6 Pembalap Yamaha dengan Kemenangan Terbanyak di MotoGP

Hanya satu pembalap yang masih aktif

Yamaha punya sejarah panjang di MotoGP. Pabrikan asal Iwata, Jepang, tersebut telah berlaga di ajang Grand Prix sejak dekade 1970-an.

Selama puluhan tahun, Yamaha telah mendulang banyak kemenangan. Bagaimana tidak, dalam setiap periodenya, pabrikan berlambang garpu tala diperkuat oleh pembalap-pembalap mumpuni.

Siapa sih pembalap Yamaha dengan raihan kemenangan terbanyak di kelas premier. Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Valentino Rossi (56 kemenangan)

6 Pembalap Yamaha dengan Kemenangan Terbanyak di MotoGPValentino Rossi (instagram.com/valeyellow46)

Bersama Yamaha, Valentino Rossi mengumpulkan 56 kemenangan di kelas MotoGP. Jumlah ini terbesar dibandingkan kemenangan The Doctor bersama pabrikan lain. Sebagai catatan, total kemenangan Rossi di kelas premier mencapai 89 kemenangan.

Jumlah kemenangan Rossi tentu saja menjadi yang terbanyak daripada pembalap Yamaha lainnya. Rossi sendiri menggeber Yamaha pada periode 2004—2010 dan 2013—2021.

2. Jorge Lorenzo (44 kemenangan)

6 Pembalap Yamaha dengan Kemenangan Terbanyak di MotoGPJorge Lorenzo menang di Sirkuit Silverstone. (motogp.com)

Setelah The Doctor, Jorge Lorenzo jadi pembalap Yamaha dengan koleksi jumlah kemenangan terbanyak. Pembalap berjuluk X-Fuera ini mengemas 44 kemenangan dari musim 2008 hingga 2016.

Rivalitas antara Lorenzo dan Rossi menjadi legenda di Yamaha sekaligus MotoGP. Jika ditilik dari jumlah kemenangannya dan periodenya, pencapaian mereka sejatinya tak jauh berbeda.

3. Eddie Lawson (26 kemenangan)

6 Pembalap Yamaha dengan Kemenangan Terbanyak di MotoGPilustrasi balapan era 1980-an (motogp.com)

Eddie Lawson mendulang 26 kemenangan bersama Yamaha. Pada periode musim 1983—1988, pembalap asal California ini menjadi andalan pabrikan berlogo garpu tala.

Lawson berkarier pada era di mana pembalap asal Amerika Serikat dominan di MotoGP. Usai hengkang dari Yamaha, Lawson digantikan oleh Wayne Rainey yang kemudian menjadi rivalnya.

Baca Juga: Yamaha Sambut MotoGP 2023 dengan Kando dan Motor Baru

4. Wayne Rainey (24 kemenangan)

6 Pembalap Yamaha dengan Kemenangan Terbanyak di MotoGPWayne Rainey (motogp.com)

Wayne Rainey menggeber Yamaha pada periode 1988—1993. Ia sempat menjadi saingan Eddie Lawson pada awal kariernya bersama Yamaha. Setelahnya, rider asal Amerika Serikat ini bersaing dengan Kevin Schwantz untuk berebut kemenangan dan gelar.

Bersama pabrikan Jepang ini, Rainey mengoleksi 24 kemenangan. Dalam enam tahun kariernya di kelas premier, Rainey selalu menggeber Yamaha.

5. Kenny Roberts (22 kemenangan)

6 Pembalap Yamaha dengan Kemenangan Terbanyak di MotoGPKenny Roberts (motogp.com)

Sebelum Eddie Lawson dan Wayne Rainey, ada satu pembalap Amerika Serikat lain yang sering menjadi kampiun di MotoGP. Ia adalah Kenny Roberts, peraih juara dunia pertama asal Amerika Serikat.

Kenny Roberts meraih total 22 kemenangan di kelas MotoGP bersama Yamaha. Ia menjadi jagoan tim pabrikan Iwata pada periode musim 1978—1983.

6. Fabio Quartararo (11 kemenangan)

6 Pembalap Yamaha dengan Kemenangan Terbanyak di MotoGPFabio Quartararo (motogp.com)

Mengendarai Yamaha sejak 2019, Fabio Quartararo jadi pembalap teranyar dengan raihan kemenangan terbanyak bersama tim pabrikan garpu tala. Selama 4 tahun terakhir, El Diablo sudah mengantongi 11 kemenangan.

Quartararo tentu saja masih bisa menambah raihan kemenangannya. Pasalnya, ia adalah satu-satunya pembalap yang masih aktif dalam daftar ini.

 

Fabio Quartararo masih memperkuat tim pabrikan Yamaha untuk musim 2023. Pada musim yang melombakan 21 seri Grand Prix ini, berapa banyak ya kemenangan yang bisa diraih Quartararo?

Baca Juga: Quartararo Tak Sabar Jajal Motor Yamaha di Tes MotoGP 2023

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya