Comscore Tracker

Bekuk Myanmar, Timnas U-16 ke Final Piala AFF U-16 2022

Timnas U-16 menang dengan skor 5-4

Jakarta, IDN Times - Timnas U-16 Indonesia melaju ke final Piala AFF U-16 2022. Kepastian itu didapat setelah di babak semifinal lawan Myanmar, Rabu (10/8/2022) di Stadion Maguwoharjo, Garuda Asia menang adu penalti dengan skor 5-4, setelah main imbang 1-1 di waktu normal.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Riski Afrisal ('70) untuk Indonesia, serta Nay Min Htet (44') untuk Myanmar. Di babak adu penalti, semua eksekutor Timnas U-16 menjalankan tugas dengan baik

Di awal-awal babak pertama, Timnas U-16 Indonesia tampil agresif. Mereka langsung menekan lini pertahanan Myanmar, dan tidak membiarkan Myanmar menguasai bola. Namun, seiring jalannya babak pertama, mulai terlihat skema yang diterapkan Myanmar.

Alih-alih ikut main terbuka, Myanmar lebih banyak menunggu di area pertahanan sendiri. Tak jarang, hampir semua pemain Myanmar berada di wilayah pertahanan sendiri. Mereka hanya sesekali melepaskan serangan balik.

Alhasil, para pemain Timnas U-16 kesulitan masuk kotak penalti Myanmar. Skema bola mati dan sepakan luar kotak penalti jadi opsi skuad Garuda Asia membobol gawang Myanmar. Opsi itu pun urung membuahkan hasil.

Justru, jelang babak pertama usai, Timnas U-16 malah kebobolan. Nay Min Htet sukses membobol gawang Indonesia pada menit 44. Babak pertama pun akhirnya tuntas untuk keunggulan Myanmar dengan skor 1-0.

Memasuki babak kedua, Timnas U-16 masih tampil dominan. Mereka mengatur aliran bola sedemikian rupa, tetapi dengan intensitas yang lebih tinggi. Aliran bola mereka jauh lebih cepat dibandingkan babak pertama.

Bukan cuma itu, skuad Garuda Asia pun coba memaksimalkan situasi dari bola mati. Upaya mereka pun membuahkan hasil pada menit 70. Sepakan bebas Riski Afrisal sukses membobol gawang Myanmar. Skor berubah 1-1, kedudukan sama kuat kembali.

Memasuki menit 75, pertahanan Myanmar yang kuat sepanjang laga mulai menunjukkan celah. Beberapa kali, pemain Timnas U-16 mampu memasuki kotak penalti Myanmar, sesuatu yang jarang terlihat di babak pertama. Peluang pun mulai banyak tercipta.

Namun, sampai babak kedua tuntas, tak ada gol yang tercipta bagi Timnas U-16. Alhasil, laga pun berlanjut ke babak adu penalti. Di babak ini, lima penendang Indonesia, yakni Iqbal Gwijangge, Figo, Arkhan Kaka, Afrisal, dan Nabil Asyura melaksanakan tugas dengan baik.

Di sisi lain, hanya empat eksekutor Myanmar saja yang berhasil menjalani tugas dengan baik. Timnas U-16 menang dengan skor 5-4, dan akan bersua Vietnam di babak final Piala AFF U-16 2022.

Baca Juga: Pelatih Timnas U-16 Sebut Organisasi Permainan Myanmar Rapi

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya