10 Pembalap MotoGP yang Pernah Mengendarai Mobil Formula 1

Ada yang jadi juara dunia MotoGP sekaligus Formula 1

Beberapa pembalap MotoGP punya impian mengendarai mobil Formula 1. Ada yang bisa mewujudkannya dengan sekedar mencoba beberapa putaran, ada juga yang bisa alih profesi menjadi driver hebat di ajang jet darat ini.

Sebagian lain punya kesempatan berada di belakang kemudi karena punya sponsor yang mendukung. Ada juga yang bisa meraih kemenangan di MotoGP dan Formula 1 setelah berjuang keras di kedua kompetisi itu.

Disarikan dari berbagai sumber, setidaknya ada 10 pembalap MotoGP yang punya kesempatan mengendarai mobil Formula 1. Siapa saja mereka? Simak uraiannya berikut ini.

1. Valentino Rossi (2019, 2008, dan 2006)

10 Pembalap MotoGP yang Pernah Mengendarai Mobil Formula 1Valentino Rossi (motogp.com)

Valentino Rossi menjadi pembalap MotoGP era modern yang paling sering merasakan kebut-kebutan di roda empat. Salah satunya menggunakan jet darat alias mobil Formula 1.

Pada 2006, The Doctor pernah mencoba Ferrari saat tes pramusim di Valencia. Ia berada dalam satu trek dengan bintang Formula 1 saat itu seperti Michael Schumacher, Fernando Alonso, Jacques Villeneuve dan Jenson Button. Catatan waktu Rossi cukup impresif, ia bisa mencetak waktu tercepat ke-9 dengan selisih satu detik dari Schumacher.

Ia kemudian mencoba lagi Ferrari pada 2008 di Sirkuit Mugello. Dua percobaan ini selalu memantik spekulasi bahwa Rossi akan beralih ke ajang Formula 1. Namun, Rossi akhirnya tetap bertahan di MotoGP.

Pada 2019, Valentino Rossi kembali mencoba mobil Formula 1. Bersama Lewis Hamilton, mereka saling tukar kendaraan di Sirkuit Ricardo Tormo. Hamilton mengendarai Yamaha YZR-M1 milik Rossi, sementara The Doctor berada di balik kemudi Mercedes-AMG F1 W08 EQ Power+ yang digunakan Lewis merebut gelar juara dunia tahun 2017.

2. Marc Marquez (2018)

10 Pembalap MotoGP yang Pernah Mengendarai Mobil Formula 1Marc Marquez (twitter.com/marcmarquez93)

Marc Marquez juga pernah menjajal mobil Formula 1. Pada 2018, ia mengendarai mobil milik tim Toro Rosso di Sirkuit Red Bull Ring.

Ini adalah sebuah uji coba yang diatur oleh sponsor minuman berenergi. Pembalap Repsol Honda ini cukup terkesan dengan laju kecepatan si jet darat.

3. Dani Pedrosa (2018)

10 Pembalap MotoGP yang Pernah Mengendarai Mobil Formula 1Dani Pedrosa (motogp.com)

Dani Pedrosa juga menjajal mobil Formula 1 milik tim Toro Rosso. Pada acara yang sama dengan Marc Marquez di Sirkuit Red Bull Ring.

Sebelum mengendarai mobil Formula 1, kedua pembalap Repsol Honda ini pernah juga mencoba mobil Formula 3. Mereka melahap dua putaran di Sirkuit Motegi dalam rangka hari Honda’s Day of Thanks.

4. Jorge Lorenzo (2016)

10 Pembalap MotoGP yang Pernah Mengendarai Mobil Formula 1Jorge Lorenzo (monsterenergy.com)

Jorge Lorenzo senang bisa mewujudkan impian masa kecilnya. Pada 2016, pembalap Spanyol ini mencoba mobil Formula 1 milik tim Mercedes AMG Petronas di Sirkuit Silverstone.

Acara ini sebagai bentuk hadiah dari sponsor bagi Lorenzo. Monster Energy merupakan sponsor bersama antara Mercedes dan Yamaha.

5. John Hopkins (2006)

10 Pembalap MotoGP yang Pernah Mengendarai Mobil Formula 1John Hopkins (motorcyclenews.com)

Pada Oktober 2006, John Hopkins punya kesempatan memacu mobil Formula 1. Ia bertukar kendaraan dengan Tonio Liuzzi dari tim Scuderia Toro Rosso.

Pembalap MotoGP dari tim Rizla Suzuki ini memegang kemudi PS05B bermesin V10. Sementara sang pembalap Formula 1 menunggangi motor Suzuki bermesin 990cc.

Baca Juga: 10 Pembalap Terbaik McLaren sepanjang Sejarah Formula 1, Siapa Saja?

6. Max Biaggi (2006 dan 1999)

10 Pembalap MotoGP yang Pernah Mengendarai Mobil Formula 1Max Biaggi (twitter.com/1990sf1)

Max Biaggi pernah dua kali berada di balik kemudi mobil Formula 1. Pada 2006, saat private test di Sirkuit Silverstone, pembalap Italia ini mengendarai mobil dari tim Midland yang bermesin Toyota

Beberapa tahun sebelumnya, pada 1999, Biaggi juga pernah mencoba Ferrari. Ia mengujinya di sirkuit uji Ferrari di Fiorano dan melahap 60 putaran.

7. Mick Doohan (1998)

10 Pembalap MotoGP yang Pernah Mengendarai Mobil Formula 1Mick Doohan (twitter.com/1990sF1)

Para pembalap hebat di MotoGP memang sering mendapatkan kesempatan mencoba Formula 1. Ini termasuk bagi Mick Doohan, legenda MotoGP dengan lima kali gelar juara dunia beruntun.

Pada 1998, pembalap Australia ini mengendarai FW19 milik tim Williams di Sirkuit Catalunya. Sayangnya, Doohan kehilangan kendali dan membentur tembok pembatas setelah menyelesaikan empat putaran.

8. Johnny Cecotto (1983)

10 Pembalap MotoGP yang Pernah Mengendarai Mobil Formula 1Johnny Cecotto (twitter.com/alpinef1team)

Nama Johnny Cecotto mungkin jarang terdengar. Tapi, pembalap asal Venezuela ini pernah turun balap di ajang MotoGP maupun Formula 1.

Johnny Cecotto adalah pembalap MotoGP yang meraih gelar juara dunia di kelas 350cc tahun 1975. Ia pun pernah tiga kali menang balapan di kelas 500cc bersama Yamaha.

Selepas pensiun dari MotoGP, Cecotto berlaga di Formula 2 dan menjadi runner up. Ia kemudian menjadi pembalap Formula 1 pada tahun 1983 dan 1984.

9. Mike Hailwood (1963)

10 Pembalap MotoGP yang Pernah Mengendarai Mobil Formula 1Mike Hailwood (twitter.com/f1_images)

Mike Hailwood adalah salah satu pembalap fenomenal yang dimiliki MotoGP. Ia pernah meraih 4 gelar juara dunia di kelas 500cc, 2 gelar juara dunia di kelas 350cc, dan 3 gelar di kelas 250cc.

Bakatnya pun tak berhenti di roda dua. Pada 1963, Hailwood sempat menjadi driver Formula 1 untuk Lotus 24-Climax.

Pada 1971, ia sempat menarik perhatian banyak penggemar balap jet darat. Saat ajang Formula 1 di Monza, ia bisa finis ke-4. Termasuk Hailwood, lima mobil bisa melewati garis finis dengan selisih waktu hanya 0,61 detik. Menjadikannya sebagai salah satu balapan yang paling ketat.

Selama berkarier di Formula 1, ia bisa meraih dua podium di GP Italia 1972 dan GP Afrika Selatan 1974. Hailwood bergabung dengan tim Surtees, tim yang dimiliki oleh John Surtees.

10. John Surtees (1960)

10 Pembalap MotoGP yang Pernah Mengendarai Mobil Formula 1John Surtees (twitter.com/f1)

John Surtees adalah legenda balap. Ia merupakan satu-satunya pembalap yang bisa memenangkan dua kejuaraan dunia MotoGP dan Formula 1.

Antara 1956 dan 1960, Surtees meraih 7 kali gelar juara dunia di MotoGP (3 kali di kelas 350cc dan 4 kali di kelas 500cc). Sementara di Formula 1, ia berhasil merebut titel juara dunia pada 1964 bersama Ferrari.

 

Itulah 10 pembalap MotoGP yang pernah berada di belakang kendali mobil Formula 1. John Surtees tentu saja yang paling spektakuler.

Belum ada lagi yang bisa mengikuti jejaknya. Valentino Rossi sebenarnya punya kesempatan, tapi ia lebih memilih terus di MotoGP.

Baca Juga: 6 Pembalap Penguji di MotoGP 2022, Para Jagoan di Belakang Layar

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya