Bersaing di MotoGP, Franco Morbidelli seperti Berada di Sarang Singa

Ingin tampil maksimal setelah cedera panjang

Monster Energy Yamaha meluncurkan motor dan livery terbaru mereka pada Jumat (4/2/2022). Salah satu pembalap andalannya, Franco Morbidelli, siap tampil di MotoGP 2022.

Sejatinya, Morbidelli adalah pembalap baru di tim ini. Pada 2021 lalu, ia seharusnya membela tim Petronas Yamaha SRT. Namun, karena Maverick Vinales hengkang ke Aprilia, Morbidelli dipromosikan ke tim pabrikan sejak September lalu.

Tampaknya, promosi jadi satu-satunya pencapaian baik bagi Morbidelli. Untuk hal performa balapan, pembalap asal Italia ini bersusah payah mendapatkan poin karena cedera.

1. Musim lalu tak bisa tampil apik karena cedera berkepanjangan

Bersaing di MotoGP, Franco Morbidelli seperti Berada di Sarang SingaFranco Morbidelli (motogp.com)

Pada awal musim 2021, Franco Morbidelli jadi salah satu yang dijagokan. Sebagai runner-up MotoGP, tak aneh jika publik berharap banyak kepada Morbidelli.

Sayangnya, ia hanya dipersenjatai dengan YZR-M1 tua keluaran 2019. Hasil Morbidelli pada dua balapan pertama biasa saja. Ia baru bisa mendapatkan hasil baik di GP Portugal dan Spanyol dengan finis di posisi ke-4 dan podium ke-3.

Itu tak berlangsung lama. Performa Morbidelli kembali anjlok pada beberapa balapan setelahnya. Lebih dari itu, ia ternyata didera cedera kaki. Cedera yang sudah ia rasakan sejak 2015, tetapi tak terobati dengan maksimal.

Dampaknya ternyata fatal. Setelah terjatuh lagi saat latihan di Tavullia, ia harus beristirahat selama 3 bulan. Morbidelli terpaksa absen pada lima seri balapan, yaitu di GP Assen, Styria, Von Osterreich, Inggris, dan Aragon. Operasi ligamen dan meniskus yang telah ia jalani ternyata membutuhkan pemulihan yang lebih lama dari yang ia perkirakan.

“Persendian seperti bahu atau lutut jelas membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Akan tetapi, aku sudah bekerja dengan baik selama musim dingin dan aku berharap semuanya akan jadi lebih baik di trek nanti,” kata pembalap berusia 27 tahun dikutip Speedweek.

Dalam hasil klasemen akhir tahun lalu, Morbidelli terpental ke posisi 17. Ia hanya bisa meraih 1 podium dan total 47 poin.

2. Memulihkan diri selama musim dingin

Bersaing di MotoGP, Franco Morbidelli seperti Berada di Sarang SingaFranco Morbidelli (motogp.com)

Sejak bergabung ke tim pabrikan Yamaha, praktis Morbidelli menggunakan motor versi anyar. Itu menjadi kesempatannya untuk mencoba motor baru sekaligus penyesuaian usai cedera.

Cedera yang ia derita ternyata belum sepenuhnya pulih. Selama liburan musim dingin, Morbidelli tak sekalipun berlatih motor di jalanan aspal. Ia hanya berlatih di gym dan sesekali mencoba motocross untuk mempersiapkan fisik jelang tes pramusim di Sepang.

“Aku sedikit berlatih motocross dan itu berjalan lancar, aku tidak punya masalah saat melakukannya. Jadi, aku tidak begitu saja naik motor di Sepang. Tentu saja aku belum mencoba motor MotoGP, atau pun motor jalanan, itu masih tanda tanya buatku,” ungkap Morbidelli.

Baca Juga: Ban Cadangan dan Bahan Bakar MotoGP Tiba di Mandalika

3. Tak bisa latihan bareng VR46 Academy

Bersaing di MotoGP, Franco Morbidelli seperti Berada di Sarang SingaValentino Rossi dan Franco Morbidelli (motogp.com)

Karena cedera yang belum pulih, juara dunia Moto2 2017 ini berlatih secara khusus. Ia bahkan tak bisa berlatih bersama rekan-rekannya di VR46 Academy.

“Aku harus mengikuti program (latihan) yang agak berbeda dibandingkan pembalap VR46 Academy lainnya, jadi aku berlatih pada waktu yang berbeda. Akan tetapi, tentu saja aku masih bertemu dengan mereka, terutama saat mereka berlatih di gym,” kata teman sekaligus anak didik Valentino Rossi ini.

4. Pembuktian kepada diri sendiri

Bersaing di MotoGP, Franco Morbidelli seperti Berada di Sarang SingaFranco Morbidelli (motogp.com)

Memasuki MotoGP 2022, runner-up MotoGP 2020 ini tak ingin mendapatkan hasil jelek seperti musim lalu. Sekarang, setelah menjadi pembalap tim pabrikan, ia bertekad untuk membuktikan kondisinya telah pulih.

“Paling pertama, aku harus membuktikan sesuatu untuk diriku sendiri. Aku ingin melihat apakah aku bisa kembali memiliki penampilan yang bagus setelah cedera dan lainnya. Aku ingin melihat apakah aku bisa kembali bertarung,” ungkap pembalap bernomor 21 itu dikutip Speedweek.

“Aku telah bekerja keras selama musim dingin dan aku berharap untuk melihat hasilnya di trek. Tahun lalu itu spesial, tahun dengan banyak masalah kecil ataupun besar. Namun, jika kamu bisa keluar dari situasi sulit maka kamu akan jadi lebih kuat. Jadi aku berharap bisa lebih kuat.”

5. Semua pembalap MotoGP adalah para pembalap kuat

Bersaing di MotoGP, Franco Morbidelli seperti Berada di Sarang SingaFranco Morbidelli (motogp.com)

Franco Morbidelli sadar bahwa persaingan di MotoGP 2022 akan makin ketat. Apalagi tahun lalu muncul banyak kejutan. Mantan rekan setimnya, Fabio Quartararo, berhasil menjadi juara dunia. Selain itu, muncul fenomena unik saat para rookie bisa menampilkan performa yang garang.

“Ada banyak (rival hebat), kamu harus sebut Fabio Quartararo, Marc Marquez, Joan Mir, dan Pecco Bagnaia. Aku pikir itulah nama-nama yang langsung muncul di pikiranku,” kata Morbidelli menjelaskan.

“Masih banyak lagi pembalap yang cukup kuat, Jack Miller selalu cepat, Jorge Martin bisa mendapatkan musim yang luar biasa meski ia cedera. Lalu, ada Enea Bastianini, para rookie, dan yang lain juga, seperti Johann Zarco yang pada awal musim memimpin klasemen. Itulah MotoGP, luar biasa, fantastis, sarang singa. Dan aku harap aku juga bisa (bersaing) di antara mereka.”

Tak ketinggalan, Morbidelli juga menyebutkan Maverick Vinales dan Aleix Espargaro, dua pembalap Aprilia yang masih diuntungkan dengan hak konsesi. Keduanya merupakan pembalap kuat yang berpengalaman.

Balapan pertama MotoGP 2022 akan berlangsung pada Maret. Februari pun sudah menjadi bulan yang penting. Tes resmi pertama digelar pada 5 dan 6 Februari di Sirkuit Sepang, sementara tes resmi kedua dilaksanakan pada 11—13 Februari di Sirkuit Mandalika. Bisakah Franco Morbidelli memulai musim ini dengan tampil apik?

Baca Juga: Johann Zarco Bakal Fokus Dapatkan Hasil Terbaik di MotoGP 2022

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya