Abraham Damar Gabung Klub IBL Prawira Bandung

Abraham Damar adalah MVP IBL 2020 

Jakarta, IDN Times - Prawira Bandung menunjukkan keseriusan mereka menjelang ajang IBL 2021. Keseriusan mereka tunjukkan dengan merekrut Abraham Damar Grahita, Most Valuable Player (MVP) 2020.

Abraham, seperti dikutip dari situs resmi IBL, diyakini tidak akan kesulitan beradaptasi di Prawira. Sebab Prawira kini ditangani oleh Andre Yuwadi. Abraham dan Andre pernah bersama di tim Stadium Jakarta.

Pada 2016, Abraham menjadi rookie di IBL bersama Stadium. Andre sendiri kala itu baru satu tahun menjadi pelatih Stadium, usai mengambil alih tim dari Tri Adjanaadi Lokatanaya.

Perpindahan Abraham ke Prawira ini menjadi salah satu transfer terbesar di IBL musim ini. Abraham adalah salah satu pebasket bertalenta yang dimiliki oleh Indonesia.

1. Catatan-catatan apik Abraham Damar

Abraham Damar Gabung Klub IBL Prawira BandungDBL Indonesia

Di ajang IBL musim 2018-2019, Abraham memiliki catatan individu yang apik bersama Stapac. Dilansir situs resmi IBL, selama musim reguler, ia sukses mencatatkan total 9,3 PPG (point per game), 2,6 RPG (rebound per game), dan 3,3 APG (assist per game).

Memasuki musim 2020, permainan Abraham meningkat. Bermain untuk Indonesia Patriots, Abraham menorehkan 13,6 PPG, 3,6 RPG, dan 2,8 APG. Catatan-catatan ini menjadikannya sebagai salah satu talenta menjanjikan di dunia basket Indonesia.

Selama tiga musim terakhir IBL, Abraham juga meraih banyak gelar individu. Selain MVP IBL 2020, ia juga meraih gelar Most Improved Player of the Year pada musim 2016-2017 dan Sixth Man of the Year IBL 2018-2019.

Baca Juga: Resmi! Kompetisi IBL 2020 Kembali Dilanjutkan pada Oktober 

2. Pernah bermasalah dengan Timnas Basket Indonesia

Abraham Damar Gabung Klub IBL Prawira BandungAbraham Damar (Instagram.com/abrahamdg_)

Meski bergelimang catatan individu, Abraham pernah terkena masalah. Itu terjadi saat ia membela Timnas Basket Indonesia dalam ajang Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021.

Saat itu ia dipulangkan dari Timnas lebih cepat karena bersikap kurang elok saat sesi jumpa pers selepas laga lawan Korea Selatan. Ia bersikap acuh tak acuh dengan menengadahkan kepalanya ke atas, serta menelungkupkan kepalanya ke meja saat pelatihnya memberikan keterangan.

Padahal dalam laga itu, meski Timnas Basket Indonesia kalah 76-109, Abraham bermain baik. Ia mencetak 25 angka dan 4 assist. Namun, akibat sikap Abraham ini, manajemen Timnas Basket Indonesia dan PP Perbasi mengambil sikap tegas dengan memulangkannya.

3. Abraham dipercaya menambah kekuatan Prawira

Abraham Damar Gabung Klub IBL Prawira BandungAbraham Damar (Instagram.com/abrahamdg_)

Prawira saat ini sudah dihuni kekuatan-kekuatan apik. Ada Arif Hidayat, Danny Ray, Hans Abraham, dan Danny Christian di posisi guard. Kehadiran Abraham dipercaya menambah kekuatan di posisi guard.

Selain pemain-pemain tersebut, Prawira juga dikabarkan akan merekrut pemain muda yang sedang mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas, Yudha Saputera. Raymond Shariputra, rekan Abraham di Stadium, juga sudah membela Prawira.

Menarik menantikan kehadiran penampilan Prawira di IBL musim depan. Berisikan pemain bintang, Prawira tentu diharapkan dapat berbicara lebih banyak di IBL 2021.

Baca Juga: Kompetisi IBL Bergulir Lagi Mulai September, Tanpa Pemain Asing?

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya