Harapan Obstacle Race Indonesia Selepas SEA Games 2023

Tim obstacle race Indonesia ciamik di SEA Games

Jakarta, IDN Times - Setelah berjuang dan meraih tiga medali di SEA Games 2023 Kamboja, tim obstacle race Indonesia pulang ke tanah air. Mudji Mulyani dan kawan-kawan disambut di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (9/5/2023) dini hari.

Kedatangan mereka disambut Sekjen Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Harry Warganegara. Seiring dengan kepulangan mereka ini, ada harapan yang langsung tersiar, bahwa obstacle race Indonesia bisa lebih baik ke depannya.

1. Obstacle race Indonesia bisa berprestasi

Harapan Obstacle Race Indonesia Selepas SEA Games 2023Tim obstacle race Indonesia di SEA Games 2023. (Dok, NOC Indonesia)

Harry berkata, sejatinya obstacle race ini merupakan cabang olahraga baru. Namun, terlepas dari itu, Indonesia punya potensi untuk berprestasi di ajang ini. Dia juga berharap, cabor ini bisa jadi cabor Olimpiade ke depannya.

Boleh dibilang obstacle race cabang olahraga baru. Tapi kita punya atlet dan federasi. Masa depan obstacle race ini bagus. Kita punya atlet dan sumber pembinaan dari IOC yang bisa membantu coach dan pelatihan ke luar negeri. Saya yakin bisa berprestasi ke depannya," kata Harry dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Perolehan Medali SEA Games 2023 Selasa Pagi

2. Harapan serupa datang dari atlet

Harapan Obstacle Race Indonesia Selepas SEA Games 2023Tim obstacle race Indonesia di SEA Games 2023. (Dok, NOC Indonesia)

Salah satu atlet obstacle race Indonesia, Mudji Mulyani, punya harapan tersendiri terhadap olah raga yang digelutinya tersebut. Dia ingin agar olahraga ini bisa berkembang lagi ke depannya di Indonesia.

"Karena di Indonesia belum punya fasilitas untuk olah raga ini sehingga kedepannya punya fasilitas. Kami hanya sebulan berlatih bisa hampir setara dengan mereka (Filipina) yang sudah lima tahun. Ini luar biasa karena kami hampir emas," ujar Mudji.

3. Obstacle race Indonesia hampir sumbang emas

Harapan Obstacle Race Indonesia Selepas SEA Games 2023Tim obstacle race Indonesia di SEA Games 2023. (Dok, NOC Indonesia)

Kendati masih jadi cabor baru di Indonesia, obstacle race sejatinya hampir menyumbang emas. Mudji Mulyani/Rahmayuna Fadillah/Anggun Yolanda Samsul Hadi/Ayu Puspita Sari tampil apik. Mereka hampir saja mengalahkan Filipina.

"Ya gregetan sekali. Tapi oke lah, kami kan belum punya fasilitas mereka sudah punya. Itu pun persiapan kami hanya sebulan lewat TC mandiri di Filipina pas bulan puasa lalu," jelas Mudji.

Berikut raihan medali tim obstacle race Indonesia di SEA Games 2023:

- Mudji Mulyani/Rahmayuna Fadillah/Anggun Yolanda Samsul Hadi/Ayu Puspita Sari mengamankan (Tim Relay Putri-Country Olympic) - Perak
- Angga Cahya/Fahrun Fahrun/Panji Mohamad Paisal/Putra Waluya Nuryayi (Tim Relay Putra-Country Olympic) - perunggu
- Anggun Yolanda Samsul Hadi (tunggal putri) - perunggu

Baca Juga: 4 Negara yang Dipastikan Tersingkir di SEA Games 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya