Fabio Quartararo Belajar Banyak dari Duelnya dengan Marc Marquez

Duel memperebutkan posisi ke-6

MotoGP di Circuit of the Americas (COTA) pada 10 April 2022 menyuguhkan hal menarik. Salah satunya pertarungan Fabio Quartararo dan Marc Marquez.

Pembalap Monster Energy Yamaha dan Repsol Honda itu bersaing ketat memperebutkan posisi ke-6. Itu memang bukan pertarungan untuk meraih kemenangan, tetapi duel antara dua juara dunia tersebut cukup kompetitif.

1. Duel sengit antara Fabio Quartararo dan Marc Marquez

Fabio Quartararo Belajar Banyak dari Duelnya dengan Marc MarquezFabio Quartararo dan Marc Marquez (motogp.com)

Pertarungan antara Fabio Quartararo dan Marc Marquez terjadi sejak lap tiga belas. Marquez yang mengalami masalah teknis pada lap awal terlempar ke posisi paling akhir. Namun, ia ternyata bisa comeback dan merangsek ke depan.

Awalnya, Quartararo dan Marquez memperebutkan posisi ke-7. Namun, ketika Jorge Martin terus merosot ke posisi belakang, duel antara Marquez dan Quartararo beralih untuk memperebutkan posisi ke-6.

Sejak lap tujuh belas, keduanya saling bertukar posisi. Mereka bertarung sengit hingga balapan selesai. Pada akhirnya, Marquez lebih unggul. Quartararo harus puas finis di tempat ke-7.

“Aku menikmati pertarungan dengan Marc,” kata Quartararo dikutip Motorsport-total.

2. Meski kalah dari Marquez, Quartararo senang dengan hasil yang ia dapat

Fabio Quartararo Belajar Banyak dari Duelnya dengan Marc MarquezFabio Quartararo (motogp.com)

Fabio Quartararo finis di posisi ke-7 pada GP Amerika. Kendati demikian, Quartararo mengaku senang dengan hasil yang ia raih. Duelnya dengan Marquez membuatnya merasa seperti berjuang untuk sebuah kemenangan.

“Sejujurnya aku senang dengan posisiku karena aku bertarung seperti memperebutkan kemenangan. Namun, secara mental, itu sulit karena kamu melihat motor lain menjauhimu di lintasan lurus,” kata Quartararo lagi.

Baca Juga: Fabio Quartararo Senang Marc Marquez Bisa Kembali Berlaga di MotoGP

3. Banyak mengambil pelajaran penting dari Marc Marquez

Fabio Quartararo Belajar Banyak dari Duelnya dengan Marc MarquezFabio Quartararo (motogp.com)

Bukan rahasia lagi bahwa performa Yamaha musim ini sangat lemah dalam masalah top speed. Tenaga YZR-M1 belum bisa menandingi motor pabrikan lain. Dari balapan di COTA, Fabio Quartararo bisa belajar untuk mengeluarkan semua potensi YZR-M1 sampai batasnya.

“Dalam balapan seperti ini, aku belajar lebih banyak daripada balapan yang biasanya aku menangi. Aku belajar banyak dan aku senang karena, meskipun aku punya tenaga yang lebih lemah, aku bisa berusaha sampai mencapai batas. Saat nanti aku punya tenaga motor yang lebih besar, aku akan mendapatkan hasil yang lebih baik,” ujar juara dunia 2021 itu.

4. Fabio Quartararo menganggap Marc Marquez sebagai contoh untuk dipelajari

Fabio Quartararo Belajar Banyak dari Duelnya dengan Marc MarquezFabio Quartararo (motogp.com)

Tak salah jika Quartararo bisa belajar banyak dari Marquez. Sebagai pembalap aktif dengan jumlah koleksi gelar juara dunia terbanyak, The Baby Alien tentu punya segudang pengalaman yang bisa ditiru.

“Meskipun itu pertarungan untuk posisi ke-6, aku senang. Itu menjadi semacam persiapan andaikan aku bertarung untuk posisi pertama atau kedua. Belajar dari kompetitor seperti Marc sangat penting,

Ia sudah bertarung pada banyak balapan, punya banyak pengalaman, dan sudah memenangi banyak kejuaraan dunia. Untukku, ia adalah pembalap yang kamu bisa belajar banyak darinya. Aku selalu memberikan seratus persen, meski untuk pertarungan ke-6 atau ke-7,” kata pembalap Prancis ini lagi dikutip Motorsport-total.

5. MotoGP seri Eropa akan lebih seru

Fabio Quartararo Belajar Banyak dari Duelnya dengan Marc MarquezFabio Quartararo (motogp.com)

Empat seri balapan MotoGP telah usai. Selanjutnya, semua pembalap akan bertarung memperebutkan kemenangan di sirkuit yang terletak di Eropa.

“Sekarang kita menuju Eropa dengan lintasan yang lebih baik bagi kami. Aku akan melakukan yang terbaik sehingga bisa merebut gelar juara dunia. Aku akan mengatakan bahwa Portimao cukup bagus untuk kami meski itu bukan sirkuit terbaik,” kata El Diablo.

Seri balapan MotoGP berikutnya akan digelar di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal. Ini menjadi balapan pertama di Eropa untuk musim 2022. Dengan performa Yamaha yang sekarang, mungkinkah Fabio Quartararo bisa tampil lebih kompetitif?

Baca Juga: Fabio Quartararo Ingin Bertarung dengan Marc Marquez di Musim 2022

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya