5 Film Dokumenter dan Buku yang Membahas Valentino Rossi

Ada buku Bahasa Indonesia

Sepertinya tak akan ada yang menyangkal jika Valentino Rossi disebut sebagai The Greatest of All Time di dunia MotoGP. Pembalap bernomor 46 ini telah malang melintang di dunia balap sejak puluhan tahun lalu. Para pembalap yang satu generasi dengannya sudah lama pensiun. Namun, tidak untuk Rossi.

Itulah kehebatan Rossi, mampu bersaing dengan berbagai generasi. Meski di dua tahun terakhir performanya jauh menurun. Hingga akhirnya ia baru memutuskan pensiun pada akhir musim 2021 ini.

Berita pensiunnya Rossi tentu menyedihkan. Tapi bagi pembalap berusia 42 tahun ini, semua prestasi tertinggi yang dapat diimpikan seorang pembalap telah ia raih.

Untuk lebih mengenal sosok juara dunia 9 kali ini, kamu bisa menyimaknya dari film-film dan buku tentang Valentino Rossi, lho. Setidaknya, ada 5 film dan buku yang bisa kamu tonton dan baca. Berikut daftarnya.

1. Valentino Rossi - The Doctor Series (2016)

5 Film Dokumenter dan Buku yang Membahas Valentino RossiValentino Rossi bisa menaklukkan mobil balap. (autosport.com)

Film ini dibuat oleh Monster Energy sebagai serial untuk dokumenter bertema motorsport yang disponsorinya. Terdiri dari 5 bagian video yang masing-masing berdurasi 10 menit, sehingga total series ini berdurasi 50 menit.

Bagian pertama mengisahkan tentang kemampuan Rossi yang dapat menaklukan berbagai mesin balap, termasuk mobil. Pada bagian kedua, bercerita tentang sirkuit Mugello, sirkuit paling emosional bagi Rossi dan salah satu sirkuit yang penting dalam penyelenggaraan MotoGP.

Selanjutnya bagian ketiga banyak bercerita tentang The Ranch milik Valentino Rossi, yang terletak di Tavullia. Ini adalah sirkuit pribadi miliknya yang sering digunakan untuk berlatih motocross.

Sementara bagian keempat menjelaskan tentang Rossi sebagai, bukan hanya personal yang hebat, tapi juga seorang ikon balap motor dunia. Pada bagian akhir bercerita tentang sisi pribadi The Doctor. Rossi bukan hanya seorang pembalap, tapi juga seorang bos, mentor, teman, dan keluarga. Series ini bisa kamu tonton secara gratis di akun Youtube Monster Energy.

2. Hitting The Apex (2015)

5 Film Dokumenter dan Buku yang Membahas Valentino RossiValentino Rossi dan Brad Pitt (motogp.com)

Sebenarnya, Hitting The Apex adalah film tentang MotoGP. Membahas setidaknya enam pembalap top di kelas MotoGP. Mereka adalah Marc Marquez, Marco Simoncelli, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan tentu saja Valentino Rossi.

Film bergenre dokumenter ini dibuat oleh Mark Neale, seorang sutradara yang sering membuat dokumenter tentang MotoGP. Dua film lain di daftar ini pun adalah karyanya. Khusus untuk film ini, naratornya adalah Brad Pitt.

Meski mengisahkan tentang banyak pembalap, film ini bisa dijadikan tontonan untuk kamu yang ingin mengenal lebih dalam tentang Valentino Rossi. Jika dihitung secara kasar, dari durasi 2 jam 18 menit, setidaknya ada sekitar 28 menit waktu yang membahas tentang Rossi.

Dari film ini, kamu juga bisa mengetahui konteks balapan era dekade 2010-an. Saat Rossi bertarung dengan Lorenzo tahun 2010, hingga Rossi yang memutuskan pindah ke Ducati. Dari Rossi yang akhirnya kembali ke Yamaha, hingga rivalitasnya dengan pembalap-pembalap muda saat itu seperti Lorenzo, Pedrosa, dan Marquez.

Di film ini juga digambarkan kisah tragis meninggalnya pembalap Italia yang juga sahabat dekat Rossi, Marco Simoncelli. Salah satu tontonan tentang Rossi dan MotoGP yang wajib ditonton.

Baca Juga: Kilas Balik! 9 Momen Valentino Rossi Jadi Juara Dunia MotoGP

3. Fastest (2011)

5 Film Dokumenter dan Buku yang Membahas Valentino RossiValentino Rossi dan Casey Stoner (motogp.com)

Film dokumenter yang dibuat oleh Mark Neale. Berkisah tentang persaingan MotoGP era dekade 2000-an. Mengambil Valentino Rossi sebagai tema sentralnya, dokumenter ini akan mengajakmu melihat dari dekat persaingan di kelas para raja ini. Dari durasinya yang 1 jam 51 menit, sekitar 52 menit di antaranya berkisah tentang Valentino Rossi.

Saat itu Rossi memang mendominasi kelas MotoGP. Bagaimana tidak, Rossi menjadi pembalap yang mampu menjadi juara dunia pada 2001, 2002, 2003, 2004, dan 2005. Lima tahun secara beruntun. Ditambah dua gelar juara dunia lagi pada 2008 dan 2009.

Rossi mengalahkan dan mampu bersaing dengan nama-nama besar di dunia balap MotoGP di era itu. Sebut saja Max Biaggi, Sete Gibernau, Nicky Hayden, Casey Stoner, dan Jorge Lorenzo.

Tiga nama yang disebut terakhir, adalah pembalap muda yang mampu mencuri gelar juara dunia dari Rossi. Kemunculan pembalap muda saat itu, memunculkan pertanyaan besar, apakah Valentino Rossi tetap menjadi pembalap yang tercepat? Film ini mampu menjawabnya.

4. Faster (2003) dan Faster & Faster (2004)

5 Film Dokumenter dan Buku yang Membahas Valentino RossiValentino Rossi dan Max Biaggi (motogp.com)

Ini adalah dua judul fim yang berbeda, namun masih berhubungan. Kedua film ini mengisahkan tentang persaingan balap di era akhir kelas 500cc dan era awal MotoGP. Faster menyoroti persaingan era balap tahun 2001 dan 2002, tahun-tahun awal Rossi menjuarai MotoGP bersama Honda.

Yang paling menarik, dari film ini kita bisa tahu kisah persaingan sengit antara Valentino Rossi dan Max Biaggi. Kedua pembalap Italia ini bertarung di dalam maupun di luar lintasan, memperebutkan siapa pembalap paling terkenal. Kisahnya bisa membuatmu geleng-geleng kepala, sudah sepanas itu ternyata persaingan di dunia balap.

Film ini juga menceritakan tentang keseruan balap era 2003 dan 2004. Era ketika Rossi memutuskan untuk meninggalkan Honda dan bergabung bersama Yamaha. Kemenangan Rossi saat pertama kali mengendarai Yamaha di GP Afrika Selatan, adalah salah satu momen terbaik bagi Rossi.

5. Buku Otobiografi Valentino Rossi

5 Film Dokumenter dan Buku yang Membahas Valentino RossiValentino Rossi dan ayahnya, Graziano Rossi (visordown.com)

Satu-satunya buku dalam daftar ini. Buku yang membahas kisah hidup Valentino Rossi. Buku ini berjudul lengkap Otobiografi Valentino Rossi: Andai Aku Tak Pernah Mencobanya, terbitan Ufuk Press.

Buku terjemahan Bahasa Indonesia ini sudah terbit sejak tahun 2007. Dari buku ini, kamu bisa tahu kisah hidup sang legenda berdasarkan penuturannya sendiri. Buku setebal 300-an halaman ini dibuat sekitar tahun 2005. Karena itu, kisah hidup Rossi di buku ini hanya sampai periode tersebut. Meski begitu, dari buku yang merupakan otobiografi ini, kamu akan mendapatkan kisah-kisah menarik Rossi yang susah didapatkan di sumber lain.

Itulah kumpulan film dokumenter dan buku tentang Valentino Rossi. Pembalap asal Italia ini akan pensiun pada akhir balap musim 2021, setelah berkarir sekitar 26 tahun di MotoGP. Meski tak ada lagi Rossi di atas lintasan MotoGP, sosok The Doctor akan terus abadi di ingatan penggemarnya. Grazie Vale!

Baca Juga: Bukan Cuma The Doctor, Ini Deretan Julukan Valentino Rossi

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya