IBL 2022 Siap Menyambut Hadirnya Penonton di Arena

IBL sudah siapkan skema kehadiran penonton

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama Indonesian Basketball League, Junas Miradiarsyah, menyebut kompetisi IBL 2022 siap menyambut kehadiran penonton di arena. Namun, kapasitas penonton tetap dibatasi, tergantung dari kota yang menjadi penyelenggaraan.

"Jadi untuk angkanya itu beda-beda. Kalau di Jakarta angkanya (kapasitas penonton) ada di kisaran 15-20 persen. Total sekitar 500 penonton. Bandung juga sama. Yogyakarta lebih tinggi, Bali paling banyak, yakni mencapai 50 persen," tutur Junas di FX Sudirman, Kamis (6/1/2021).

Baca Juga: [KALEIDOSKOP 2021] IBL: Pionir Kompetisi di Tengah Pandemik COVID-19

1. Teknis kehadiran penonton yang sudah disiapkan

IBL 2022 Siap Menyambut Hadirnya Penonton di ArenaIndonesia Basketball League (IBL). (Dok. IBL).

Untuk teknis penonton di arena, Junas sudah menyiapkan opsi. Nantinya, penonton akan ditempatkan di ring 1, yakni tribune di seberang sisi pemain. Kondisi pandemik COVID-19 di kota penyelenggara juga akan dicek H-7 pertandingan.

"Secara teknis, di lapangan kami akan pakai satu sisi. Jadi, sisi pemain tidak akan ada penonton. Sisi belakang ring juga. Kami akan pakai sisi seberang sisi pemain untuk penonton," tutur Junas.

2. Simulasi kehadiran penonton akan dihelat IBL

IBL 2022 Siap Menyambut Hadirnya Penonton di ArenaSimulasi IBL Musim 2021 (Dok. IBL)

Untuk menguji kehadiran penonton di arena ini, IBL rencananya akan melakukan simulasi pada Jumat (7/1/2021). Simulasi ini dihelat di Hall A Basket Senayan, disaksikan oleh beberapa pihak terkait.

"Nanti ada pertemuan dan simulasi lagi 7 Januari 2022 di Hall Basket Senayan, bersama seluruh pihak termasuk BNPB, Kepolisian, Pemda, dan sebagainya untuk finalisasi akhir untuk penonton," ujar Junas.

3. Hadirnya penonton jadi momen kebangkitan IBL

IBL 2022 Siap Menyambut Hadirnya Penonton di ArenaAcara peresmian IBL 2022. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Setelah musim 2021 digelar tanpa penonton, IBL bisa mendatangkan lagi penonton ke arena. Junas mengungkapkan, hal ini jadi momentum tersendiri bagi IBL. Para pemain juga bisa ditonton lagi oleh para fans dan keluarganya.

"Jadi, buat kami, berapa pun jumlah penonton yang disetujui pemerintah, itu sudah lebih cukup. Artinya, para pemain sudah bisa kembali ditonton oleh fans dan keluarganya di IBL 2022 ini," ujar Junas.

Baca Juga: Skandal Pengaturan Skor Kembali Guncang IBL

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya