5 Kemenangan Charles Leclerc Sepanjang Kariernya di Formula 1

Leclerc pertama kali menang pada 2019

Charles Leclerc adalah pembalap Ferrari yang lahir pada 16 Oktober 1997 di Monte Carlo, Monako. Ia memulai kariernya di Formula 1 sejak 2018.

Charles Leclerc kini mengarungi musim kelimanya di Formula 1. Sejauh ini, ia sudah berhasil meraih lima kemenangan bersama Ferrari.

1. Menang perdana di GP Belgia 2019

5 Kemenangan Charles Leclerc Sepanjang Kariernya di Formula 1Charles Leclerc menangi GP Belgia 2019 pada Minggu (1/9/2022). (formula1.com)

Charles Leclerc sukses meraih kemenangan perdana di Formula 1 saat balapan di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, Minggu (1/9/2019). Ia kala itu memulai musim keduanya di Formula 1 bersama Ferrari.

Pada balapan itu, Ferrari berhasil mengunci posisi start 1 dan 2. Leclerc menempati posisi pertama ketika rekannya, Sebastian Vettel, berada di posisi kedua.

Sepanjang balapan, Charles Leclerc konsisten menjaga posisi pertama. Namun, ia tetap mewaspadai Lewis Hamilton yang bisa saja menyalipnya bila melakukan kesalahan. Leclerc pun finis di urutan pertama, diikuti dua pembalap Mercedes, Hamilton dan Valtteri Bottas.

2. Bawa Ferrari juara di kandang pada 2019

5 Kemenangan Charles Leclerc Sepanjang Kariernya di Formula 1Charles Leclerc menangi GP Italia 2019 pada Minggu (8/9/2019). (f1chronicle.com)

Masih pada 2019, Charles Leclerc meraih kemenangan keduanya di Formula 1 saat balapan di Sirkuit Monza, Italia, Minggu (8/9/2019). Pembalap asal Monako tersebut kembali memulai balapan dari posisi terdepan.

Meski start di depan, Leclerc masih perlu berjuang keras. Apalagi ia berada di bawah tekanan dua pembalap Mercedes.

Charles Leclerc bahkan harus bertahan melawan Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas hampir sepanjang balapan. Untungnya, oleh karena ketangguhannya, sang pembalap menyelesaikan balapan di podium pertama.

Kemenangan kedua Leclerc makin istimewa karena memberikan kemenangan untuk Ferrari di kandang. Ia ikut mengangkat nama tim di Italia.

Baca Juga: Charles Leclerc Sukses Finis Pertama pada GP Austria

3. Menang pada balapan pembuka Formula 1 2022

5 Kemenangan Charles Leclerc Sepanjang Kariernya di Formula 1Charles Leclerc menyapa kru seusai balapan GP Bahrain 2022. (formula1.com)

Balapan pembuka Formula 1 2022 di Sirkuit Sakhir, Bahrain, Minggu (20/3/2022) menjadi saksi kemenangan ketiga Charles Leclerc di ajang balap bergengsi tersebut. Ia saat itu mampu memulai balapan dari posisi terdepan.

Sama seperti dua kemenangan sebelumnya, Leclerc tentu tidak dapat menang dengan mudah. Ia harus menghadapi perlawanan sengit dari Max Verstappen (Red Bull) pada balapan pembuka Formula 1 2022.

Verstappen kemudian mengalami kendala pada mesin sehingga tidak dapat menyelesaikan balapan. Charles Leclerc memanfaatkan itu untuk tampil dominan hingga akhir.

Pembalap Ferrari itu lantas menjadi pembalap terdepan yang menyentuh garis finis. Ia diikuti rekan satu timnya, Carlos Sainz, di posisi kedua. Sedangkan, posisi ketiga dikunci Lewis Hamilton.

4. Kembali menang di Australia pada 2022

5 Kemenangan Charles Leclerc Sepanjang Kariernya di Formula 1Charles Leclerc meraih grand slam pada GP Australia 2022. (skysports.com)

Charles Leclerc meraih kemenangan keempatnya pada GP Australia 2022 di Sirkuit Albert Park, Minggu (10/4/2022). Seperti tiga kemenangan sebelumnya, pembalap berusia 24 tahun ini memulai balapan dari posisi pertama, lalu finis pertama pula.

Dengan kemenangan itu, Leclerc sekaligus membuat Ferrari meraih kemenangan kedua pada 2022. Ia juga lagi-lagi berhasil menang ketika start terdepan.

Sepanjang balapan, Charles Leclerc sendiri harus berduel dengan Max Verstappen. Namun, pembalap Red Bull tersebut kembali mengalami masalah mesin.

Masalah mobil Verstappen memudahkan Leclerc memimpin balapan. Ia finis pun bersama Sergio Perez (2) dan George Rusell (3) dari Red Bull dan Mercedes.

5. Menang di GP Austria 2022

5 Kemenangan Charles Leclerc Sepanjang Kariernya di Formula 1Charles Leclerc mengangkat trofi pada GP Austria 2022. (formula1.com)

Charles Leclerc meraih kemenangan kelima di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Minggu (10/7/2022). Ia mampu menyelesaikan balapan di posisi puncak meski memulai balapan dari posisi kedua.

Ini lantas menjadi pengalaman pertamanya meraih kemenangan saat tidak memulai balapan dari posisi terdepan. Performa mobil Ferrari yang kompetitif pada awal balapan membuat Leclerc tampil impresif.

Charles Leclerc mampu menyalip Max Verstappen sebanyak tiga kali sepanjang balapan. Sayangnya, pedal gas mobilnya sempat bermasalah pada beberapa putaran terakhir.

Verstappen bahkan sempat memangkas jarak. Namun, dengan usaha kerasnya, Leclerc tetap menyelesaikan balapan di posisi pertama.

Charles Leclerc kini sudah mengantongi lima kemenangan. Ia masih bisa menambahnya pada sisa musim 2022. Kita akan menyaksikan kiprahnya lagi mulai di GP Prancis pada 24 Juli mendatang.

Baca Juga: Charles Leclerc Sukses Menang pada GP Bahrain, Hamilton Finis Ketiga

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya