2 Pemain NBA Tunjukkan Solidaritas untuk Ukraina

Alex Len dan Svi Myhaliliuk minta invasi Rusia dihentikan

Jakarta, IDN Times - Dua pemain NBA, Alex Len dan Svi Myhaliliuk, menunjukkan solidaritas mereka kepada Ukraina. Hal itu mereka tunjukkan dalam laga Sacramento Kings kontra Denver Nuggets, Jumat (25/2/2022).

Len, yang merupakan pemain Kings dan Mykhailiuk, pemain Toronto Raptors, membuat sebuah pernyataan resmi bersama. Pernyataan tersebut berisi kutukan terhadap invasi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina.

Berikut ini merupakan isi pernyataan lengkap Alex Len dan Svi Myhaliliuk saat pertandingan NBA antara Sacramento Kings kontra Denver Nuggets.

1. Harapan agar perang usai

2 Pemain NBA Tunjukkan Solidaritas untuk UkrainaSeorang anggota tentara Rusia menembakkan sebuah howitzer dalam latihan militer di Kuzminsky di selatan Rostov, Rusia, Rabu (26/1/2022). ANTARA FOTO/Sergey Pivovarov/File Photo.

Len dan Mykhailiuk mengutuk aksi invasi yang dilakukan Rusia. Keduanya pun mendoakan keluarga dan saudara mereka yang ada di Ukraina agar selalu berada dalam kondisi baik-baik saja.

Lebih jauh, mereka pun berharap agar perang ini segera usai. 

"Ukraina adalah negara yang damai, bebas, dan diisi oleh orang-orang yang bisa menentukan nasibnya sendiri. Kami berharap, perang bisa segera usai dan semua akan kembali baik-baik saja," ujar pernyataan resmi tersebut, dilansir ESPN FC.

Baca Juga: Perang Rusia vs Ukraina: Schalke Cabut Logo Gazprom dari Jersey

2. Memberi semangat bagi masyarakat Ukraina

2 Pemain NBA Tunjukkan Solidaritas untuk UkrainaSeorang pria mengucapkan selamat tinggal kepada putrinya melalui jendela bus selama evakuasi penduduk lokal ke Rusia, di kota Donetsk yang dikuasai pemberontak, Ukraina, Sabtu (19/2/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Alexander Ermochenko.

Selain mendoakan mereka, Len dan Mykhailiuk juga memberikan semangat kepada masyarakat Ukraina. Apalagi, mereka juga merupakan dua orang yang lahir dan besar di negara tersebut.

"Wahai teman-temanku di Ukraina, bertahanlah! Persatuan adalah kekuatan kita! Kami semua akan selalu berada bersamamu!" tulis pernyataan resmi tersebut.

3. Ada momen mengheningkan cipta

2 Pemain NBA Tunjukkan Solidaritas untuk UkrainaSejumlah orang berseragam melempatkan berbagai benda ke api di depan gedung intelijen di unit Kementrian Pertahanan Ukraina, di Kyiv, Ukraina, Kamis (24/2/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Umit Bektas.

Jelang laga Kings lawan Denver Nuggets saja, sempat ada momen mengheningkan cipta dan saling berpegangan tangan antar pemain. Hal ini merupakan bentuk solidaritas terhadap Ukraina. NBA juga turut memberikan dukungan bagi Ukraina.

"Doa kami selalu bersama orang-orang Ukraina, termasuk dua pemain Ukraina yang sedang main bersama kami, Alex Len dan Svi Mykhailiuk, beserta keluarganya yang tengah berada dalam situasi sulit," ujar pernyataan resmi NBA.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya