Chris John Ajak Erick Thohir Bangkitkan Tinju Indonesia

Tinju profesional Indonesia hidup segan mati tak mau

Jakarta, IDN Times - Legenda tinju Indonesia, Chris John, berencana mengajak Erick Thohir untuk membantu membangkitkan dunia tinju profesional di Indonesia. Bantuan dari sosok Menteri BUMN itu diperlukan.

"Saya kira ya mudah-mudahan ada jalan mungkin ya untuk membantu tinju profesional di Indonesia. Kalau swasta susah, ya mau tidak mau pemerintah ya, mungkin ke Pak Erick Thohir nanti," kata Chris John dalam keterangan resminya.

1. Kejuaraan tinju reguler perlu diadakan

Chris John Ajak Erick Thohir Bangkitkan Tinju IndonesiaDaud Yordan kalahkan Panya Uthok. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Chris mengatakan salah satu jalan agar dunia tinju Indonesia ramai, juga agar lahir lagi atlet-atlet tinju berprestasi, adalah dengan rutin menggelar kejuaraan tinju secara reguler.

Menurut sosok berjuluk The Dragon itu, dengan kejuaraan tinju yang rutin digelar, maka dunia tinju di Tanah Air akan kembali melahirkan bakat-bakat hebat seperti Ellyas Pical, Daud Jordan, hingga Ongen Saknosiwi.

“Seperti yang kita tahu bahwa saat ini event-event pertandingan tinju yang lebih regular itu sudah hampir tidak ada. Dan itu sangat berdampak bagi kemajuan tinju khususnya profesional di Indonesia,” kata Chris.

Baca Juga: Menpora Dito: Semoga HSS 2023 Bantu Bangkitkan Dunia Tinju Indonesia

2. Tinju Indonesia memiliki potensi

Chris John Ajak Erick Thohir Bangkitkan Tinju IndonesiaDaud Yordan, petinju Indonesia di Balai Sarbini. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Chris mengaku, memilih minta tolong ke Erick karena dia yakin, tinju adalah cabang olahraga yang berpotensi di Indonesia. Cabor ini juga bisa melahirkan juara dunia.

"Dan itu berarti kita punya prospek besar sekali untuk petinju Indonesia menorehkan prestasi. Jangan sampai tinju mati suri di Indonesia," ujar Chris.

3. Upaya mengangkat derajat tinju Indonesia

Chris John Ajak Erick Thohir Bangkitkan Tinju IndonesiaDaud Yordan kalahkan Panya Uthok. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Tinju pernah begitu semarak pada 1990-an silam. Kala itu, tinju baik internasional dan nasional begitu semarak karena sering ditayangkan televisi, menjadi hiburan buat publik setiap Sabtu atau Minggu.

MPRO International, promotor salah satu petinju Indonesia Daud Yordan, sepakat jika ingin maju lagi di Indonesia, tinju harus disemarakkan lagi di televisi. Harus ada tayangan-tayangan tinju yang rutin disiarkan di layar kaca.

"Jadi, untuk mengangkatnya, saya bilang banyakin acara tinju, pesertanya, kemudian televisi juga harus mendukung. Jika ada acara tinju reguler di TV, itu akan membantu menaikkan pamor tinju lagi," ujar Direktur MPRO, Gustiantira Alandy.

Menilik potensi yang ada ini, akankah Erick Thohir melirik tinju Indonesia, olahraga yang pernah berjaya di masa lampau?

Baca Juga: [WANSUS] Asa Tinju Indonesia di Tangan 3 Juara Asia Pasifik

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya