Bandung BJB Tandamata Juara Proliga 2023 Putri

Bandung BJB Tandamata kalahkan Pertamina Fastron

Jakarta, IDN Times - Bandung BJB Tandamata menang dalam laga final Proliga 2023 Putri. Bersua Jakarta Pertamina Fastron di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Sabtu (18/3/2023), tim asal Bandung itu menang dengan skor 3-2 (27-25, 25-22, 24-26, 20-25, 15-8).

Pada awal-awal set pertama, Bandung BJB Tandamata kesulitan menghadapi permainan agresif Jakarta Pertamina Fastron. Tak jarang, smes-smes tajam yang mereka lepaskan membuat para pemain Bandung BJB Tandamata kesulitan.

Alhasil, sepanjang set pertama ini, Bandung BJB Tandamata selalu tertinggal dari Jakarta Pertamina Fastron. Permainan Jakarta Pertamina Fastron begitu rapi, mulai dari receive, set, smes, hingga block. Tak heran, mereka bisa unggul 23-17.

Namun, di sinilah kebangkitan Bandung BJB Tandamata dimulai. Mereka perlahan-lahan meraih poin demi poin, dan memaksakan laga menuju deuce, 24-24. Di kedudukan deuce inilah, Bandung BJB Tandamata menunjukkan mental mereka.

Service ace dan smes tajam membuat Bandung BJB Tandamata membalikkan kedudukan. Mereka menutup set pertama dengan skor 27-25. Memasuki set kedua, kejar-kejaran angka terjadi antara kedua tim di awal-awal set.

Beberapa kesalahan servis dari Jakarta Pertamina Fastron sempat membuat Bandung BJB Tandamata unggul. Namun, mereka memperbaiki itu dengan memberikan tekanan balik. Jakarta Pertamina Fastron pun sempat mengejar.

Akan tetapi, Bandung BJB Tandamata kembali menunjukkan mental juara. Lewat serangan dan permainan yang rapi plus terukur, mereka meraih poin demi poin di set kedua ini. Alhasil, mereka menutup set kedua dengan skor 25-22.

Memasuki set ketiga, Jakarta Pertamina Fastron membenahi diri. Mereka kembali bermain rapi dan tidak meninggalkan celah di area permainan mereka sendiri. Ditambah lagi, beberapa kali mereka melakukan service ace.

Alhasil, Jakarta Pertamina Fastron sempat unggul jauh atas Bandung BJB Tandamata, dengan skor 16-12. Namun, lagi-lagi Bandung BJB Tandamata urung menyerah. Mereka berusaha untuk memperbaiki diri sepanjang set ketiga ini.

Insiden set pertama pun terulang. Perlahan-lahan, Bandung BJB Tandamata mulai bisa mengejar. Mereka bahkan berhasil menyamakan angka menjadi 19-19. Kekuatan mental Bandung BJB Tandamata teruji di sini.

Di akhir set ketiga, kejar-kejaran angka terjadi di antara Bandung BJB Tandamata dan Jakarta Pertamina Fastron. Sempat mengejar hingga 24-24, Bandung BJB Tandamata pun tumbang di set ketiga ini dengan skor 24-26.

Jakarta Pertamina Fastron mendapatkan angin segar di set keempat. Mereka langsung menancapkan keunggulan, memanfaatkan fokus Bandung BJB Tandamata yang sedikit hilang. Namun, lagi-lagi Bandung BJB Tandamata berusaha memperbaiki diri.

Akan tetapi, Jakarta Pertamina Fastron benar-benar ciamik di set keempat ini. Permainan mereka lebih rapi dibandingkan set ketiga, dan mereka tidak tegang ketika Bandung BJB Tandamata mengejar. Alhasil, mereka sukses menjaga keunggulan.

Di akhir-akhir set keempat, keunggulan Jakarta Pertamina Fastron begitu paripurna. Mereka begitu rapi, dan minim kesalahan. Set keempat berakhir dengan keunggulan Jakarta Pertamina Fastron dengan skor 25-20.

Memasuki set kelima, laga berjalan panas. Saat kedudukan 7-4, sempat hadir tensi antara pelatih kedua tim, lantaran pelatih Bandung BJB Tandamata, Alim Suseno, dianggap menghalangi pemain Jakarta Pertamina Fastron yang akan mengejar bola.

Di set kelima ini, Bandung BJB Tandamata kembali berbenah. Momentum tensi antara kedua pelatih sukses mereka manfaatkan untuk mendulang poin. Mereka sempat unggul 10-6 di set ketiga ini.

Bandung BJB Tandamata pun terus mempertahankan keunggulan mereka di set kelima ini. Mereka pun mengunci set kelima dengan skor 15-8. Mereka sukses meraih gelar juara Proliga 2023 Putri, sekaligus mempertahankan gelar tahun lalu.

Baca Juga: Proliga 2023 Putri: Gresik Petrokimia Raih Tempat Ketiga!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya