Jadwal Kegiatan dan Panduan menuju Formula 1 GP Miami 2023

Menanti kejutan dan aksi seru

Setelah GP Azerbaijan pekan lalu, para pembalap Formula 1 langsung berpindah ke Amerika Serikat untuk mengikuti GP Miami 2023 atau Formula 1 Crypto.com Miami Grand Prix 2023 pada 5–7 Mei 2023. Selang waktu hanya 1 minggu dari balapan di Sirkuit Baku menuju Sirkuit Miami International Autodrome.

Ada berbagai info termasuk jadwal kegiatan yang kamu perlu ketahui sebelum mengikuti GP Miami 2023. Yuk, kita simak bersama-sama!

1. Jadwal kegiatan

Jadwal Kegiatan dan Panduan menuju Formula 1 GP Miami 2023foto area pit stop dan starting grid di sirkuit Miami International Autodrome (twitter.com/Formula 1)

Seluruh kegiatan akan berlangsung siang hingga sore hari waktu Amerika Serikat. Kamu yang berada di Indonesia akan mengikutinya pada dini hari hingga pagi.

Pada Sabtu (6/5/2023), kamu akan mengikuti sesi latihan bebas pertama pada 01.00–02.00 WIB, sesi latihan bebas kedua pada 04.30–05.30 WIB, dan sesi latihan bebas ketiga pada 23.30–00.00. Lalu, pada Minggu (7/5/2023), ada sesi kualifikasi pada 03.00–04.00 WIB untuk menentukan posisi start balapan yang berlangsung Senin dini hari (8/5/2023) mulai pukul 02.30 WIB.

2. Data sirkuit

Jadwal Kegiatan dan Panduan menuju Formula 1 GP Miami 2023desain sirkuit Miami International Autodrome (formula1.com)

Sirkuit Miami International Autodrome akan menggelar balapan Formula 1 kedua setelah debut di kalender balapan jet darat tersebut pada 2022. Sebagian sirkuit ini bersifat permanen, terutama yang berada di dalam kompleks stadion olahraga.

Para pembalap akan mengitari sirkuit ini berlawanan arah jarum jam dengan melewati 19 tikungan yang terdiri dari 7 tikungan ke kanan dan 12 tikungan ke kiri. Ada dua bagian sirkuit yang menuntut top speed yang baik. Pertama adalah lintasan lurus terpanjang di antara tikungan ke-16 dan ke-17. Lalu, meski agak meliuk, lintasan dari tikungan ke-8 hingga ke-11 juga menjadi area yang cocok untuk beradu top speed.

Dari awal hingga akhir balapan, para pembalap perlu mengitari srikuit sepanjang 5.412 km ini sebanyak 57 kali, yang membuat mereka menempuh jarak 308.326 km. Max Verstappen menjadi pembalap pertama yang mencatatkan fastest lap dengan waktu 1:31.361 di sini.

3. Perkiraan cuaca

Jadwal Kegiatan dan Panduan menuju Formula 1 GP Miami 2023ilustrasi prakiraan cuaca selama GP Miami 2023 (formula1.com)

Pada hari pertama, cuaca cenderung berawan dan akan kering sepanjang hari meski hujan kemungkinan kecil terjadi pada sore hari. Lalu, angin sepoi-sepoi akan menghiasi hampir seluruh hari kedua meski ada peluang kecil untuk terjadinya hujan berangin.

Nah, pada hari Minggu, balapan kemungkinan besar akan dihiasi hujan berangin. Bila hal ini benar terjadi, maka GP Miami akan menjadi balapan pertama pada 2023 yang terjadi dalam kondisi hujan, yang tentunya bisa menambah keseruan.

Baca Juga: Nostalgia 11 Kemenangan Fernando Alonso Bersama Ferrari di Formula 1

4. Ban yang dipakai

Jadwal Kegiatan dan Panduan menuju Formula 1 GP Miami 2023jenis ban yang disediakan Pirelli untuk GP Miami 2023 (press.pirelli.com)

Untuk GP Miami 2023, Pirelli membawa tiga jenis ban yang sama dengan yang dipakai di GP Bahrain dan GP Australia. Ketiganya terdiri dari ban C2 (garis putih), C3 (garis kuning), dan C4 (garis merah).

Ban intermediate dan wet tentunya juga disiagakan untuk mengantisipasi lintasan basah akibat hujan. Namun, mengingat hujan berpeluang besar terjadi saat balapan untuk pertama kalinya musim ini, kita bisa saja melihat mobil Formula 1 menggunakan ban selain ban kering.

5. Klasemen sementara pembalap jelang GP Miami 2023

Jadwal Kegiatan dan Panduan menuju Formula 1 GP Miami 2023klasemen sementara pembalap jelang GP Miami 2023 (twitter.com/Formula 1)

Berkat kemenangannya di sprint race dan balapan utama di GP Azerbaijan, Sergio Perez berhasil memangkas selisih poin dengan Max Verstappen dari 15 poin menjadi 6 poin. Hal ini tentu akan membuat persaingan keduanya lebih ketat lagi akhir minggu ini.

Juara dunia dua kali, Fernando Alonso, masih kokoh di posisi ketiga berkat performanya yang solid di GP Azerbaijan. Charles Leclerc yang meraih hasil positif di Sirkut Baku akhir pekan lalu tentu termotivasi untuk kembali tampil impresif di GP Miami agar bisa memperbaiki posisinya di klasemen pembalap.

Dengan performa mobil yang masih agak jauh dari Red Bull, pembalap Ferrari, Mercedes, dan Aston Martin akan berusaha untuk tampil maksimal. Itu dilakukan untuk mempertahankan atau menyalip posisi di klasemen.

6. Klasemen sementara konstruktor jelang GP Miami 2023

Jadwal Kegiatan dan Panduan menuju Formula 1 GP Miami 2023klasemen sementara konstruktor jelang GP Miami 2023 (twitter.com/Formula 1)

Di klasemen konstruktor, karena mampu menyapu bersih kemenangan di empat balapan pertama musim ini serta menang 1-2 dalam tiga balapan, Red Bull kokoh di puncak dengan 180 poin. Jumlah point tim berlogo sapi merah tersebut bahkan sudah dua kali lebih dari Aston Martin (87 poin).

Ferrari, yang mampu finis dengan posisi lebih baik dari Mercedes di GP Azerbaijan, sukses memangkas selisih poin dengan tim Jerman tersebut. Mereka berpeluang menyalip bila kembali tampil impresif di GP Miami.

Persaingan enam tim sisanya, yang sejauh ini cukup berjarak dengan empat tim teratas, juga akan seru. Mereka berlomba untuk meraih poin dengan mencuri posisi finis sepuluh besar yang tersisa.

7. Hasil GP Miami 2022

Jadwal Kegiatan dan Panduan menuju Formula 1 GP Miami 2023podium Formula 1 GP Miami 2022 (twitter.com/Formula 1)

Ferrari sukses mengunci dua posisi start terdepan saat sesi kualifikasi GP Miami 2022 dengan Charles Leclerc menjadi pembalap pertama yang meraih pole position di Sirkuit Miami International Autodrome. Max Verstappen dan Sergio Perez menempati posisi ketiga dan keempat.

Pada akhir balapan, Perez finis di posisi yang sama seperti ia memulai balapan. Namun, Verstappen menyalip kedua pembalap Ferrari untuk menjadi pemenang pertama di GP Miami. Charles Leclerc dan Carlos Sainz menempati podium kedua dan ketiga.

Dengan performa Red Bull yang masih belum bisa ditandingi oleh lawan-lawannya, kemungkinan besar kita kembali akan melihat dua pembalap Red Bull menguasai dua podium tertinggi di GP Miami. Tentu, kita juga berharap kejutan akan terjadi, terutama tim selain Red Bull yang akan menjadi pemenang di balapan kelima musim ini.

Baca Juga: 10 Foto Kemenangan Oscar Piastri di Formula 3 dan Formula 2

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya