Kisah Kehebatan Marc Marquez di Sachsenring, 11 Kali Menang Beruntun!

Musim 2022 menandai Sachsenring tanpa SachsenKing

Sejarah baru akan tercipta di MotoGP Jerman musim 2022. Balapan yang berlangsung di Sirkuit Sachsenring ini untuk pertama kalinya sejak 2010 akan mendapatkan pemenang baru selain Marc Marquez. Pasalnya, pembalap berjuluk SachsenKing itu absen dari kompetisi untuk memulihkan cederanya.

Kendati tak ada Marc Marquez di MotoGP Jerman kali ini, kisah Marc Marquez di Sirkuit Sachsenring sudah jadi legenda. Tak ada pembalap hebat lain yang bisa begitu mendominasi di satu sirkuit hingga menang belasan kali.

Sachsenring memang berjodoh dengan Marquez. Lintasannya yang berlawanan arah dengan jarum jam dan banyak tikungan ke kiri sangat cocok dengan gaya balap dan karakter motor yang ia gunakan. Bagaimana kisah kehebatan Marc Marquez merajai Sachsenring?

1. Marc Marquez menang sejak 2010

Kisah Kehebatan Marc Marquez di Sachsenring, 11 Kali Menang Beruntun!Marc Marquez di depan Pol Espargaro. (motogp.com)

Semua berawal pada 2010 saat Marc Marquez berlaga di kelas 125cc. Di Sachsenring, Marquez terlibat duel hebat dengan Pol Espargaro. Rival yang kini jadi pasangan setim itu berebut kemenangan sepanjang balapan. Kondisi aspal yang berbahaya karena cuaca tak bersahabat membuat Pol terjatuh. Marquez memenangi balapan.

Setahun berikutnya ia jadi rookie di kelas Moto2. Sebagai pembalap debutan, ia menang setelah bertarung dengan pembalap tuan rumah, Stefan Bradl, yang kini jadi pembalap penggantinya di MotoGP.

Pada 2012, Marquez kembali menang di Sachsenring setelah menekan Andrea Iannone. Pembalap Italia itu melakukan kesalahan sehingga terjatuh. Jalan Marc Marquez pun mulus untuk memenangi balapan. Kemenangan Marc Marquez terus berlanjut di Sirkuit Sachsenring. Setelah menjadi pembalap di kelas tertinggi, ia bahkan sama sekali tak terkalahkan.

2. Selama berlaga di kelas MotoGP, Marc Marquez selalu jadi pemenang

Kisah Kehebatan Marc Marquez di Sachsenring, 11 Kali Menang Beruntun!Marc Marquez menang di Sachsenring. (motogp.com)

Marc Marquez jadi pembalap rookie di kelas MotoGP musim 2013. Ada sedikit keberuntungan ketika ia menang di Sachsenring kali itu. Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo yang tak mengikuti balapan karena cedera memuluskan peluangnya untuk mendominasi balapan dari awal hingga akhir.

Pada 2014, dalam kondisi balapan yang aneh lantaran pergantian cuaca, hampir semua pembalap start dari pit lane setelah menganti motor. Marc Marquez pun tetap merebut kemenangan. Setahun berikutnya, The Baby Alien tetap juara di Sachsenring setelah memenangkan pertarungan dengan Pedrosa, Lorenzo, dan Valentino Rossi.

MotoGP Jerman musim 2016 makin mengukuhkan kehebatan Marquez. Start balapan dengan kondisi basah, Marquez tak nyaman dengan kondisi bannya. Ia bahkan sempat keluar lintasan meski tak terjatuh. Pembalap Repsol Honda itu lalu memutuskan mengganti motornya dengan motor kondisi kering. Hasilnya fantastis. Memanfaatkan jalur sempit di lintasan yang mulai mengering, Marquez bisa comeback dan merebut kemenangan.

Dominasi Marquez di Sachsenring berlanjut. Pada 2017. Ia menang setelah mengalahkan Jonas Folger, rider asal Jerman yang debut di MotoGP. Pada 2018, ia mengasapi Maverick Vinales dan Valentino Rossi. Setahun berikutnya pada 2019, ia tetap jadi pemenang di depan Vinales dan Cal Crutchlow. Pada titik ini ia sudah menang 10 kali beruntun di Sachsenring. Pencapaian Marquez melebihi rekor Giacomo Agostini yang 9 kali menang berturut-turut di Sirkuit Imatra.

Tahun 2020 tak ada Grand Prix di Jerman lantaran adanya pandemi COVID-19. Pada saat bersamaan, Marc Marquez pun hampir tak turun balap semusim penuh karena cedera humerus berkepanjangan.

Baca Juga: Jalan Panjang Marc Marquez Pulih dari Cedera Humerus, 4 Kali Operasi

3. Comeback fenomenal di musim 2021

Kisah Kehebatan Marc Marquez di Sachsenring, 11 Kali Menang Beruntun!Marc Marquez (motogp.com)

MotoGP Jerman Musim 2021 jadi salah satu kisah sensasional dalam olahraga. Bagaimana tidak, Marc Marquez mampu comeback merebut kemenangan setelah 581 hari sejak terakhir kali ia menang di Valencia 2019.

Start dari urutan ke-5, Marquez bisa mendesak ke depan dan mengasapi Fabio Quartararo. Setelah melewati Miguel Oliveira yang berjuang keras menghalaunya, Marquez merebut kemenangan ke-11 di Sachsenring. Marc Marquez mengunci rekor yang sulit untuk dibuka. Meraih kemenangan 11 kali beruntun di satu sirkuit yang sama, entah siapa lagi yang akan melakukannya.

4. Rebut pole position 10 kali beruntun

Kisah Kehebatan Marc Marquez di Sachsenring, 11 Kali Menang Beruntun!Marc Marquez (motogp.com)

Kehebatan Marc Marquez tak hanya saat balapan. Saat sesi kualifikasi pun ia tak terkalahkan. Jika ia menang 11 kali beruntun saat balapan, Marquez bisa merebut pole position 10 kali beruntun sejak 2010 hingga 2019.

Hanya pada 2021 Marquez tak jadi polesitter. Ia start dari posisi ke-5. Kondisi cedera yang belum sepenuhnya pulih jadi alasan. Meski begitu, Marquez tetap merebut podium tertinggi saat finis.

5. Sachsenring tanpa SachsenKing

Kisah Kehebatan Marc Marquez di Sachsenring, 11 Kali Menang Beruntun!Marc Marquez (motogp.com)

Selayaknya semua kisah, pasti ada akhir yang harus dilalui. Kemenangan beruntun Marc Marquez harus berakhir pada MotoGP Jerman musim 2022. Sirkuit Sachsenring pun akan kehilangan SachsenKing.

Marc Marquez memastikan akan absen hingga waktu yang tak ditentukan setelah melakukan operasi humerus keempat. Ia akan beristirahat hingga kondisinya benar-benar pulih sempurna.

 

Kejayaan Marc Marquez di Sachsenring sudah dan akan terus menjadi kisah yang melegenda di MotoGP. Rekor kemenangan 11 kali beruntun tak mudah untuk dipecahkan. Mungkinkah ini jadi pencapaian yang abadi?

Baca Juga: Marc Marquez Lepas Takhta di Sirkuit Sachsenring, Siapa Juara Baru?

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya