit musim ini. Aku mencoba untuk comeback secepatnya, aku mulai memburu para rivalku, kecuali untuk Fabio Quartararo yang sedang berada di planet lain,” kata Aleix dikutip Motosan.

Fabio Quartararo menjadi pemenang MotoGP Portugal. Pembalap tim pabrikan Yamaha ini menang jauh dengan selisih lebih dari 5 detik. Tempat ke-2 ditempati Johann Zarco dari Pramac Racing. Sementara itu, Aleix Espargaro melengkapi posisi podium.

2. Aleix Espargaro diuntungkan oleh insiden terjatuhnya Jack Miller dan Joan Mir

Aleix Espargaro Naik Podium Lagi, Finis Ke-3 di MotoGP PortugalAleix Espargaro (motogp.com)

Selain memiliki ritme balap yang apik, Aleix Espargaro pun mengaku bahwa ia mendapatkan sedikit keberuntungan. Pada lap delapan belas, Jack Miller (Ducati Lenovo) terjatuh dan membawa Joan Mir (Suzuki Ecstar) bersamanya ketika sedang berebut posisi ke-3.

“Aku diuntungkan oleh terjatuhnya mereka meskipun aku juga punya ritme balap yang baik. Aku kira aku siap untuk bertarung memperebutkan posisi ke-2 dan menyerang Johann Zarco. Namun, aku kehabisan ban belakang dan tak punya cengkeraman di beberapa tikungan,” ungkap Aleix.

3. Aleix Espargaro melontarkan keluhan untuk Alex Marquez

Aleix Espargaro Naik Podium Lagi, Finis Ke-3 di MotoGP PortugalAlex Marquez di depan Aleix Espargaro dan Miguel Oliveira. (motogp.com)

Aleix Espargaro merasa ia bisa mendapat hasil yang lebih baik lagi. Sayangnya, serangan dari Alex Marquez membuatnya kehilangan banyak waktu sehingga tak bisa terus menekan ke depan. Aleix menganggap Alex hanya mengganggunya.

“Aku membuang banyak waktu dengan Alex Marquez. Seperti di Mandalika, ia melewati batas. Ia menyerangku tiga kali, tetapi ia tak punya kecepatan. Ia hanya membuang waktu dan aku rasa itu tak perlu.

Aku tak mengerti jenis berkendara seperti itu. Sebenarnya aku cukup terganggu. Aku tahu itu balapan, tetapi seharusnya ada batasan. Sepertinya, lagi-lagi, setelah di Indonesia, ia sempat membuatku keluar lintasan, hari ini ia tetap melakukannya,” kata pembalap berusia 32 tahun itu dilansir Motosan.

4. Aleix Espargaro puas dengan raihan podium ke-3

Aleix Espargaro Naik Podium Lagi, Finis Ke-3 di MotoGP PortugalAleix Espargaro (motogp.com)

Aprilia terbukti bisa tampil kompetitif musim ini. Sejak awal musim, pabrikan asal Noale meracik pengaturan motor yang bisa bersaing dengan kompetitor. Tak heran Aleix Espargaro langganan finis di barisan depan.

“Aku senang dengan podium ini dan untuk pertarungan melawan yang terbaik. Aku sangat menikmatinya. Meski aku seharusnya takut, aku malah santai,” kata Aleix.

5. Seri balap 2022 masih panjang, Aleix Espargaro bertekad selalu tampil maksimal

Aleix Espargaro Naik Podium Lagi, Finis Ke-3 di MotoGP PortugalAleix Espargaro (motogp.com)

MotoGP baru menyelesaikan 5 seri dari 21 balap yang dijadwalkan. Karena itu, semua pembalap masih punya kesempatan untuk meraih hasil maksimal. Aleix pun bertekad akan konsisten mendapatkan hasil terbaik.

“Aku akan melanjutkan pencapaian ini dengan rendah hati dan tetap fokus. Aprilia telah bekerja sangat bagus dan kami harus bisa memanfaatkannya,” ujar Aleix dikutip Motosan.

Usai sudah balapan di Sirkuit Algarve, Portugal. Kini semua pembalap akan fokus menghadapi seri MotoGP berikutnya di Sirkuit Jerez, Spanyol. Mampukah Aleix kembali merebut podium?

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya