Perjalanan 5 Kemenangan Pertama Sergio Perez di Formula 1 

Pembalap Meksiko tersukses di Formula 1 

Sergio Perez kembali mencuri perhatian pecinta Formula 1 setelah berhasil menjuarai GP Arab Saudi 2023 yang berlangsung di Jeddah Corniche Circuit, Senin (20/3/2023) dini hari WIB. Ia sukses juara setelah memulai balapan dari pole position

Hasil tersebut membuat Sergio Perez sudah meraih lima kemenangan di balapan jet darat ini. Intip lagi perjalanan Sergio Perez mengoleksi lima kemenangan pertamanya di Formula 1, yuk!

1. GP Sakhir 2020

Perjalanan 5 Kemenangan Pertama Sergio Perez di Formula 1 Sergio Perez menjadi pemenang Gp Sakhir 2020 ditemani Lance Stroll yang finis di podium ketiga. (formula1.com)

Sergio Perez memulai balapan GP Sakhir 2020 dari posisi kelima. Ia berusaha untuk naik ke posisi ketiga pada putaran pertama.

Sayangnya, ia terlibat insiden dengan Leclerc dan Verstappen. Beruntung ia masih bisa melanjutkan lomba meski harus masuk pit stop lebih dulu dan berada di posisi terakhir, sedangkan kedua pembalap tersebut harus keluar.

Saat itu, Perez yang membela Racing Point mampu menyalip satu per satu pembalap di depannya hingga akhirnya mampu memimpin lomba di fase akhir balapan. Ia sempat mendapatkan tekanan dari George Russell dari Mercedes yang saat itu menggantikan Lewis Hamilton. Namun, Russell yang berpeluang menyalip Perez terpaksa masuk pit stop karena ban belakang mobilnya bocor.

Perez memanfaatkan momentum ini secara maksimal untuk melaju hingga garis finis sekaligus mengklaim kemenangan perdananya di Formula 1. Kemenangan perdana itu baru terwujud setelah ia menanti selama 190 balapan.

Ia menjadi pembalap Meksiko kedua yang berhasil memenangi balapan Formula 1 setelah Pedro Rodriguez yang memenangi GP Afrika Selatan 1967 dan GP Belgia 1970. Kemenangan ini juga berarti untuk dirinya sebelum pindah ke Red Bull pada 2021 serta untuk timnya sebelum berganti menjadi Aston Martin pada 2021.

2. GP Azerbaijan 2021

Perjalanan 5 Kemenangan Pertama Sergio Perez di Formula 1 Sergio Perez memegang trofi juara pertama di GP Azerbaijan 2021. (formula1.com)

Sergio Perez memulai balapan GP Azerbaijan 2021 dari posisi keenam. Di akhir balapan, ia finis di podium pertama untuk memberikan kemenangan pertamanya bagi Red Bull.

Hasil tersebut membuat pembalap Meksiko ini sudah naik podium tiga kali di GP Azerbaijan. Kemenangannya cukup dramatis karena terjadi setelah rekan satu timnya, Max Verstappen, mengalami kecelakaan akibat ban pecah beberapa putaran sebelum finis.

Baca Juga: Helmut Marko Puji Kegigihan Sergio Perez Selama di Red Bull

3. GP Monako 2022

Perjalanan 5 Kemenangan Pertama Sergio Perez di Formula 1 Sergio Perez mengangkat trofi juara pertama di GP Monako 2022. (img.redbull.com)

Perez memulai balapan GP Monako 2022 dari posisi start ke-3 di depan Max Verstappen yang start dari posisi ke-4. Kedua pembalap Red Bull ini sempat tertahan di belakang dua pembalap Ferrari sejak balapan dimulai.

Namun, berkat strategi pit stop yang jitu, Perez mampu menyalip kedua pembalap Ferrari untuk memimpin balapan hingga garis finis. Hasil ini membuatnya menjadi pembalap Meksiko pertama yang memenangi GP Monako sekaligus pembalap dari negara Amerika Utara pertama yang memenangi balapan ini sejak Gilles Villeneuve pada 1981.

4. GP Singapura 2022

Perjalanan 5 Kemenangan Pertama Sergio Perez di Formula 1 Sergio Perez mengangkat trofi juara pertama di GP Singapura 2022. (twitter.com/Oracle Red Bull Racing)

Kemenangan berikutnya diraih di balapan sirkuit jalan raya lagi, yaitu GP Singapura 2022. Ia yang start dari posisi kedua sukses menyalip Charles Leclerc yang start dari pole position ketika memasuki tikungan pertama.

Sejak itu, ia kokoh berada di posisi terdepan meski terus-menerus digempur oleh Leclerc hingga garis finis. Hasil ini memberikan kemenangan pertama untuk Red Bull di Singapura sejak 2013; kala itu dipersembahkan oleh Sebastian Vettel.

5. GP Arab Saudi 2023

Perjalanan 5 Kemenangan Pertama Sergio Perez di Formula 1 Sergio Perez mengangkat trofi juara pertama di GP Arab Saudi 2023. (honda.racing)

Terbaru, Perez meraih kemenangan kelimanya di GP Arab Saudi 2023. Satu hari sebelumnya, saat sesi kualifikasi, ia berhasil mengunci pole position yang merupakan kali kedua dalam kariernya sebagai pembalap Formula 1.

Menariknya lagi, ia menjadi pembalap kedua yang menjuarai GP Arab Saudi dari pole position setelah Lewis Hamilton pada 2021. Selain itu, ia juga menang untuk pertama kalinya dengan ditemani Max Verstappen di podium kedua.

Perez meraih empat dari lima kemenangan sirkuit jalan raya. Sanggupkah ia makin menasbihkan diri sebagai pembalap F1 penakluk sirkuit jalan raya dalam seri-seri berikutnya?

Baca Juga: Posisi Sergio Perez Belum Aman meski Punya Kontrak hingga 2024

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya