Masa Depan Johann Zarco Ada di Tangannya Sendiri

Satu-satunya pembalap yang tak punya manajer

Johann Zarco jadi pembalap Ducati terbaik pada 2022 ini jika dilihat dari jumlah perolehan poin. Pembalap tim Prima Pramac Racing itu berada di peringkat ke-3 klasemen sementara dengan raihan 114 poin.

Meski begitu, masa depan Johann Zarco di MotoGP 2023 masih belum aman. Ia belum menandatangani kontrak dengan tim mana pun.

1. Johann Zarco jadi andalan tim Pramac Racing

Masa Depan Johann Zarco Ada di Tangannya SendiriJohann Zarco (motogp.com)

Johann Zarco sudah mengendarai Ducati sejak 2020 bersama tim Esponsorama. Pada 2 tahun terakhir, pembalap asal Prancis itu bergabung dengan tim Pramac Racing dan cukup berprestasi. Pada 2021, ia mengemas gelar pembalap independen terbaik.

Sepanjang musim 2022 ini, ia pun tampil cukup apik. Zarco sudah mengemas 4 podium yang ia dapatkan di Indonesia (peringkat ke-3), Portugal (2), Catalunya (3), dan Jerman (2).

Zarco yang kini berusia 31 tahun menunjukkan kematangannya di lintasan balap. Lantas, kenapa ia belum meneken kontrak untuk 2023?

2. Tak punya manajer, Johann Zarco berperan sebagai pembalap sekaligus negosiator

Masa Depan Johann Zarco Ada di Tangannya SendiriJohann Zarco (motogp.com)

Johann Zarco adalah satu-satunya pembalap MotoGP yang tak punya manajer. Ia mengurus masa depannya sendiri, termasuk masalah negosiasi dengan Ducati. Beruntungnya, Zarco punya hubungan yang baik dengan pabrikan Borgo Panigale.

“Kami punya hubungan yang sangat baik. Aku berbicara dengan mereka secara langsung, tanpa manajer. Aku punya ceritaku sendiri, aku cukup tua sekarang untuk berbicara langsung kepada mereka,” kata Zarco seperti dikutip Speedweek.

Baca Juga: Libas Enea Bastianini, Johann Zarco Pimpin Ducati ke Sirkuit Assen

3. Bekerja sama dengan Ducati adalah pilihan terbaik

Masa Depan Johann Zarco Ada di Tangannya SendiriJohann Zarco (motogp.com)

Pihak Ducati dan Johann Zarco sama-sama tahu bahwa hubungan mereka adalah simbiosis mutualisme. Zarco bisa membantu Ducati mengembangkan motornya, sementara Ducati menyediakan paket yang kompetitif baginya.

“Mereka tahu, aku pikir, mereka tahu bahwa dengan hasilku (selama balapan), bertahan bersama Ducati adalah pilihan paling baik. Kami ingin berjaya bersama,” ungkap Zarco dilansir Speedweek.

4. Tinggal menunggu waktu untuk teken kontrak

Masa Depan Johann Zarco Ada di Tangannya SendiriJohann Zarco (motogp.com)

Johann Zarco jadi pembalap yang disukai Paolo Campinoti, Team Principal Pramac Racing. Tak heran, ia seperti punya jaminan untuk setidaknya berada di tim Pramac musim depan.

“Itu sangat bagus aku bisa mengendarai motor pabrikan Ducati di tim Pramac. Aku akan terus bekerja sama dengan Ducati meskipun belum ada yang ditandatangani saat ini,” ujar Zarco sebelum gelaran MotoGP Belanda.

5. Jika tak di Pramac, Johann Zarco berharap bisa jadi tandem Francesco Bagnaia

Masa Depan Johann Zarco Ada di Tangannya SendiriFrancesco Bagnaia dan Enea Bastianini (motogp.com)

Salah satu pembalap Ducati yang sudah mengamankan tempat untuk musim depan adalah Francesco “Peco” Bagnaia. Pecco kini berada di tim pabrikan Ducati. Namun, belum ada kabar siapa yang akan menjadi tandemnya.

Pabrikan Borgo Panigale masih mempertimbangkan opsi antara Enea Bastianini dan Jorge Martin. Meski begitu, Zarco punya opininya sendiri tentang siapa yang bisa menjadi rekan setim Pecco Bagnaia.

“Ducati punya banyak pembalap di tim satelit. Mereka tak tahu akan menempatkan siapa sebagai rekan setim Pecco. Aku sudah berbicara dengan mereka. Jika mereka tak bisa memutuskan antara Enea dari Italia atau Jorge dari Spanyol, maka mereka harus memilih orang Prancis sebagai jalan tengahnya,” ungkap Zarco dikutip Speedweek.

Johann Zarco jadi pembalap Ducati dengan raihan poin tertinggi pada paruh pertama musim. Selisihnya dengan Pecco sekitar 8 poin, sedangkan dengan Enea selisih 9 poin. Pada paruh kedua nanti, mampukah Zarco mempertahankan keunggulannya di MotoGP?

Baca Juga: Johann Zarco Merasa Jadi Superstar di MotoGP Prancis

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya