Atlet SEA Games 2021 Diminta Tetap di Pelatnas saat Idul Fitri

Atlet juga disarankan tidak mudik

Jakarta, IDN Times - Kondisi kesehatan atlet menjadi perhatian serius Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry Kono. Apalagi, ajang yang dihelat di Vietnam itu berdekatan dengan Idul Fitri 1443 Hijriah.

Ferry menyatakan dekatnya perayaan Idul Fitri dengan SEA Games 2021 membuat pihaknya perlu waspada menjaga kondisi kesehatan para atlet. Dia pun mengimbau federasi mengawasi atletnya untuk tetap berada di tempat pemusatan latihan (pelatnas).

"Ini adalah SEA Games yang luar biasa karena Hari Raya Idul Fitri berdekatan waktunya dengan penyelenggaraan dan keberangkatan kontingen ke Vietnam. Sebagai CdM, saya mengimbau agar atlet tidak mudik dan tetap menjaga prokes," kata Ferry dalam keterangan resminya.

1. Atlet disarankan tidak mudik untuk mempersiapkan diri

Atlet SEA Games 2021 Diminta Tetap di Pelatnas saat Idul FitriCdM Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry Kono. (Dok, NOC Indonesia)

Ferry juga menyarankan kepada para atlet, agar mereka tidak mudik di Hari Raya Idul Fitri kali ini. Dengan tidak mudik, atlet bisa lebih bugar saat menyiapkan diri untuk berkompetisi. Apalagi, banyak hal yang bisa saja terjadi saat atlet mudik ke kampung halaman.

"Takutnya, jika mudik akan terjebak macet sehingga memengaruhi kondisi kebugaran atlet. Jadi mohon maaf, sebaiknya para atlet tidak melakukan mudik Lebaran untuk tahun ini. Fokus saja untuk SEA Games Vietnam," ujar Ferry.

Baca Juga: Elkan Baggott Dipastikan Bela Timnas U-23 di SEA Games 2021

2. CdM Indonesia mempersiapkan kebutuhan kontingen

Atlet SEA Games 2021 Diminta Tetap di Pelatnas saat Idul FitriCdM Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry Kono. (Dok, NOC Indonesia)

Ferry mengaku, walaupun mepet dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, tim CdM Indonesia berjuang mempersiapkan semua kebutuhan kontingan Indonesia dengan sangat baik. Tim CdM Indonesia bahkan harus merelakan masa libur Lebaran tahun ini. Mereka tidak mudik.

"Perencanaan adalah kuncinya. Karena itu, kami membuat perencaan dari keberangkatan atlet, selama di Vietnam dan kepulangan dengan sangat matang," kata Ferry.

3. Pengukuhan dan pelepasan atlet digelar 9 Mei 2022

Atlet SEA Games 2021 Diminta Tetap di Pelatnas saat Idul FitriSuasana pesta kembang api saat penutupan SEA Games 2019 di Stadion Atletik New Clark City, Tarlac, Filipina, Rabu (11/12/2019). Pesta olahraga terbesar ke-30 di Asia Tenggara tersebut resmi ditutup dan Vietnam akan menjadi tuan rumah selanjutnya untuk SEA Games 2021. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Ferry menyatakan untuk pengukuhan dan pelepasan atlet, akan dijadwalkan pada 9 Mei 2022. Kontingen Merah Putih yang dipimpin Ferry akan dilepas langsung oleh Presiden Indonesia, Joko 'Jokowi' Widodo pada di Istana Negara.

"Setelah dilepas Bapak Presiden Joko Widodo, rombongan besar berangkat pada 10-11 Mei 2022. Namun, keberangkatan cabor tetap ada setiap hari hingga 18 Mei. Kami melakukan pengiriman dan kepulangan secara bertahap karena menyesuaikan jadwal bertanding mereka," terang Ferry.

Tim Indonesia untuk SEA Games 2021 berkuatan 499 atlet yang akan berpartisipasi di 32 dari 40 cabor yang dipertandingkan. Ada penambahan atlet di kontingen Indonesia dengan masuknya futsal putra (14), balap sepeda (6), dan renang (1).

Baca Juga: Atlet Indonesia di SEA Games Bakal Dapat Uang Saku, Segini Jumlahnya

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya