Cepet Banget! 6 Pembalap MotoGP dengan Fastest Lap Terbanyak

Dua posisi teratas masih milik legenda balap Italia

Fastest lap (putaran tercepat) mengacu pada pembalap yang mampu menyelesaikan satu putaran di lintasan balap dengan waktu yang paling singkat. Di kelas MotoGP, hanya beberapa pembalap yang mampu mencatatkan fastest lap dengan jumlah yang paling banyak.

Mereka merupakan pembalap hebat yang telah bertarung di kelas premier dengan begitu lama. Karena itulah mereka punya kesempatan mencetak rekor secara berulang. Namun, justru karena bisa bertahan begitu lama mereka jadi pantas disebut pembalap legenda. Siapa saja mereka?

1. Valentino Rossi (76)

Cepet Banget! 6 Pembalap MotoGP dengan Fastest Lap TerbanyakValentino Rossi (motogp.com)

Rasanya tak akan bosan menyebut berbagai rekor Valentino Rossi. Meskipun tak bisa melebihi jumlah gelar juara dunia yang dimiliki Giacomo Agostini, Rossi bisa mencatatkan 76 kali fastest lap. Jumlah ini terbanyak selama sejarah digelarnya MotoGP.

Pembalap Italia ini mencetak putaran tercepat pertamanya di GP Afrika Selatan pada tahun debutnya di kelas ini meski sayang Rossi tak mampu finis karena terjatuh. Rossi berlaga di kelas 500 cc/MotoGP mulai tahun 2000 hingga pensiun di akhir 2021. Ia adalah legenda MotoGP yang bisa mengoleksi 7 gelar juara dunia di kelas premier.

2. Giacomo Agostini (69)

Cepet Banget! 6 Pembalap MotoGP dengan Fastest Lap TerbanyakGiacomo Agostini (dainese.com)

Fastest lap yang dicatatkan Giacomo Agostini adalah sebanyak 69 kali. Masih tak lebih banyak dibanding Rossi. Tapi, jangan salah, Agostini adalah legenda MotoGP dengan jumlah juara dunia terbanyak. Di kelas 500 cc, Agostini bisa mengumpulkan 8 titel.

Pembalap Italia ini mulai berkarier di kelas MotoGP sejak tahun 1965 hingga 1977. Fastest lap pertamanya ia raih di GP Jerman Timur pada 1966 dengan motor MV Agusta. Sayangnya, ia tak berhasil finis pada seri balap ini.

3. Marc Marquez (59)

Cepet Banget! 6 Pembalap MotoGP dengan Fastest Lap TerbanyakMarc Marquez (motogp.com)

Marc Marquez adalah pembalap Repsol Honda dengan jumlah koleksi juara dunia terbanyak. Sampai saat ini, ia mampu mengumpulkan enam gelar. Namun, dalam hal fastest lap, Marquez berada di urutan ketiga dengan jumlah 59 kali.

Ini mungkin hanya sementara. Marquez adalah satu-satunya pembalap yang masih aktif di daftar ini. Dengan begitu, Marquez masih punya banyak kesempatan untuk menambah rekornya.

Pembalap Spanyol ini mendapatkan fastest lap pertamanya di GP Qatar pada tahun 2013. Hebatnya, ini merupakan balapan pertamanya di kelas premier. Pada akhir balapan Marquez finis di podium ketiga di belakang Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Baca Juga: Fabio Quartararo Ingin Bertarung dengan Marc Marquez di Musim 2022

4. Mick Doohan (46)

Cepet Banget! 6 Pembalap MotoGP dengan Fastest Lap TerbanyakMick Doohan (motogp.com)

Pembalap berikutnya yang ada di daftar ini adalah seorang legenda balap Repsol Honda yang berasal dari Australia. Siapa lagi kalau bukan Mick Doohan. Ia adalah peraih lima kali gelar juara dunia yang diperolehnya secara beruntun.

Untuk jumlah fastest lap, Mick Doohan mendapatkannya sebanyak 46 kali. Pertama kali di GP Spanyol pada 1990 meski ia finis di posisi keempat. Mick Doohan berlaga di kelas MotoGP sejak tahun 1989 hingga 1998. Sepanjang kariernya, Doohan selalu menunggangi Honda.

5. Dani Pedrosa (44)

Cepet Banget! 6 Pembalap MotoGP dengan Fastest Lap TerbanyakDani Pedrosa (motogp.com)

Satu lagi pembalap Repsol Honda yang ada di daftar ini. Dani Pedrosa menjadi pembalap kelima terbanyak dengan raihan 44 kali fastest lap. Pembalap Spanyol ini merupakan seorang legenda MotoGP.

Di daftar ini, ia menjadi satu-satunya pembalap yang tak pernah merasakah gelar juara dunia di kelas premier. Meski begitu, Pedrosa adalah rider yang sangat disegani di lintasan balap. Ia mampu menjadi runner-up sebanyak tiga kali.

Putaran tercepat pertama Pedrosa tercatat di GP China pada 2006. Selain mencetak fastest lap, pembalap berjuluk Little Samurai ini pun merebut kemenangan di depan Nicky Hayden dan Colin Edwards. Pedrosa membalap di kelas MotoGP sejak tahun 2006 hingga 2018 dan selalu bersama tim Repsol Honda. Pada 2021, ia kembali turun balap namun sebagai wildcard tim KTM.

6. Mike Hailwood (37)

Cepet Banget! 6 Pembalap MotoGP dengan Fastest Lap Terbanyakmvagusta.ro

Pembalap terakhir di daftar ini adalah Mike Hailwood dengan 37 kali fastest lap. Rider asal Inggris ini merupakan peraih empat gelar juara dunia di kelas 500 cc.

Fastest lap pertamanya ia raih pada tahun 1962 di GP Belanda dengan motor MV Augusta. Selain mencapai putaran tercepat, ia juga menjadi juara seri di balapan ini. Mike Hailwood berlaga di kelas 500 cc sejak 1960 hingga 1967.

 

Itulah 6 pembalap dengan catatan jumlah fastest lap terbanyak di kelas MotoGP. Bukan hal mudah menjadi yang tercepat di lintasan balap. Apalagi berhasil mengumpulkannya hingga jumlah yang mencapai puluhan. Pada daftar di atas, hanya Marc Marquez yang masih aktif. Apakah pembalap bernomor 93 ini mampu mengalahkan jumlah perolehan Giacomo Agostini dan Valentino Rossi?

Baca Juga: 10 Pembalap Formula 1 yang Paling Banyak Mencatatkan Fastest Lap

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya