Comscore Tracker

Formula 1: FIA Investigasi Kecelakaan Romain Grosjean di Bahrain

FIA sudah mengumpulkan data terkait

Jakarta, IDN Times - Federasi Otomotif Internasional (FIA) bakal membuka investigasi kecelakaan yang dialami Romain Grosjean di Formula 1 GP Bahrain, akhir pekan lalu. Investigasi ini akan melibatkan banyak pihak.

Rencananya FIA akan bekerja sama dengan pihak Formula 1, tim Haas, serta Asosiasi Pembalap Grand Prix (GDPA). Sekadar informasi, Grosjean adalah salah satu dari tiga direktur GDPA.

1. Investigasi akan berjalan selama enam hingga delapan minggu

Formula 1: FIA Investigasi Kecelakaan Romain Grosjean di Bahraininstagram

Investigasi ini akan dilakukan FIA dengan durasi enam sampai delapan minggu. Mereka akan memantau semua alat keamanan di sirkuit, mengecek kekuatan dari pembatas sirkuit, serta proses penyelamatan yang dilakukan tim medis dan tim pemadam di dalam sirkuit.

Selain itu, FIA juga akan meminta rekaman dari kamera mobil pebalap, Perekam Data Kecelakaan dalam mobil si pebalap, serta akselerometer yang mengukur pergerakan kepala si pebalap.

"Kami akan melakukan investigasi ini dengan sangat serius, serta mengikuti berbagai proses untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi sebelum mendapatkan sesuatu yang baru dari kecelakaan ini," ujar Adam Baker, Direktur Keselamatan FIA.

Baca Juga: [BREAKING] Juara Formula 1 Lewis Hamilton Positif COVID-19

2. Grosjean berterima kasih kepada dokter dan pemadam sirkuit

Formula 1: FIA Investigasi Kecelakaan Romain Grosjean di Bahraininstagram

Kondisi Grosjean sendiri sekarang sudah membaik. Bahkan, ia sudah meninggalkan rumah sakit pada Rabu (2/12/2020). Ia mengucapkan terima kasih kepada semua petugas yang sigap menyelamatkan dirinya dalam kecelakaan tersebut, termasuk dokter FIA, Ian Roberts.

"Saya katakan kepadanya (Ian) bahwa ia adalah pahlawan, ia bahkan berani menerabas api hanya untuk menyelamatkan saya," ujar Grosjean.

"Saya merasakan tangan Ian menarik saya agar segera keluar dari pembatas, ia tahu saya selamat. Saya mengingat semua detik kejadian tersebut dan, setelah itu, hidup bagi saya tidak akan sama lagi. Tetapi, saya yakin ini adalah yang terbaik," tambahnya.

3. Kecelakaan Grosjean terbilang parah

Formula 1: FIA Investigasi Kecelakaan Romain Grosjean di BahrainMobil milik Romain Grosjean setelah mengalami crash. (formula1.com).

Setelah kecelakaan, FIA langsung menganalisis tingkat keparahan dari kecelakaan yang dialami Grosjean ini. Mereka menyebut bahwa kecelakaan Grosjean sangat parah.

Benturan yang dirasakan oleh pebalap sebesar 50G, sedangkan rekaman kecepatan di mobil Haas menunjukkan bahwa mobil menabrak pembatas sirkuit dalam kecepatan 221 km/jam. Beruntung, Grosjean masih selamat dari kecelakaan tersebut.

"Dengan beragam data yang dimiliki Formula 1, kami akan segera mampu menentukan secara akurat elemen apa saja yang terlibat dalam kecelakaan Romain Grosjean ini. Sekarang, investigasi sudah FIA mulai," ujar Baker.

Baca Juga: Tabrakan Mengerikan, Pembalap Formula 1 Ini Jalani Masa Pemulihan

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya