4 Pembalap MotoGP Australia yang Jago Balapan Basah

Jack Miller masih aktif balapan

Balapan MotoGP penuh tantangan. Tak hanya saat balapan kering, ketika kondisi balapan basah pun pembalap menghadapi kesulitannya sendiri. Trek yang licin ditambah jarak pandang yang berkurang jadi rintangan yang harus ditaklukkan.

Menariknya, ada beberapa pembalap asal Australia yang tak takut dengan kondisi balapan basah. Mereka malah sering kali berjaya dan merebut podium sampai kemenangan. Tak heran mereka dianggap sebagai para jagoan hujan atau rain master.

Inilah pembalap MotoGP Australia yang jago balapan basah!

1. Jack Miller

4 Pembalap MotoGP Australia yang Jago Balapan BasahJack Miller (motogp.com)

Jack Miller salah satu pembalap Australia terbaik saat ini. Rider tim Ducati Lenovo itu sudah merebut tiga kemenangan sepanjang kariernya di kelas premier. Dua kemenangan di antaranya ia raih saat balapan basah.

Miller tampil mengesankan pada GP Belanda 2016 di Sirkuit Assen yang lintasannya basah. Mengendarai Honda, Miller menang di depan Marc Marquez.

Hebatnya lagi, itu adalah tahun keduanya di MotoGP. Perlu dicatat, Jack Miller satu-satunya pembalap Australia yang langsung lompat dari Moto3 ke MotoGP.

Kemenangan keduanya saat balapan basah terjadi di Sirkuit Le Mans, Prancis, pada 2021. Saat itu, Miller mengasapi pembalap tuan rumah, Johann Zarco dan Fabio Quartararo.

2. Casey Stoner

4 Pembalap MotoGP Australia yang Jago Balapan BasahCasey Stoner (motogp.com)

Casey Stoner adalah juara dunia MotoGP 2007 bersama Ducati dan 2011 bersama Honda. Sepanjang kariernya, ia mengemas total 38 kemenangan di kelas MotoGP. Beberapa di antaranya ia raih saat balapan basah.

Salah satunya ketika berlaga pada GP Inggris 2011 di Sirkuit Silverstone. Stoner yang waktu itu memperkuat tim Repsol Honda mendominasi jalannya balapan. Stoner menang telak dengan selisih waktu 15,159 detik di depan Andrea Dovizioso yang finis setelahnya.

Saat bersama Ducati, Casey Stoner pun digdaya di lintasan basah. Padahal ia mengendarai Desmosedici yang waktu itu terkenal sangat buas dan sulit dikendalikan.

Pada gelaran GP Jerman 2008, Stoner menjadi yang tercepat di Sachsenring. Ia mengalahkan Valentino Rossi dan Chris Vermeulen.

Baca Juga: Alasan Mengapa Jack Miller Jago Balapan di Lintasan Basah

3. Chris Vermeulen

4 Pembalap MotoGP Australia yang Jago Balapan BasahChris Vermeulen (motogp.com)

Pembalap Australia lain yang punya kemampuan mumpuni di atas lintasan basah adalah Chris Vermeulen. Ia bahkan dijuluki Rain Wizard of Grand Prix Racing.

Kemenangan pertamanya di kelas MotoGP ia raih saat balapan basah. Pada gelaran MotoGP Prancis 2007, pembalap yang memperkuat tim Rizla Suzuki itu menjadi yang tercepat. Ia mengungguli Marco Melandri dengan selisih 12,599 detik.

Meskipun itu adalah kemenangan pertama dan satu-satunya di MotoGP, Vermeulen selalu tampil trengginas di lintasan basah. Saat GP Jerman 2008 misalnya, ia merebut podium ke-3 di belakang Casey Stoner dan Valentino Rossi yang juga merupakan rain master.

4. Anthony West

4 Pembalap MotoGP Australia yang Jago Balapan BasahAnthony West memacu motor di depan Julian Simon. (motogp.com)

Meski bukan pembalap kelas MotoGP reguler, Anthony West diakui sebagai rain master di ajang Grand Prix. Pemenang balapan di kategori Moto2 ini bisa merangsek ke barisan depan saat lintasan basah.

Salah satu yang spektakuler adalah kemenangannya di Moto2 Belanda 2014. West menang setelah menggila di lintasan basah Sirkuit Assen.

Saat balapan, ia start dari urutan ke-23. Lap demi lap, West berhasil menjadi yang terdepan dan finis mengungguli Maverick Vinales dan Mika Kallio.

Itu adalah kemenangan kedua sepanjang kariernya di ajang Grand Prix. Kemenangan perdananya ia rebut di kelas 250cc pada 2003, juga di Sirkuit Assen saat kondisi basah.

5. Pembalap Australia senang balapan di trek tanah

4 Pembalap MotoGP Australia yang Jago Balapan BasahJack Miller berlaga di lintasan basah. (motogp.com)

Ada alasan mengapa para pembalap Australia tampil hebat di lintasan basah. Jack Miller mengungkapkan rahasianya. Selain menemukan pengaturan motor yang tepat, Miller percaya bahwa pengalaman berlaga di trek tanah jadi alasan penting lainnya.

“Trek tanah ada hubungannya dengan itu (kemampuan membalap di lintasan basah). Kami, pembalap Australia, terbiasa mengendarai motor yang berbeda. Kami nyaman dengan semua jenis motor. Jenis apa pun tak masalah,” kata Miller seperti dikutip Speedweek.

Pembalap Australia terus melakukan regenerasi di ajang Grand Prix. Saat ini, pembalap Negeri Kanguru yang aktif di kelas premier adalah Jack Miller dan rookie Remy Gardner. Bisakah keduanya mempertahankan tradisi kehebatan di lintasan basah?

Baca Juga: Jack Miller Ingin Mengikuti Jejak Kesuksesan Casey Stoner di MotoGP

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya