Comscore Tracker

GFNY 2022 Hadir Lagi, Kali Ini Bertempat di Bali

GFNY siap meramaikan Bali lagi

Jakarta, IDN Times - Gran Fondo New York (GFNY) 2022 hadir lagi. Kali ini, ajang balap sepeda berskala internasional itu bertempat di Bali, guna membangkitkan pariwisata, ekonomi kreatif, dan olahraga di Bali yang terdampak pandemik COVID-19.

Ini jadi kali keempat Bali jadi tuan rumah ajang GFNY. Sebelumnya, pada 2016 dan 2017, ajang GFNY dihelat di Lombok. Berlanjut pada 2018, ajang ini sempat mengambil tempat juga di Samosir. Terakhir kali Bali menggelar GFNY pada 2020 silam.

Baca Juga: GFNY Samosir Antar Aiman dan Yanthi Jajal Kejuaraan Dunia di Amerika

1. Bagian dari GFNY World Series

GFNY 2022 Hadir Lagi, Kali Ini Bertempat di BaliPara peserta GFNY 2018 beradu cepat di jalur lingkar Samosir, Danau Toba (IDN Times/Prayugo Utomo)

Ajang GFNY Indonesia ini merupakan bagian dari GFNY World Series, dan sudah terselenggara sejak 2016 silam. Setiap tahunnya, jumlah peserta dari ajang ini selalu meningkat. Dari mulai 700, kini disinyalir ada 1.700 peserta yang siap turut serta.

Total, GFNY ini dihelat di 19 negara, dengan total 30.000 peserta per tahun yang ikut serta. Jumlah peserta ini terbagi ke dalam beberapa kejuaraan regional di negara berbeda, serta kejuaraan dunia yang dihelat di New York.

Baca Juga: Peserta GFNY Samosir Disambut Welcoming Dinner

2. Pemilihan Bali sebagai tuan rumah GFNY 2022

GFNY 2022 Hadir Lagi, Kali Ini Bertempat di BaliGFNY 2022 dihelat di Bali. (Dok. GFNY Indonesia)

Founder GFNY Indonesiam Axel Moeller, mengaku memilih Bali sebagai tuan rumah GFNY 2022 sebab Bali memiliki karakteristik alam yang indah. Selain itu, perhelatan ini dinilai dapat menggerakan lagi perekonomian di Bali, termasuk sektor UMKM.

"Saya memilih Bali karena Bali adalah pulau yang indah serta memiliki masyarakat dan budaya yang ramah. Saat ini peserta yang sudah terdaftar 1.526 orang dan 97-nya orang asing dari 19 negara," ujar Axel dalam keterangan resminya.

Senada dengan Axel, Kiagoos Irvan Faisal selaku Koordinator MICE International Kemenparekraf, mendukung gelaran GFNY Bali 2022. Apalagi, ajang ini akan melibatkan massa yang bergerak dari satu destinasi ke destinasi lain.

"Kami sangat mendukung event-event yang melibatkan massa dari destinasi ke destinasi lainnya di Indonesia, seperti GFNY Bali yang sudah keempat kalinya terselenggara," ujar Kiagoos.

Baca Juga: 8 Personel Basarnas Bali Siaga Amankan Bali Boogie Skydiving

3. Rute GFNY 2022 di Bali terbagi dua

GFNY 2022 Hadir Lagi, Kali Ini Bertempat di BaliGFNY 2022 dihelat di Bali. (Dok. GFNY Indonesia)

Rute dari GFNY 2022 di Bali ini akan terbagi jadi dua, yakni rute panjang (137 km) dan rute medium (102 km). Nantinya, rute ini akan melewati pesisir pantai dan area gunung di sekitaran Bali.

Untuk menambah semaraknya acara, akan dihelat juga acara Bike Expo di Gianyar, berisikan booth-booth dari berbagai macam industri. Pihak Polda Bali pun turut memberikan apresiasi, dengan siap mengamankan acara GFNY Bali 2022.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya