Franco Morbidelli Optimis Bisa Tampil Bagus di Le Mans

Sudah lebih percaya diri di atas YZR-M1

Franco Morbidelli kesulitan menemukan pengaturan yang tepat bagi Yamaha YZR-M1. Akibatnya, ia kesulitan menemukan rasa percaya diri dalam enam balapan terakhir.

Selama awal musim, pembalap pabrikan Yamaha itu hanya mengumpulkan poin dalam empat balapan. Sisanya ia tak finis atau finis tetapi di luar posisi poin.

Hasil terbaik Morbidelli adalah finis di posisi ke-7 saat balapan basah pada GP Indonesia yang berlangsung di Sirkuit Mandalika. Pada klasemen sementara, ia bertengger di posisi ke-16 dengan raihan 18 poin. Menjelang balapan di Le Mans, ia optimis bisa tampil bagus.

1. Franco Morbidelli belum bisa menyamai performa Fabio Quartararo

Franco Morbidelli Optimis Bisa Tampil Bagus di Le MansFranco Morbidelli dan Fabio Quartararo (motogp.com)

Situasi Morbidelli berbanding terbalik dengan rekan setimnya, Fabio Quartararo. Meski Fabio Quartararo mengeluhkan masalah top speed pada Yamaha, El Diablo mampu tampil maksimal di setiap balapan dan menjadi pemimpin sementara dalam perolehan poin kejuaraan.

Sejauh ini Quartararo mengumpulkan 89 poin. Pembalap asal Prancis itu telah merebut 3 podium, termasuk satu kemenangan di Portugal.

2. Setelah tes di Jerez, Morbidelli tak sabar untuk balapan di Le Mans

Franco Morbidelli Optimis Bisa Tampil Bagus di Le MansFranco Morbidelli (motogp.com)

Pada Senin (2/5/2022), semua pembalap MotoGP melakukan tes resmi di Sirkuit Jerez. Hasilnya, Franco Morbidelli yakin ia telah menemukan terobosan. Pada balapan di Sirkuit Le Mans, hari Minggu (15/5/2022), ia optimis bisa tampil maksimal.

“Itu akan jadi akhir pekan yang menarik untuk kami. Kami mencoba banyak hal (saat tes resmi) di Sirkuit Jerez. Aku sangat bersemangat untuk melihat apakah kemajuannya akan terbayar di Sirkuit Le Mans,” kata Morbidelli dikutip Speedweek.

Baca Juga: Franco Morbidelli, Murid Rossi Tandem Quartararo di Yamaha

3. Morbidelli menargetkan tampil apik di sesi kualifikasi

Franco Morbidelli Optimis Bisa Tampil Bagus di Le MansFranco Morbidelli (motogp.com)

Franco Morbidelli sadar bahwa ia harus memulai balapan di barisan depan jika ingin bersaing merebut podium. Itu jadi targetnya pada balapan di Le Mans.

“Aku punya waktu putaran yang sangat baik pada akhir balapan di Jerez, tetapi masalahnya adalah posisi grid yang buruk. Kami harus bekerja keras akhir pekan ini. Jika performa kami baik saat kualifikasi, kami seharusnya memiliki hasil yang bagus di Le Mans,” kata pembalap berusia 27 tahun itu.

4. Rasa percaya diri Morbidelli meningkat setelah tes Jerez

Franco Morbidelli Optimis Bisa Tampil Bagus di Le MansFranco Morbidelli (motogp.com)

Manajer Tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli, percaya dengan kemampuan pembalapnya. Ia menyatakan bahwa ada perkembangan pada penampilan balap Morbidelli. Terutama dalam hal kepercayaan dirinya di atas YZR-M1.

“Setelah tes di Jerez, Morbidelli punya rasa percaya diri yang tinggi karena akhirnya ia makin nyaman di atas motor. Ia tak sabar ingin balapan.

Bagi Morbidelli, itu seperti awal musim yang sebenarnya. Secara umum kami harus menggunakan hal-hal yang kami uji di Jerez karena itu memberi kami umpan balik yang positif,” kata Meregalli dikutip Speedweek.

5. Morbidelli tak dipusingkan masalah transfer pembalap

Franco Morbidelli Optimis Bisa Tampil Bagus di Le MansFranco Morbidelli (motogp.com)

Mengenai masa depannya di Yamaha, Franco Morbidelli bisa lebih tenang. Pasalnya, kontrak Morbidelli dengan Yamaha bertahan hingga akhir 2023.

Selain itu, Lin Jarvis yang merupakan Managing Director Yamaha Motor Racing pernah mengungkapkan bahwa Morbidelli masih akan memperkuat tim pabrikan.

“Franco Morbidelli juga masih akan menjadi bagian dari tim pabrikan Yamaha pada 2023,” kata Lin Jarvis seperti dikutip Speedweek.

 

MotoGP musim 2022 masih menyisakan belasan belapan. Meski begitu, Franco Morbidelli harus mulai mencetak hasil yang maksimal jika ingin bersaing merebut titel kejuaraan dunia. Pada GP Prancis di Sirkuit Le Mans, bisakah ia menunjukkan penampilan yang bagus?

Baca Juga: Yamaha Ingin Morbidelli dan Dovizioso Meningkatkan Performa Balapnya

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya