5 Catatan Menarik dari Formula 1 GP Australia 2023 

Cerita dari juara dunia dan andalan tuan rumah 

Balapan Formula 1 GP Australia 2023 yang berlangsung di sirkuit Albert Park pada, Minggu (2/4/2023) digelar meriah. Balapan itu sendiri dimenangi oleh Max Verstappen yang start dari pole position.

Nah, seperti biasa, ada hal-hal menarik yang terjadi di setiap balapan Formula 1. Untuk GP Australia 2023, ini dia lima fakta menarik yang kamu perlu ketahui!

1. Max Verstappen menang untuk pertama kalinya di GP Australia

5 Catatan Menarik dari Formula 1 GP Australia 2023 Max Verstappen memegang trofi juara ketiga di GP Australia 2019. (twitter.com/Max Verstappen)

Max Verstappen sukses mengunci posisi start terdepan saat sesi kualifikasi, lalu finis di podium tertinggi pada akhir balapan. Hasil ini merupakan yang kedua musim ini bagi Verstappen setelah menjuarai GP Bahrain.

Podium pertama di GP Australia 2023 adalah podium keduanya sekaligus kemenangan pertamanya di sirkuit Albert Park sejak ia menjadi pembalap utama Formula 1 pada 2015. Sebelumnya, hasil terbaiknya di GP Australia adalah meraih podium ketiga pada 2019.

Menariknya lagi, hasil ini juga memberikan kemenangan pertama Red Bull di GP Australia sejak 2011 yang saat itu diraih oleh Sebastian Vettel. Tak hanya itu, podium pertama ini sekaligus jadi podium ke-80 Max di Formula 1, setara dengan jumlah podium yang diraih oleh Ayrton Senna.

2. Fernando Alonso raih tiga podium berturut-turut pertama sejak 2013

5 Catatan Menarik dari Formula 1 GP Australia 2023 Fernando Alonso merayakan keberhasilannya naik podium kedua di GP Italia 2013. (fia.com)

Fernando Alonso kembali mencuri perhatian saat finis di podium ketiga. Ini jadi podium ketiganya musim 2023 ini setelah GP Bahrain dan GP Arab Saudi, di mana ia juga finis di podium ketiga. Hasil ini tentu istimewa karena ia berhasil finis di atas podium dalam tiga balapan pertama bersama tim baru secara beruntun.

Pembalap Spanyol tersebut meraih tiga podium beruntun untuk terakhir kalinya pada 2013. Saat itu, Alonso yang membela Ferrari menuntaskan GP Belgia, GP Italia, dan GP Singapura di podium kedua.

Baca Juga: 5 Rookie Formula 1 yang Pernah Tampil Gemilang di GP Australia

3. Tiga penghuni podium adalah tiga juara dunia Formula 1

5 Catatan Menarik dari Formula 1 GP Australia 2023 foto sesi konferensi pers usai balapan GP Hungaria 2018 dimana Lewis Hamilton yang menjadi pemenang diapit oleh Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen yang finis kedua dan ketiga berturut-turut (fia.com)

Di atas podium GP Australia 2023, selain Max Verstappen, ada pula Lewis Hamilton dan Fernando Alonso yang berada di podium kedua dan ketiga berturut-turut. Ketiganya adalah juara dunia Formula 1.

Terakhir kali tiga juara dunia bersama-sama berada di atas podium adalah di GP Hungaria 2018. Saat itu, Lewis Hamilton menduduki podium tertinggi, diapit dua pembalap Ferrari, Sebastian Vettel di podium kedua dan Kimi Raikkonen di podium ketiga.

Sebagai tambahan, pertama kali ketiga pembalap tersebut berada di atas podium yang sama adalah di GP Qatar 2020. Hamilton adalah pemenangnya, Verstappen dan Alonso di podium kedua dan ketiga berturut-turut. Namun, saat itu, Verstappen belum menjadi juara dunia.

Selain itu, Hamilton dan Verstappen sudah 34 kali menduduki dua podium tertinggi, baik sebagai pemenang maupun runner-up secara bergantian. Lalu, podium GP Australia 2023 juga mengingatkan Hamilton dan Alonso pada GP Australia 2007, di mana keduanya untuk pertama kali bersama-sama berada di atas podium. Saat itu, keduanya membela McLaren. Hamilton yang kala itu berstatus sebagai rookie finis di podium ketiga, sedangkan Alonso berada di podium kedua.

4. Oscar Piastri debut perdana di rumahnya dan raih poin perdana di Formula 1

5 Catatan Menarik dari Formula 1 GP Australia 2023 Oscar Piastri (formula1.com)

Pembalap tuan rumah, Oscar Piastri, berhasil meraih poin perdana di Formula 1. Catatan itu ia raih di rumahnya sendiri setelah berhasil finis di posisi kedelapan.

Piastri memulai balapan dari posisi ke-16 dan mampu bertahan di tengah balapan yang dipenuhi drama kecelakaan. Hasil ini tentu cukup membanggakan karena ia meraih poin ketika ia mengikuti balapan Formula 1 untuk pertama kalinya di tanah kelahiran.

Lebih lanjut, hasil tersebut mengulangi kesuksesan yang diraih oleh pembalap Australia lain, Mark Webber, yang saat itu menjalani balapan Formula 1 pertama di balapan pembuka musim 2002, GP Australia. Saat itu, ia start dari posisi ke-18 dan menjadi pembalap kelima dari delapan pembalap yang berhasil melewati garis finis.

5. Sergio Perez raih fastest lap dan gelar Driver of The Day

5 Catatan Menarik dari Formula 1 GP Australia 2023 Sergio Perez (formula1.com)

Saat sesi kualifikasi, Sergio Perez gagal mencatatkan waktu karena mobilnya terjebak di pasir akibat gangguan rem. Ia menduduki posisi start paling belakang atau posisi ke-20. Namun, karena mobilnya sempat dimodifikasi lagi, ia mendapatkan hukuman dengan memulai lomba dari pit lane.

Meski begitu, ia berhasil menyelesaikan balapan di posisi kelima. Hasil gemilang ini membuatnya dinobatkan sebagai Driver of The Day. Selain membawa pulang sepuluh poin, ia juga mendapatkan satu poin tambahan karena berhasil mencatatkan fastest lap dengan waktu 1:20.235 pada putaran ke-53.

Tiga juara dunia tampaknya menjadi perhatian utama Formula 1 GP Australia 2023 karena finis podium. Namun, tidak satu pun dari mereka, termasuk pembalap tuan rumah, yang meraih gelar Driver of The Day yang ternyata diraih pembalap yang start dari pit lane!

Baca Juga: Deretan Pembalap Formula 1 yang Tampil di Kandang Sendiri pada 2023

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya