Emilia Nova, Atlet Wanita Pertama Bawa Bendera Indonesia di SEA Games

Emilia Nova mendapatkan kehormatan

Jakarta, IDN Times - Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry Kono, membuat gebrakan. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, wanita ditunjuk jadi pembawa bendera Indonesia dan Emilia Nova mendapatkan kehormatan melakukan tersebut.

Ferry menjelaskan Emilia dipilih sebagai pembawa bendera Indonesia saat SEA Games 2021 dikarenakan rekam prestasinya. Terlebih, SEA Games 2021 jadi ajang internasional perdana yang diikuti Emilia selepas cedera.

"Emilia itu berprestasi, dan terpenting adalah kami ingin membuktikan kami sangat peduli dan mengedepankan kesetaraan gender. Kami memposisikan atlet putra dan putri memiliki hak dan kesempatan yang setara," kata Ferry, dalam keterangan resminya, Selasa (27/4/2022).

1. Emilia Nova senang mendapatkan kepercayaan

Emilia Nova, Atlet Wanita Pertama Bawa Bendera Indonesia di SEA GamesSekjen KOI, Ferry Kono, dan pelari putri Indonesia, Emilia Nova. (dok. NOC Indonesia)

Emilia mengaku bangga bisa mendapat kepercayaan menjadi pembawa bendera di SEA Games 2021. Apalagi, penunjukan ini menjadikannya sebagai atlet putri pertama yang membawa bendera di Olimpiade.

"Tentu, ini kebanggaan untuk saya. Semoga dengan terpilihnya saya juga bisa memberikan semangat, sehingga saya bisa memberikan prestasi lebih baik lagi untuk Indonesia," ujar Emilia.

Baca Juga: KOI Petakan Tantangan Indonesia di SEA Games 2021

2. Bukti kesetaraan kaum perempuan

Emilia Nova, Atlet Wanita Pertama Bawa Bendera Indonesia di SEA GamesSekjen KOI, Ferry Kono (dok. NOC Indonesia)

Emilia menjelaskan pemilihannya jadi pembawa bendera Indonesia, menjadi bukti kesetaraan kaum perempuan di olahraga Indonesia. Emilia dijadwalkan bertanding pada 16 Mei 2022 di nomor 100 m lari gawang putri.

"Menurut saya, perempuan yang memiliki prestasi internasional itu keren banget karena menjadi juara susah di masa sekarang. Memang terkadang harus ada yang dikorbankan, tetapi semuanya itu sepadan," kata Emilia.

3. Emilia Nova adalah atlet berprestasi Indonesia

Emilia Nova, Atlet Wanita Pertama Bawa Bendera Indonesia di SEA Gamesinstagram.com/emilianovanv

Emilia merupakan atlet berpretasi dari cabang olahraga atletik. Dia merupakan peraih medali perak SEA Games 2017 Kuala Lumpur, perak Asian Games 2018, serta emas SEA Games 2019.

Panitia penyelenggara SEA Games 2021 (VIESGOC) sudah merilis aturan parade defile. Setiap negara dibatasi hanya boleh membawa 31 partisipan, terdiri dari CdM, pembawa bendera, atlet, pelatih, dan ofisial.

"Tidak semua kontingen ikut defile, sehingga kami memprioritaskan parade defile diikuti cabor yang bertanding setidaknya pada 14 April untuk menjaga kondisi tubuh atlet-atlet kami sehingga tidak kelelahan saat mereka harus bertanding," kata Ferry.

Sebelum Emilia Nova, Indonesia juga pernah memilih atlet putri Maria Natalia Londa sebagai pembawa bendera di Asian Games 2014. Dengan penunjukkan Emilia, dia resmi menjadi pembawa bendera pertama Indonesia di SEA Games 2021.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya