5 Pembalap Ducati dengan Kemenangan Terbanyak di MotoGP

Bagnaia dan Bastianini bakal saingan

Ducati berada dalam momen terbaiknya. Pabrikan Borgo Panigale menunjukkan kedigdayaan di MotoGP 2022. Bagaimana tidak, semua klasemen kejuaraan disapu bersih pabrikan yang menurunkan delapan motor ini.

Ducati pun jadi motor langganan menang di ajang Grand Prix. Padahal, jika menilik sejarahnya, banyak pembalap yang gagal menjinakkan Desmosedici. Nama-nama besar seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Nicky Hayden, Troy Bayliss, dan Marco Melandri tak mampu merebut banyak kemenangan. Bahkan, ada di antara mereka yang tak pernah menang.

Meski begitu, ada cerita berbeda pada musim 2022. Pembalap Ducati mendominasi dalam hal jumlah kemenangan. Tengok saja Francesco Bagnaia yang mengemas 7 kemenangan dalam 1 musim.

Ada yang tak kalah hebat. Salah satu pembalap penggeber Ducati bisa langsung masuk dalam daftar pembalap Ducati yang merengkuh kemenangan terbanyak hanya dalam semusim.

Siapa saja pembalap Ducati dengan kemenangan terbanyak di MotoGP? Yuk, simak uraiannya berikut ini!

1. Casey Stoner (23 kemenangan)

5 Pembalap Ducati dengan Kemenangan Terbanyak di MotoGPCasey Stoner (motogp.com)

Casey Stoner masih menjadi pembalap Ducati paling sukses di MotoGP. Rider asal Australia ini merebut 23 kemenangan pada periode 2007—2010.

Dari jumlah kemenangan tersebut, sepuluh kemenangan di antaranya ia raih dalam semusim. Stoner tampil trengginas dan berhasil menyegel gelar juara dunia pertama untuk Ducati pada 2007.

2. Andrea Dovizioso (14 kemenangan)

5 Pembalap Ducati dengan Kemenangan Terbanyak di MotoGPAndrea Dovizioso (motogp.com)

Andrea Dovizioso terhitung lama bersama Ducati. Pembalap asal Italia ini mengoleksi 14 kemenangan pada 2013—2020.

Meski tak mampu menjadi juara dunia, Dovizioso adalah seorang langganan runner-up kejuaraan. Ia tiga kali bertengger di posisi runner-up tepat di bawah Marc Marquez yang sedang dalam puncak kejayaannya.

Baca Juga: Selain Ducati Lenovo, Ini Nasib 6 Pembalap Ducati Lain di GP Inggris

3. Francesco Bagnaia (11 kemenangan)

5 Pembalap Ducati dengan Kemenangan Terbanyak di MotoGPFrancesco Bagnaia (motogp.com)

Francesco Bagnaia merupakan juara baru Ducati di ajang Grand Prix. Murid Valentino Rossi ini mengakhiri puasa gelar pabiran Borgo Panigale di MotoGP setelah berhasil menjadi pemuncak klasemen musim 2022.

Menggeber Ducati sejak 2019, sejauh ini Bagnaia telah mengoleksi sebelas kemenangan. Raihan kemenangan terbanyaknya terjadi pada 2022 ketika mengemas 7 kemenangan, yang 4 di antaranya diraih secara beruntun.

4. Loris Capirossi (7 kemenangan)

5 Pembalap Ducati dengan Kemenangan Terbanyak di MotoGPLoris Capirossi (motogp.com)

Loris Capirossi juga pencetak sejarah bagi pabrikan Borgo Panigale. Pembalap asal Italia ini adalah pembalap pertama yang menang bersama Ducati Desmoesdici di MotoGP, yaitu pada GP Catalunya 2003.

Capirossi memang menjadi pembalap pertama yang berseragam pabrikan Italia tersebut. Ia meraih tujuh kemenangan bersama Ducati pada periode 2003—2007.

5. Enea Bastianini (4 kemenangan)

5 Pembalap Ducati dengan Kemenangan Terbanyak di MotoGPEnea Bastianini (motogp.com)

Enea Bastianini jadi fenomena tersendiri bagi Ducati. Meski mengendarai Desmosedici di tim satelit, pembalap berjuluk The Beast ini mampu merebut banyak kemenangan di MotoGP.

Ia berhasil mengumpulkan empat kemenangan hanya dalam semusim. Pencapaiannya bersama Gresini Racing pada 2022 itu mengantarkannya menjadi salah satu penghuni daftar pembalap Ducati yang paling banyak menang.

Hanya Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini yang masih aktif mengaspal di antara kelima pembalap yang masuk daftar ini. Keduanya masih punya kesempatan menambah raihan kemenangan. Bagnaia dan Bastianini bakal saingan, nih!

Baca Juga: Enea Bastianini Peringatkan Marc Marquez soal Ketatnya MotoGP 2023

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya