Jack Miller dan Brad Binder Tak Sabar Jajal Sprint Race MotoGP

Mereka senang bisa lebih banyak unjuk kebolehan

MotoGP 2023 dibekali format baru. Selain balapan utama yang digelar hari Minggu, akan ada sprint race yang dilombakan pada hari Sabtu. Format baru ini dinilai sebagai perubahan radikal sejak MotoGP pertama kali dihelat pada 1949.

Jack Miller dan Brad Binder mendukung format baru ini. Kedua pembalap tim pabrikan KTM tersebut senang bisa memberikan tambahan pertunjukan bagi penggemarnya. Selain itu, tentu saja sprint race jadi kesempatan mereka meraih kemenangan.

Jelang musim balap tahun 2023 yang tak lama lagi berlangsung, Miller dan Binder tak sabar jajal sprint race. Apa kata mereka?

1. Miller senang jadi bagian dari sejarah di MotoGP

Jack Miller dan Brad Binder Tak Sabar Jajal Sprint Race MotoGPJack Miller (motogp.com)

Bagi Jack Miller, adanya sprint race memberinya kesempatan untuk mencetak sejarah. Sprint race yang baru digelar pertama kali di MotoGP adalah perubahan positif bagi kejuaraan.

“Format MotoGP selalu sama selama lebih dari 50 tahun. Sekarang ada perubahan radikal. Menjadi bagian dari perubahan itu sangat luar biasa. Tentu saja awalnya ada tanda tanya, tetapi setelah satu atau dua balapan, semua orang akan menyukai sprint race,” kata Miller dilansir Motorsport-total.

2. Sprint race jadi tambahan pertunjukan bagi penggemar

Jack Miller dan Brad Binder Tak Sabar Jajal Sprint Race MotoGPilustrai balap MotoGP (motogp.com)

Dengan digelarnya sprint race, setiap seri Grand Prix akan menyajikan dua balapan. Miller senang bisa memberikan tambahan pertunjukan bagi penggemar MotoGP.

“Aku juga berpikir akan ada orang yang lebih menyukai sprint race daripada balapan utama. Aku menantikan sprint race. Kami memberikan pertunjukan ekstra untuk penggemar. Aku pikir ini juga menarik bagi kami para pembalap,” kata penggawa baru tim pabrikan KTM itu.

Baca Juga: Manajer Pembalap MotoGP Bakal Berkongsi Minta Bonus Sprint Race

3. Miller merasa sprint race lebih cocok dengan karakternya

Jack Miller dan Brad Binder Tak Sabar Jajal Sprint Race MotoGPpotret Jack Miller (motogp.com)

Jack Miller juga melihat kesempatan untuk tampil maksimal. Sprint race yang hanya melombakan separuh putaran dari durasi main race akan sangat cocok dengan gaya balap Miller yang tampil agresif pada awal balapan.

“Secara statistik, aku kuat pada paruh pertama balapan, jadi aku harap sprint race cocok untukku. Aku juga berasal dari Australia dengan background balapan di trek tanah dan motorcross yang balapannya relatif singkat,” kara Miller dikutip Motorsport-total.

4. Mengenai sprint race, Brad Binder senada dengan Jack Miller

Jack Miller dan Brad Binder Tak Sabar Jajal Sprint Race MotoGPpotret Brad Binder (motogp.com)

Rekan setim Miller di KTM, Brad Binder, sepakat dengan pendapat dari tandem barunya tersebut. Binder yakin sprint race jadi sesi yang lebih baik baginya karena ia memang tak selalu menyukai sesi latihan bebas, terutama latihan bebas atau free practice 4 (FP4).

Seperti diketahui, adanya sprint race mengubah jadwal balap akhir pekan. FP4 MotoGP dihapuskan untuk mengakomodasi sesi balap tambahan ini.

“Aku pikir balapan sprint race memperkaya kejuaraan ini. Balapan itu membuatnya makin menarik bagi semua orang. Aku pembalap yang lebih baik saat balapan. Sejujurnya, aku tak pernah menjadi penggemar FP4,” ujar Binder.

5. KTM bakal mempersiapkan fisik dan mental pembalapnya

Jack Miller dan Brad Binder Tak Sabar Jajal Sprint Race MotoGPBrad Binder (motogp.com)

Bagaimanapun, sprint race adalah hal baru di MotoGP. Francesco Guidotti, manajer tim pabrikan KTM, berpendapat bahwa meskipun singkat, sprint race tetaplah balapan yang penuh tekanan dan persaingan. Kedua pembalapnya harus lebih siap secara fisik dan mental.

“Kami mencoba mempersiapkan kondisi fisik pembalap dan memberi mereka istirahat yang cukup setelahnya. Balapannya memang berdurasi setengah jarak, tetapi akan cukup menegangkan. Kami juga akan mempersiapkan mereka secara mental,” kata Guidotti dikutip Motorsport-total.

Sprint race menjadi ladang tambahan poin bagi para pembalap. Mampukah Jack Miller dan Brad Binder raih hasil maksimal pada setiap serinya?

Baca Juga: Sprint Race buat Fabio Quartararo Harus Siap Tampil Lebih Konsisten

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya