Joan Mir Puas dengan GSX-RR, Sebut Bisa Bersaing di Lintasan Lurus

Makin percaya diri di sesi kualifikasi

Dua pembalap Suzuki Ecstar memberi kejutan pada tes hari pertama MotoGP di Qatar pada Jumat (4/3/2022). Alex Rins dan Joan Mir berada di posisi tiga besar saat latihan bebas.

Rins ada di posisi pertama, sedangkan Mir di posisi ketiga dengan perbedaan waktu hanya 0,147 detik. Hasil yang mengagumkan mengingat karakter Sirkuit Losail yang cepat. Hasil ini menunjukkan bahwa performa GSX-RR meningkat dibandingkan tahun lalu.

1. GSX-RR punya top speed yang meningkat

Joan Mir Puas dengan GSX-RR, Sebut Bisa Bersaing di Lintasan LurusJoan Mir (motogp.com)

Joan Mir yang tahun lalu sempat frustrasi dengan mesin GSX-RR, kini bisa tersenyum puas. Suzuki telah menyediakan mesin baru yang bisa mengeluarkan tenaga yang garang.

“Ini memberimu kepercayaan diri karena jelas top speed kami meningkat. Kami tidak akan punya masalah yang menyulitkan lagi di area ini seperti tahun lalu,” kata Mir dikutip Crash.

2. Suzuki akan bisa bertarung di lintasan lurus

Joan Mir Puas dengan GSX-RR, Sebut Bisa Bersaing di Lintasan LurusJoan Mir (motogp.com)

Dengan GSX-RR versi 2022, Joan Mir yakin bisa tampil kompetitif. Keyakinan ini terutama terjadi saat di lintasan lurus yang biasanya Suzuki selalu kalah dengan rivalnya.

“Dengan mesin seperti ini, kami bisa bertahan lebih baik di trek lurus. Ini adalah langkah pertama. Kemudian, jelas kami harus meningkatkan hasil kualifikasi kami dan ini adalah titik lemah lainnya,” kata Mir dilansir Crash.

Baca Juga: Joan Mir Siap Perpanjang Kontrak dengan Suzuki

3. Joan Mir yakin bisa meningkatkan performanya saat sesi kualifikasi

Joan Mir Puas dengan GSX-RR, Sebut Bisa Bersaing di Lintasan LurusJoan Mir (instagram.com/suzukimotogp)

Tahun lalu Suzuki tak bisa menyediakan paket yang bagus untuk sesi kualifikasi. Tim pabrikan asal Hamamatsu ini memang biasanya fokus pada performa balapan. Namun, Mir percaya diri dengan performa GSX-RR tahun ini bakal bisa membuatnya start di barisan depan.

“Kualifikasi sangat penting, tetapi itu jadi titik lemah kami. Tentu saja kami meningkat daripada tahun lalu. Kelebihan pada mesin baru ini dapat memberi sepersepuluh detik yang sangat penting,” ungkap Mir seperti dikutip Crash.

4. Masalah akselerasi Suzuki teratasi dengan holeshot device

Joan Mir Puas dengan GSX-RR, Sebut Bisa Bersaing di Lintasan LurusJoan Mir dan kru mekaniknya (motogp.com)

Joan Mir pun yakin paket Suzuki tahun ini bisa membuatnya makin kompetitif. Pasalnya, masalah akselerasi yang tahun lalu jadi hambatan sudah dapat teratasi.

“Tahun lalu kami kehilangan banyak akselerasi, tetapi dengan perangkat holeshot, kami sekarang dapat berada dalam kondisi yang sama dengan lawan kami. Ini sangat penting,” kata pembalap nomor 36 seperti dilansir Crash.

5. Mesin baru GSX-RR memudahkan hidup Mir

Joan Mir Puas dengan GSX-RR, Sebut Bisa Bersaing di Lintasan LurusJoan Mir (motogp.com)

Suzuki telah berkembang pesat dibandingkan tahun lalu. Bisa saja tahun ini Suzuki mengulangi kesuksesannya pada musim 2022 saat Mir bisa merebut titel juara dunia.

“Dengan semua yang kami kerjakan saat tes pramusim dan sedikit lebih banyak tenaga pada mesin, ini membuat hidup kami jadi lebih mudah. Kami mampu mencatatkan waktu yang lebih cepat, jadi ya, sungguh senang,” ungkap Mir dikutip Crash.

 

Balapan seri pertama akan berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, pada Minggu tanggal 6 Maret 2022. Ini adalah satu-satunya balapan malam MotoGP. Bisakah Joan Mir merebut kemenangan?

Baca Juga: Joan Mir: Perang Bukan Cara Terbaik untuk Menyelesaikan Konflik

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya