Alex Rins, Cahaya Honda di Tengah Situasi Sulit Musim Ini

Rins jadi satu-satunya pembalap Honda yang masuk podium

Jakarta, IDN Times - Alex Rins memang masih terkapar saat ini. Kecelakaan yang dialami di MotoGP Italia, membuat Alex Rins harus naik meja operasi. Namun, terlepas dari itu, Alex Rins adalah cahaya di tengah situasi sulit yang dialami Honda saat ini.

Mantan Manajer Suzuki Livio Suppo mengatakan, Rins mampu mengendalikan Honda di tengah kesulitan yang dialami sejauh ini. Rins juga mampu mengungguli rekan tim lainnya, termasuk Marc Marquez.

"Tanpa mencapai level Stoner atau Marquez, Alex Rins berhasil meraih hasil apik sejauh ini di MotoGP 2023, terlepas dari buruknya situasi yang dia alami di Honda sekarang," ujar Suppo, dilansir Motosan.

Baca Juga: Alex Rins Beberkan Kekurangan RC213V yang Harus Dibenahi Honda

1. Para pembalap Honda bertumbangan

Alex Rins, Cahaya Honda di Tengah Situasi Sulit Musim Inipotret Alex Rins dari tim LCR Honda Castrol (motogp.com)

Suppo melihat, para pembalap Honda musim ini banyak yang bertumbangan. Selain Marc Marquez yang harus banyak absen karena cedera, Joan Mir juga kerap ditimpa kesialan. Joan Mir jatuh sampai belasan kali.

"Marc Marquez cedera, Joan Mir juga terkena cedera tangan, meski sebenarnya dia masih bisa membalap. Rins juga harus mengalami operasi, dan Nakagami mendapatkan hukuman long lap penalty," ujar Suppo.

Baca Juga: Alex Rins Berharap RC213V Kembali Jadi Motor Terbaik di MotoGP

2. Honda pun tak mengerti apa yang terjadi

Alex Rins, Cahaya Honda di Tengah Situasi Sulit Musim Inimotogp.com

Seolah mendukung pernyataan Suppo, manajer tim Repsol Honda Alberto Puig, juga heran dengan situasi tim asal Jepang itu. Dia bahkan sampai berujar, motor Honda begitu susah dipahami oleh semua orang di tim.

"Saat ini, motor kami kerap melakukan sesuatu yang tidak kami pahami, bahkan melebihi ekspektasi dari pembalap. Ada banyak insiden jatuh yang kami tidak pahami apa alasannya," kata Puig.

Baca Juga: Alex Rins Sebut Honda Bukan soal Marc Marquez Saja

3. Rins jadi pembalap Honda dengan peringkat tertinggi

Alex Rins, Cahaya Honda di Tengah Situasi Sulit Musim Inipembalap Repsol Honda di atas RC213V (motogp.com)

Terlepas dari kesulitan yang ada, Rins jadi satu-satunya pembalap Honda yang mampu mencapai podium sejauh ini. Dia sukses finis pertama di MotoGP Amerika Serikat. Prestasi itu membuatnya bertengger di peringkat 13.

Alex Rins pun jadi pembalap Honda dengan peringkat tertinggi sejauh ini di musim 2022/23. Dia unggul dari Takaaki Nakagami yang ada di posisi 16, Marquez di posisi 19, serta Joan Mir di posisi 26. Tak salah memang dia jadi cahaya musim ini.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya